6 Tempat Penambangan Batu Akik Berbahaya Di Indonesia

Author - February 28, 2015

Dimanakah 6 tempat penambangan batu akik berbahaya di Indonesia? Mau Tau? Mari kita baca artikel ini bersama-sama hingga selesai, ya. Meskipun batu akik memiliki nilai rupiah yang sangat tinggi, Namun untuk mencari dan mendapatkannya ternyata memerlukan perjuangan yang berat bahkan bisa membahayakan nyawanya. Tidak heran! Banyaknya para penambang batu akik ini yang rela mengorbankan nyawanya hanya demi batu akik. Bagimana dengan anda? Hehehe, Saya kira anda tidak perlu mencari atau menambang di tempat-tempat berbahaya tersebut , bukan? Anda bisa mencari di beberapa toko , mall, dan tempat-tempat aman lainnya. Hehehe.

Bahaya penambangan batu akik

Untuk anda ketahui, 6 tempat penambangan batu akik berbahaya di indonesia ini sekarang telah menjadi perhatian pemerintah setempat, karna dengan bahaya yang terjadi, tempat penambangan ini memberikan kegelisahan dan memberikan bahaya bagi masyarakat sekitar tempat penambangan tersebut, bahkan telah membahayakan bagi nyawa penambang itu sendiri.

Saya yakin anda sudah pernah melihat tempat penambangan-penambangan batu akik. Ternyata banyak cara-cara yang dilakukan dari yang tidak wajar yang bisa memberikan efek bahaya bagi penambang maupun bagi masyarakat yang tinggal di sekitar daerah tersebut. Bahkan beberapa orang yang melakukan penambangan di tempat berbahaya ini telah tewas di tempat. Anda mau tahu 6 tempat penambangan batu akik berbahaya di Indonesia ini?

Tempat penambangan batu akik berbahaya di indonesia

6. Tambang batu akik bukit permata

Dimana dan mengapa tambang batu akik bukit permata ini menjadi tempat berbahaya? Tambang batu akik bukit permata berada di Nagari Pauh Sangik, Kabupaten Limapuluh kota. Pada tanggal 8 Januari 2015 dengan hasil rapat para pemerintahan setempat dan warga sekitar akhirnya memberi keputusan penutupan terhadap tempat penambangan batu akik ini. Apa saja sih yang menjadi pertimbangannya? Setelah dilakukan penambangan batu akik berbahaya ini masyarakat menjadi resah, karena penambangannya membuat lubang penambang sedalam 8 meter di atas Bukit Permata. Hal ini menjadikan air menjadi keruh, lahan perkebunan menjadi gersang dan hasil produksi perkebunan terkena imbasnya yaitu menurun drastis. Banyak terjadi ancaman longsor pada perumahan, tempat ibadah, sawah maupun jalan. Dan yang membuat satu hal yang membahayakan adalah telah terjadi tanah longsor yang menimbun dua orang penambang dan hampir tewas di tempat saat itu.

Bahaya penambangan batu akik

Tempat penambangan batu akik berbahaya

5. Tambang batu akik desa ulak

Tempat penambangan ini berada didesa ulak sahung Bandung. Karena perkembangan yang bagus dengan harga batu akik hingga mencapai puluhan juta rupiah, maka warga sekitar memanfaatkan kesempata emas ini. sayang nya. Saat asik-asik menggali, tiba-tiba tanah yang digali tidak bersahabat dengannya, maka longsor dan menimbun korban. Beruntung rekan korban mengetahui hal ini dan sempat memberikan pertolongan. Karena korban tertimpa longsoran yang begitu besar dan membahayakan nyawanya. Maka dengan cepat korban dibawa kerumah sakit.

Tempat yang membahayakan bagi penambang batu akik

4. Tambang batu akik Cigunung herang khas garut.

Tambang batu akik khas garut yang berada di Cigunung herang, Suka rame, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut ini ternyata menimbulkan bahaya yang teramat sangat. Pada hari kamis tanggal 26 Pebruari 2015 Telah terjadi korban 2 orang tewas di tempat penggalian ini. Yaitu Syaripudin (25) dan Ono (37). Diduga ditempat penggalian ini memiliki batu akik yang berkualitas tinggi, namun hasilnya Bahaya yang berkualitas tinggi di penggalian ini. Setelah ia menggali lubang sedalam 4 meter, maka dengan tiba-tiba muncul gas yang keluar dari lubang tersebut. Dan ia terhisap gas yang diduga berbahaya hingga ia tewas.

