8 bahaya air hujan bagi yang berdaya tahan tubuh rendah

Author - January 15, 2016

Anda memiliki daya tahan tubuh rendah? Hati-hati dengan bahaya air hujan. Ya, meskipun air hujan merupakan rahmat dari sang pencipta yang di katakan bahwa air hujan begitu bersih, bermanfaat tetapi berbeda dengan cara dan penerapannya. Jika salah dalam penerapan maka akan berdampak negatif.

Ya, air hujan yang turun ke bumi bisa menjadi penyubur sawah dan penyegar pepohonan sehingga bisa menjadi pencegah erosi.Namun Apabila air hujan yang datang tersebut tidak sesuai dengan takaran tanggul sawah, berlebihan dan tidak tertampung, maka akan menjadikan sawah tergenang air dan menjadi erosi dan mengakibatkan padi gagal panen serta tanah-tanah menjadi hanyut dan longsor. Nah, apakah ini bukan bahaya air hujan jika tidak di atur penerapannya serta pengolahannya? Ya, tentunya anda sepakat dengan saya, hehehe.

Bagaimana dengan anda yang memiliki daya tahan tubuh rendah? Nah, tentunya bahayanya sama dengan hal di atas. Ketika daya tahan tubuh anda sedang rendah, lalu anda menerima curahan hujan yang memiliki banyak bakteri dan beberapa kandungan lain yang berbahaya. Tentunya tubuh anda akan tenggelam seperti sawah yang tidak siap menaungi air hujan dan menjadi gagal panen. Artinya anda akan mengalami sakit.

bahaya air hujan

Berita baiknya meskipun anda memiliki daya tahan tubuh rendah namun, ketika anda bisa menjaga tubuh dari serangan air hujan dan bisa menyikapi air hujan ini dengan cermat, maka anda akan selamat dari beberapa penyakit yang berbahaya ini:

1. Menggigil

Mengapa ketika anda menyentuh air hujan terasa sangat berbeda dengan air lainnya? Ya, air hujan memiliki suhu yang jauh lebih rendah dengan air biasanya. Nah, apabila ketika daya tahan tubuh anda sedang rendah maka jangan coba-coba bermain hujan-hujanan, tidak heran jika anda mengalami kedinginan, menggigil dan flu.

2. Infeksi saluran Pernafasan

Apakah air hujan itu bersih dan menyehatkan? Air hujan tersebut memang bersih namun belum bersih dari bakteri dan virus-virus lainnya. Karena ketika air hujan tersebut sebelum turun ketanah masih terganggu oleh kotoran di atmosfer dan virus-virus yang terbawa angin dan bakteri dari pembusukan daun yang terbawa oleh angin juga mengakibatkan ia belum bersih. Beberapa virus-virus ini menyebabkan bagi anda yang berdaya tahan tubuh rendah sangat mudah terkena infeksi terutama pada saluran pernafasan.
3. Sakit Kepala
Mengapa bahaya sakit kepala sangat sering terjadi disaat daya tahan tubuh rendah lalu terkena hujan? Segarnya air hujan ternyata sangat bertentangan dengan suhu tubuh anda. Suhu air hujan sangatlah dingin dan bertentangan dengan suhu tubuh. Tubuh berusaha menyesuaikan dan melawan perubahan suhu ini. Namun ketika daya tahan tubuh anda lemah, hal ini mengakibatkan tubuh anda mengalami penurunan daya tahan tubuh dan perbedaan suhu yang berlawanan mengakibatkan sakit kepala timbul.

4. Leptospirosis

Meskipun tidak hanya anda yang berdaya tahan tubuh rendah akan terkena Leptospirosis ini. Namun anda akan jauh lebih mudah terserang penyakit ini. Leptospirosis berasal dari air seni tikus yang mengandung kuman leptospirosis. Ketika hujan turun maka bahanya bermula apabila anda berkontak langsung dengan air seni ini. Hal ini bisa terjadi jika anda menyentuh air, kelembapan dan lumpur yang di lewati urin tikus ini. Tanda-tanda penyakit ini bisa bermula dengan demam tinggi, nyeri otot, sakit kepala, muntah dan diare.

