5 Kesalahan Berbahaya Yang Bisa Terjadi Pada Telinga Bagi Kesehatan Anda

Author - July 28, 2015

Hai, tahukah anda 5 kesalahan berbahaya yang bisa terjadi pada telinga bagi kesehatan anda? Ya, berbicara mengenai telinga, sepertinya hal ini sedikit kurang menarik perhatian anda. Namun, biasanya setelah anda mengalami beberapa bahaya yang terjadi, baik di sengaja maupun tidak di sengaja, baru anda merasakan betapa pentingnya memberikan perhatian kepada telinga dengan perhatian yang penuh.

Artinya, meskipun telinga merupakan organ yang di anggap tidak terlalu sensitif dan merepotkan anda ketika melakukan perawatan. Namun, terkadang karena kurangnya pengetahuan yang tepat mengenai perlakuan ketika menikmati hidup ini yang bisa anda rasakan melalui indra pendengaran ini, maka terkadang anda melakukan kesalahan-kesalahan fatal yang bahkan bisa menjadikan indera pendengaran anda mengalami bahaya dan bahkan menjadi fatal hingga hilangnya kemampuan pendengarannya.

Ya, tidak sedikit juga orang yang kebingungan setelah mengalami kesalahan-kesalahan yang berbahaya ketika menggunakan dan merawat indera pendengaran ini. Seperti beberapa permasalahan yang terjadi dan yang akan kita bahas di bawah ini. Nah, oleh sebab itu, sepertinya pada kesempatan ini alangkah baiknya anda menambah kefocusan anda ketika membaca artikel ini. Supaya apa yang anda baca tidak hanya masuk telinga kanan dan keluar telinga kiri. Eh, memangnya tulisannya mengeluarkan suara, ya… hehehe.

Baik, adapun 5 kesalahan berbahaya yang bisa terjadi pada telinga bagi kesehatan anda ini adalah sebagai berikut:

• Memaksa menggunakan headset

Pada zaman sekarang ini, ada beberapa kelainan baru dari anda. Apakah itu? Ya, katanya anda tidak akan pernah bisa menikmati music kesukaan anda ketika anda tidak mendengarkannya dengan menggunakan headset. Ya, benar sekali. Tetapi sayangnya adalah disaat rongga telinga anda sudah tidak bisa dan nyaman lagi ketika anda menempelkan headset di rongganya, maka hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada rongga telinga anda. Nah, tambah lagi ada beberapa dari anda memilih dan memaksa menggunakan headset yang harganya sedikit di bawah standart. Tentunya dengan headset yang harganya demikian, kwalitasnya juga kurang menjamin keamanan rongga telinga anda. Karena biasanya headset tersebut sangat keras dan bisa menyebabkan terjadinya lecet pada rongga telinga anda.

Nah, hal ini apabila anda lakukan terus menerus tanpa anda lakukan sedikit perubahan dengan kebiasaan anda ini, sepertinya lama-kelamaan telinga anda bisa mengalami gangguan pendengaran dan bahkan menurunnya kemampuan pendengarannya.

5 kesalahan berbahaya yang bisa terjadi pada telinga anda

• Mengorek telinga terlalu dalam

Memang untuk membersihkan telinga telah di ketahui banyak cara yang bisa di gunakan untuk merawat telinga anda ini. Namun, sayangnya tidak semua dari anda yang benar-benar merawat telinga anda ini dengan cara yang aman bagi telinga anda. Ya, salah satunya yaitu dengan mengorek telinga dengan terlalu dalam.

Ketika anda mengorek telinga terlalu dalam tentunya hal ini sangatlah membahayakan bagi telinga anda. Yaitu didalam rongga telinga terdapat selaput yang begitu tipis dan bisa saja pecah ketika anda mengorek telinga anda dengan terlalu dalam. Selaput ini tentunya ketika mengalami kerusakan bisa menjadikan sebuah pendarahan nantinya. Dan tentunya hal ini bisa menjadikan kemampuan pendengaran anda bisa berkurang.

5 kesalahan berbahaya yang bisa terjadi pada telinga

• Mengorek telinga hingga tertinggal kapasnya

Hai, masih ingatkah anda ketika sedang asik-asik mengorek telinga lalu kapasnya tertinggal? Nah, meskipun hal ini sangatlah membuat orang lain tertawa karena betapa lucunya tingkah laku anda ini, namun kejadian ini tentunya sangatlah membahayakan anda. Syukur-syukur pada saat itu rumah anda dekat dengan puskesmas ataupun praktek dokter. Nah, jika tidak tentunya anda kebingunan mengeluarkan kapas yang tertinggal di telinga anda.