Tempat penambangan batu akik yang berbahaya dan merenggut nyawa

3. Tambang batu akik sungai luk ulo

Bahaya penambangan dari batu akik

Tempat ini berada di Kebumen. Tempat ini menjadi berbaya sekali karena telah menelan 1 orang anak kecil yang sedang memburu batu akik. Ia adalah Alis Lisky Pamuji yang berusia 7 tahun. Saat ia mencari batu akik yang berada di sungai Luk ulo ini bersama empat orang teman lainnya. Ternyata Alis Lisky Pamuji terpeleset dan akhirnya jatuh di kedalaman air. Karena ia tidak bisa berenang, maka nasibnya berakhir di kisah mencari batu akik. Sangat berbahaya bagi anak-anak ya!

Tempat penambang batu akik yang berbahaya di telan sungai

2. Tambang batu akik sungai klawing

Bagai anda sebagai peminat batu akik klawing saya kira anda telah mengetahui harga batunya yang begitu mahal. Dengan melejitnya harga batu akik ini dan banyak nya permintaan membuat penambang bertebaran disana untuk mendapatan bahan batu akik. Tapi sayang dua orang penambang batu akik di sungai klawing tewas di telan sungai.

bahaya penambangan batu akik tenggelam

Bapak Teguh Supardi selaku Koordinator Lapangan SAR Purbalingga mengatakan, Awalnya kedua korban ini menambang batu di sungai dengan menggunakan teropong yang panjang. Yaitu sepanjang 1 meter agar leluasa dan mudah untuk melihat dasar suangi. Tiba-tiba Suparno terperosok kesungai yang begitu dalam itu. Secara spontanitas temannya berniat membantu untuk menyelamatkan suparno yang tenggelam dan tidak bisa berenang itu. Namun Wendi yang sedang menari Suparno dari atas malah ketarik dan jatuh kedalam sungai. Hingga akhiranya keduanya tenggelam dan hilang. Setelah dilakukan pencarian oleh tim SAR Purbalingga. Suparno ditemukan 2 kilometer dari tempat tenggelamnya dan ia sudah meninggal. Namun Temannya Wendi masih belum ditemukan dan sedang dalam pencarian.

Tempat penambangan batu akik berbahaya dan merenggut nyawa

1. Tambang batu akik di sungai Asanaetanrajeg

Telah banyak kejadian yang serupa terjadi pada korban berbahaya dari pencarian batu akik. Yang satu ini terjadi pada anak yang bernama Fajar, sedang berusia 11 tahun. Ia ternyata tewas pada saat melakukan pencarian bongkahan batu akik di sungai Asanaetanrajeg, kabupaten Soppeng , Sulawesi Selatan. Ia tenggelam disungai dan hanyut terbawa arus hingga 2 kilometer. Tim SAR menemukannya dalam keadaan sudah tidak benyawa dan badan sudah membengkak. Namun disayangkan kedua orang tua nya tidak mengetahui kejadian tersebut. Karena yang dikira oleh orang tua, ia sedang bermain-main dengan temannya. Hal ini sangat mengharukan sekali bagi orang tuanya.

Bahaya penambangan batu akik

Bagaimana dengan anda? Apakah anda tertarik untuk melakukan panambangan batu akik ini dengan ilegal? Tetapi saya sarankan anda untuk berhati-hati dengan mengutamkan paktor keselamatan.Bagi anak kecil anda jangan melakukan penambangan batu akik ini. Karena telah banyak korban yang meninggal dunia dikarenakan bahaya dari penambangan batu akik ini. Jadilah anak yang mendengarkan nasehat orang tua, anak yang berbakti dan menyayangi orang tua. Jangan sekali-kali membantah, melawan orang tua bahkan durhaka kepada orang tua, itu sangat berbahaya. Jika anda tidak percaya, anda saya sarankan untuk membaca di Awas! Bahaya durhaka kepada orang tua.

Terimakasih telah membaca artikel di Bahayapedia.com ini dan apabila anda tertarik untuk memberikan batu akik kepada anak anda, Saya sarankan anda membaca artikel tentang cincin batu akik berbahaya bagi jari anak kecil.