4 Kesalahan Berbahaya Yang Mungkin Anda Lakukan Ketika Berlari

Author - August 13, 2015

olahraga itu bisa mempertahankan, meningkatkan kesehatan dan juga bisa menghibur anda, ternyata juga bisa membahayakan anda. Nah, hal ini tergantung kepada anda, apakah anda melakukan 4 kesalahan berbahaya ini ketika berlari ataupun tidak?

4 kesalahan berbahaya ketika berlari

Ya, olahraga berlari tentunya sudah tidak asing lagi bagi anda, karena olahraga ini sepertinya mudah dan bisa dilakukan oleh setiap orang, kecuali orang yang memiliki keterbatasan. Meskipun olahraga ini sangat mudah hanya dengan mengayun kaki dan menukar kaki yang maju dengan kaki kiri dan kaki kanan, ternyata tidak hanya sekedar itu saja. Ya, banyak sekali aturan-aturan yang harus anda patuhi sebelum, ketika dan setelah melaksanakan olahraga lari ini. Setidaknya 4 kesalahan berbahaya yang mungkin saja anda lakukan ini tidak terjadi pada anda.

Melihat begitu pentingnya menumbuhkan semangat untuk berlari, artinya mencintai tubuh yang sehat dan bugar tersebut tentunya tidak hanya dengan duduk diam saja, melainkan dengan usaha dan kedisiplinan dalam berolahraga. Oleh karena itu, diharapkan anda tidak melakukan 4 kesalahan berbahaya ini ketika berlari, agar apa yang anda harapkan untuk menjadikan tubuh yang sehat dan bugar bisa tercapai dan tidak membahayakannya.

Dengan keadaan dan kondisi apapun diharapkan anda tidak melakukan 4 kesalahan berbahaya yang bisa membahayakan anda ini, karena tentunya jika anda melakukan dari salah satu kesalahan ini, bisa-bisa dampaknya bisa berakibat fatal hingga menjadikan anda jera dan takut untuk berolahraga lari ini di kemudian hari. Nah, apakah 4 kesalahan berbahaya yang mungkin anda lakukan ketika berlari ini?

• Berlari tanpa ada pemanasan

Ya, kesalahan pertama yang berbahaya yang mungkin anda lakukan ketika berlari ini adalah anda berlari tanpa anda pemanasan yang cukup. Meskipun anda bisa mengatakan olahraga berlari tersebut merupakan olahraga yang sangat sederhana dan enteng. Namun perlu anda ingat bahwa olahraga ini sangat memerlukan dan menghabisakan energi yang begitu banyak. Olahraga ini sangat memerlukan tenaga dan kekuatan otot. Seperti otot kaki dan juga otot perut.

Bagaiamana jika anda nekad berlari tanpa ada pemanasan terlebih dahulu? Ya, pertanyaan yang bagus sekali, tentunya otot dan tulang-tulang anda tidak seperti otot kuda, bukan? Ya, tentunya bukan, karena otot kuda diciptakan khusus untuk otot berlari. Nah, oleh itu, jika anda tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu, maka ada beberapa kemungkinan bahaya yang bisa terjadi pada anda. Antara lain seperti: Keseleo, tergelincir, pincang, keram otot kaki, keram otot perut dan lain sebagainya. Nah, jika kami di izinkan memberikan saran, sebaiknya anda mencari guru ataupun orang yang telah berpengalaman terlebih dahulu untuk memberikan gambaran mengenai olahraga lari.

4 kesalahan berbahaya ketik berlari

• Berlari di pinggir jalan raya

Nah, kesalahan berbahaya yang kedua dan mungkin anda lakukan ketika berlari ini adalah anda berlari di pinggir jalan raya. Mengapa hal ini sangat membahayakan anda? Ya, benar sekali, dizaman yang semakin canggih ini membuat kehidupan sosialpun semakin berubah. Artinya setiap orang sudah semakin berkurang memiliki rasa toleransi dan juga saling menghormati. Seperti pengendara truk menghormati pengendara mobil, pengendara mobil menghormati pengendara motor, pengendara motor menghormati pengendara sepeda dan begitu juga pengendara sepeda menghormati pejalan kaki, serta pejalan kaki menghormati pelari. Nah, hal ini yang membuat berbahaya jika anda berlari di pinggir jalan raya. Karena kurangnya rasa hormat menghormati dan toleransi antar pengendara kendaraan dengan anda sangat berkurang. Mengakibatkan beberapa terjadi bahaya yang menjadikan kecelakaan bagi anda.