Kapas yang tertinggal di telinga anda ini apabila tidak di keluarkan tentunya sangatlah membahayakan. Ia bisa menyumbat telinga anda dan juga apabila anda mengambil kapas tersebut dengan sendirian, sepertinya hal ini malah bisa menyebabkan kapas tersebut malah masuk ke dalam dan mengganggu keamanan selaput telinga anda.

Tetapi, sepertinya bahayanya bukan itu saja, melainkan anda akan merasakan sebuah ketakutan dan kecemasan yang sangat luar biasa. Hal ini juga bisa mengganggu psikis anda. Membuat anda ketakutan berlebihan hingga mental anda akan menurun. Nah, tentunya lain kali anda harus berhati-hati ketika melakukan pembersihan pada telinga anda, ya.

5 kesalahana berbahaya pada telinga

• Sering mendengarkan suara letupan yang terlalu keras

Mendengarkan suara letupan yang terlalu keras ini tentunya tidak terjadi pada setiap orang. Namun bagi mereka yang memiliki profesi sebagai seorang TNI dan Polisi, sepertinya ketika ia sedang melakukan latihan menembak, hal ini sangat sering terjadi padanya. Karena begitu bahayanya suara letupan dari sebuah pistol ataupun senapan yang di gunakan ketika sedang dalam latihan, maka di wajibkan untuk menggunakan alat penutup telinga agar suara letupan yang terlalu keras tersebut tidak terlalu membahayakan telingannya.

Namun sayang, jika mereka mengabaikan alat pengaman telinga ini, sepertinya hal ini sangatlah membahayakannya, karena tentunya suara letupan yang begitu keras ini bisa merusak indera pendengarannya yang tadinya sempurna menjadi kurang sempurna bahkan rusak.

5 kesalahan berbahaya terjadi pada telinga

• Membersihkan telinga menggunakan peralatan yang kurang tepat

Dizaman yang serba maju ini tentunya mencari alat pembersih telinga tentunya tidak terlalu sulit. Tidak seperti pada zaman dahulu ataupun beberapa daerah pelosok. Mencari alat pembersih telinga sangatlah sulit, karena tidak ada yang menjual dimana-mana. Akhirnya para penduduk pelosok menggunakan alat pembersih telinga dengan peralatan seadanya. Seperti menggunakan bulu ayam atau bulu bebek. Dan ada juga yang menggunakan peniti.

Nah, hal ini tentunya sangatlah mebahayakan sekali bagi anda yang belum berpengalaman menggunakan peralatan ini. Bisa-bisa selaput telinga anda bisa tertusuk oleh bulu ayam atau peniti yang keras tersebut. Nah, jika anda tidak memiliki ide yang lebih baik, sebaiknya anda berkunjung ke puskesmas untuk meminta saran mereka. Agar alat pendengaran anda tidak rusak gara-gara kurangnya pengetahuan anda ketika membersihkannya.

5 kesalahan berbahaya yang mebahayakan telinga

Bagi anda yang tinggal di perkotaan tentunya hal ini bukan merupakan masalah yang sulit untuk di selesaikan. Karena untuk membersihkan telinga, anda bisa langsung datang ke dokter THT untuk meminta dilakukan pembersihan. Hal ini akan jauh lebih aman daripada anda membersihkan indera pendengaran anda sendiri. Karena peralatan yang di miliki oleh dokter untuk membersihkan telinga sekarang telah menggunakan peralatan yang begitu canggih dan aman bagi indera pendengaran anda.

Ya, Sepertinya bukan hanya 5 kesalahan berbahaya yang bisa terjadi pada telinga bagi kesehatan anda ini. Mungkin bisa lebih dari itu. Namun, mudah-mudahan dengan kumpulan 5 kesalahan berbahaya ini bisa memberikan manfaat bagi anda. Tentunya bagi kesehatan anda di masa mendatang.

Terimakasih telah membaca artikel 5 kesalahan berbahaya yang bisa terjadi pada telinga bagi kesehatan anda ini, tentunya hal semoga informasi ini menjadikan kehidupan anda terutama kesehatan anda semakin hari semakin membaik.

Hai, berbicara mengenai telinga, anda mengingatkan saya untuk sedikti bercerita menganai feses. Meskipun hal ini kurang terlihat sopan, tetapi untuk kepentingan dan kebaikan bagi kesehatan anda, membuat anda harus mengetahui sedikit informasi mengenai feses yang berwarna hitam. Nah, ada tanda bahayakah apabila feses berwarna hitam?

Oh ya, sudah tahukah anda berapa kecepatan bersin anda? Nah, ternyata bersin memiliki kecepatan yang sangat cepat di banding kecepatan lari anda Yaitu 160 Km/jam. Nah, karena kecepatan bersin tersebut sangatlah cepat, hal ini mengakibatkan anda sangat tidak di anjurkan untuk menahan bersin. Yup lihat artikelnya di Apakah anda melakukan kesalahan berbahaya ini dengan bersin yang berkecapatan 160 KM/jam?