5. Diare

Nah, ternyata Diare pun bisa terjadi hanya dengan air hujan ini ya!. Diare ini bisa terjadi karena bakteri-bakteri yang masuk ke tubuh anda. Bisa melalui sentuhan air hujan yang tidak bersih lalu anda kurang membersihkan kebersihan tangan anda. Maka bakteri ini sangat mudah masuk dan menginfeksi saluran usus sehigga tinja menjadi cair dan berlendir. Jika infeksi sudah serius maka bisa mengakibatkan tinja bercampur darah. Oleh itu, tidak ada salahnya anda langsung mandi ketika terkena air hujan atau mencuci tangan, muka dan mulut agar bakteri jahat tidak bisa masuk ke tubuh anda.

6. Demam berdarah

Bahaya air hujan berkaitan sekali dengan nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk tersebut akan lebih berkembang dengan adanya genangan air. Tambah lagi ketika musim hujan banyak tempat-tampat terbuka yang tergenang sehingga perkembang biakan nyamuk ini sangat mudah. Hanya dengan melalui gigitannya yang tanpa disadari atau ketika anda sedang tidur ia bisa menginfeksi anda. Ya, solusinya ketika musim hujan, seringlah tutup dengan rapat tempat yang bisa tergenang air dan selalu dibersihkan seperti toren terbuka, bak air dan pot-pot bunga. Tidak terkecuali juga saluran air yang ada di sekitar rumah anda untuk tetap dalam keadaan bersih dan sehat.

7. Demam Tifoid

Tidak jarang bahaya demam ini terjadi pada saat musim hujan. Karena Penyakit yang di sebabkan oleh Bakteri Salmonella Typhi sangat memungkinkan terjadi pada musim hujan dengan kemudahannya berpindah melalui aliran air yang banyak, meluap, seperti banjir mengakibatkan kotoran-kotaran dan bakteri ini terbawa dan menempel pada linkugan rumah anda. Seperti tempat jemuran, tempat cuci piring, Kamar mandi dan dapur.

Apabila bakteri Salmonella Typhi ini menginfeksi tubuh anda yang ketepatan berdaya tahan tubuh rendah maka anda sangat mudah terserang. Dengan adanya tanda suhu tubuh meningkat pada sore dan malam hari, lalu menurun pada pagi dan siang hari, nafsu makan menurun, sakit perut sembelit, sakit kepala dan pusing. Maka anda harus segera mengecek ke dokter sesegera mungin. Semoga reaksi ini bisa ditangani.

8.Vasokontriksi pembuluh darah

Sayangnya bahaya perubahan yang terjadi setelah terkena air hujan terhadap tubuh yang lemah bisa membuat kekebalan tubuh semakin menurun. Dikarenakan perubahan suhu dingin secara mendadak dan bertentangan dengan tubuh anda, ia juga bisa mengakibatkan pembuluh darah menjadi Vasokontriksi yaitu penyempitan pembuluh darah. Bahayanya jika pembuluh darah menyempit membuat badan terasa tidak enak serta memudahkan beberapa virus menyebar lalu menginfeksi tubuh dengan cepat.

Bahaya-bahaya ini tidak hanya terjadi pada anda yang berdaya tahan tubuh rendah. Namun bagi anda yang berdaya tahan tubuh rendah jauh lebih memungkinkan akan cepat terkena serangan beberapa bahaya di atas. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus anda ketahui mengenai air hujan.

1. Bagaimana proses terjadinya air hujan

Air hujan terjadi dari proses alami dengan adanya penguapan air di permukaan tanah yang naik ke langit hingga terbentuk awan. Dengan tumpukan-tumpukan awan tersebut yang terbawa angin menjadi butiran-butiran air. Dengan terjadinya gravitasi terhadap butiran air tersebut mengakibatkan butirannya jatuh ke bumi lalu disebut dengan hujan.

2. Zat apa yang terkandung pada air hujan?

Untuk menjawab beberapa bahaya air hujan di atas perlu anda ketahui zat apa yang terkandug pada air hujan ini.
Kandungan air hujan memiliki keterkaitan dengan kondisi atmosfer dan arah angin hujan tersebut turun. Karena turunya air hujan tersebut dengan melalui reaksi antara atmosfer yang di laluinya sehingga akan membentuk suatu reaksi yang mengakibatkan air hujan yang jatuh ke bumi mengandung:

1. 99,9 % H2O
2. Asam Sulfat
3. Asam Nitrat
4. Karbon (Fly Ash, dalam bentuk abu ringan)
5. Serta beberapa zat atau abu yang berasal dari beberapa industri disekitar dan gunung berapi.
6. Bakteri, alga, jamur dan virus dari kontaminan biologis (mahluk hidup) yang berperan pada pembusukan berbagai bahan organik seperti dedaunan pohon dll. Maka akibat kontak angin beberapa bakteri ini bisa menyatu pada air hujan.
7. Bakteri Coliform. Yaitu apabila air hujan terkena kotoran hewan seperti kotoran burung dan kotoran binatang lainnya.