Tetapi tidak juga menyalahkan para pengendara kendaraan, tetapi juga anda sebagai pelari yang menggunakan jalan raya juga sering mendahulukan ego anda, bahwa anda merasa sedang melakukan kegiatan positif, dan terkadang anda berlari bukan lagi menggunakan pinggir jalan raya malahan anda mengganggu pengguna kendaraan lainnya. Disaat anda berlari di pinggir jalan raya, hal ini sangat memungkinkan anda mengalami kecelakaan akibat dari gesekan dari kendaraan lain. Nah, rasanya kaki anda yang bagus tersebut apabila tergesek oleh kendraan mobil ataupun motor sangat disayangkan sekali dan bisa memungkinkan terjadi patah tulang.

4 kesalahan berlari yang berbahaya

• Makan terlalu kenyang sebelum berlari

Hai, kesalahan berbahaya yang ketiga yang mungkin anda lakukan ketika berlari ini adalah anda makan terlalu kenyang sebelum berlari. Nah, hal ini sangat membahayakan bagi otot perut anda. Sangat membuat anda tidak nyaman ketika berlari dan bahkan anda bisa mengalami rasa nyeri dan jika anda tetap memaksakan dengan berlari terus, biasanya rasa nyeri ini bisa menjadi sangat teramat dan bisa mengganggu pergerakan anda.

Jika anda ingin kegiatan lari anda berjalan dengan nyaman dan lancar. Maka hindarilah makan terlalu kenyang sebelum berlari ini. Karena bahaya ini sangat mungkin mengganggu aktivitas lari anda dan juga bisa membahayakan perut anda nantinya.

4 kesalahan berbahaya dari lari

• Berlari setiap hari tanpa memakan makanan yang bergizi

Ya, kesalahan berbahaya ke empat yang mungkin anda lakukan ketika berlari ini adalah anda berlari setiap hari tanpa memakan makanan yang bergizi. Apakah ada orang yang seperti ini? Ya,ternyata banyak sekali. Ketika anda mengharapkan tubuh langsing hingga ingin menurunkan berat badan mencapai 50 Kg. Banyak dari anda memaksakan berlari setiap hari. Dan yang membahayakannya lagi adalah anda malah mengurangi memakan-makanan yang bergizi tersebut.

Ya, hal ini sangat berbahaya dan memang membahayakan kesehatan anda. Memang benar, berat badan anda menurun dengan baik, tetapi bahanya bisa membuat daya tahan tubuh anda menurun sehingga banyak virus dan bakteri mudah menyerang anda. Akhrinya banyak dari anda yang mengalami sakit demam tinggi, tifus dan kuning. Ya, sakit itu sangat di takuti bagi orang-orang yang pernah mengalaminya.

4 kesalahan berbahaya dari berlari yang mungkin anda lakukkan

Mengingat begitu pentingnya berolahraga, tetapi tidak kalah pentingnya juga anda harus benar-benar melakukan olahraga tersebut dengan tata cara yang benar. Setidaknya anda tidak melakukan 4 kesalahan yang berbahaya di atas. Karena kesalahan berbahaya di atas memang tidak terlalu menakutkan, tetapi setelah anda mengalami baru anda jera. Semoga anda tidak seperti itu ya…

Terimakasih telah membaca artikel 4 kesalahan berbahaya yang mungkin anda lakukan ketika berlari ini. Semoga bermanfaat bagi anda dan juga bagi kesehatan anda. Semoga olahraga lari anda berjalan dengan lancar dan sesuai harapan anda. Itu semua bisa tercapai jika anda benar-benar tidak mengabaikan apa yang ada di atas. Mungkin masih banyak lagi hal-hal yang mungkin anda lakukan ketika anda melakukan olahraga berlari ini. Namun, setidaknya artikel di atas bisa menambah pengetahuan dan kehati-hatian anda ketika sebelum, sedang dan setelah berlari.