Nah hal ini membuat kandungan air hujan di daerah yang bersih dan banyak pepohonan sangat berbeda dengan air hujan di daerah industri yang penuh dengan asap dan limbah. Air hujan yang turun di daerah laut berbeda dengan air hujan yang turun di daerah dataran dan penuh industri.

3. Bolehkah air hujan ini di minum?

Melihat kebutuhan air bersih dibeberapa daerah di Indonesia sangat sulit. Terutama air putih bagi daerah yang bertanah gambut atau merah. Maka air hujan sering di gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Bukan saja hanya untuk mencuci pakaian yang berwarna putih namun juga untuk memasak air minum, nasi dan beberapa makanan lainnya.

Tentunya mereka harus lebih cermat sebelum menggunakan air hujan tersebut untuk di konsumsi. Karena ketika air hujan yang ditampung berasal dari atap rumah yang bisa terdapat kotoran-kotoran hewan seperti burung, tikus dll tentunya bisa membuat air yang anda konsumsi tidak sehat. Oleh karena itu pengolahan yang benar harus di perhatikan ketika anda terpaksa harus menggunakan air hujan untuk di konsumsi.

Bahaya air hujan bagi kesehatan

Solusi dan untuk menghindari bahaya air hujan

1. Disiplin terhadap Kebersihan. Disaat musim hujan. Tangan, pakaian dan lingkungan anda sangat mudah terkena bakteri. Langkah sederhanaya seringlah mencuci tangan anda dengan sabun secara teratur, selanjutnya senantiasa bersihkan lingkungan rumah anda hingga anda yakin bersih dan sehat.

2. Segera mandi setelah kehujanan. Hindari kebiasaan menunda-nunda mandi atau malas mandi setelah kehujanan atau hanya berganti pakaian. Dengan mandi anda bisa membersihkan tubuh anda dari bakteri dan virus yang tidak terlihat dan menghindari terjadinya infeksi yang berbahaya nantinya.

3. Jaga Kondisi tubuh. Setelah kehujanan anda harus bisa menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh anda. Meskipun daya tahan tubuh anda saat itu rendah namun, apabila anda bisa menjaga dan meningkatkannya. Anda bisa menyesuaikan dengan perubahan suhu air hujan yang berlawanan dengan tubuh anda disaat itu. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan:

a. Menggunakan pakaian yang hangat
b. Makan dengan kandungan 4 sehat 5 sempurna
c. Banyak minum air putih. Dengan memperbanyak minum memungkinkan bakteri dalam tubuh anda akan terkuras.
d. Mengkonsumsi vitamin c atau madu asli
e. Olahraga rutin
f. Istirahat yang cukup

Alangkah baiknya apabila anda menyadari daya tahan tubuh anda sedang rendah, seyogyanya anda tidak mengizinkan diri anda untuk terkena air hujan. Jika terpaksa maka anda harus membawa payung atau menggunakan jas hujan agar daya tahan tubuh anda tidak semakin memburuk.

Semoga artikel 8 bahaya air hujan bagi yang berdaya tahan tubuh rendah ini bermanfaat bagi anda. Yup jangan terlupakan dengan artikel yang menarik ini Bahaya menggunakan sabun anti septik setiap hari bagi kulit anda, ya.

Salam sehat

Sumber:
1. http://www.lifebuoy.co.id/healthmap/health-news/waspadai-penyakit-infeksi-di-musim-hujan
2. http://nyusandalan.com/manfaat-dan-khasiat-air-hujan-bagi-kehidupan-dan-kesehatan/
3. http://www.klikdokter.com/healthnewstopics/health-topics/nyeri-kepala-karena-kehujanan-ini-sebabnya
4. http://www.ayahbunda.co.id/balita-tanya-jawab/bahaya-main-hujan
5. http://www.combiphar.com/id/healthy-living/penyakit-yang-datang-di-musim-hujan
6. http://www.klikdokter.com/tanyadokter/gizi/mengkonsumsi-air-hujan
7.http://www.klikdokter.com/rubrikspesialis/higienitas-keluarga/bakteri-kuman/kandungan-kuman-yang-terbawa-oleh-air-hujan/kandungan-kuman-yang-terbawa-oleh-air-hujan/1