Ada Tanda Bahayakah Apabila Feses Berwarna Hitam?

Author - April 24, 2015

Hai, apakah ada tanda bahaya apabila feses berwarna hitam? Ya, sedikit menakutkan tentunya bukan? Karena secara umum feses manusia yang sehat adalah berwarna kuning ke emas-emasan. Namun apabila anda mengalami feses berwarna hitam sepertinya sebuah pertanyaan atau tanda-tada yang berbahaya sedang terjadi pada tubuh anda, terutama pada metabolism tubuh.
Atau anda belum menemukan feses berwarna hitam ini? Ya, semoga anda tidak menemukan yang dinamakan feses berwarna hitam ini. Karena mendengarnya saja anda telah takut, hingga terbesit di telinga anda mendingan tidak mendengarkan, hehehe.

Bahaya feses yang berwarna hitam

Tetapi saya memberikan apresiasi kepada anda bahwa anda telah meniatkan untuk membaca artikel ini karena tidak semua orang yang berani untuk mengenal feses berwarna hitam ini. Ya, karena feses berwarna hitam ini jarang terjadi pada manusia dan hanya terjadi pada saat-saat terjadi beberapa ketidak beresan pada tubuh anda atau anda mengalami beberapa penyakit.
Bagi anda yang pernah mengalami feses berwarna hitam ini pasti anda cemas dan penasaran yang terpikir di pikiran anda adalah ada tanda bahaya apakah feses berwarna hitam ini?

Ternyata feses berwarna hitam ini merupakan tanda bahaya dari penyakit :

– Tungkak lambung

Yah, ternyata tukak lambung bisa menyebabakan anda mengalami feses hitam. Yup anda jangan terlalu ketakutan dulu ya. Karena tukak lambung pun ada penyebabnya. Yaitu terjadinya infeksi dari bakteri Helicobacter pylori. Penyebab lain adalah dari penggunaan obat yang berlebihan, merokok dan penyalahgunaan alkohol serta termasuk stress dapat memperburuk tukak lambung.
Dimana terjadinya tukak lambung ini? Ya, tungkak lambung terjadi pada luka yang terbuka dan terbentuk di lapisan kerongkongan, perut atau bagian atas dari usus kecil.

Bagaimana dengan rasanya tukak lambung ini? Ya tukak lambung diberikan tanda-tanda dengan sakit perut seperti rasa terbakar, kotoran hitam, muntah darah, mual, penurunan berat badan dan perubahan nafsu makan.

bahaya dari feses berwarna hitam

– Radang perut

Tanda bahaya dari feses hitam yang kedua adalah radang perut. Apakah berbahaya radang perut ini? Ya, karena radang merupakan sebuah peradangan pada selaput perut maka apabila anda mengalami hal ini membuat anda tidak nyaman dan rasa sakit yang teramat. Radang perut juga bisa terjadi karena penyalah gunaan alkohol yang berlebihan, infeksi bakteri, obat-obat tertentu dan rokok.

Apakah radang perut ini bisa disembuhkan? Ya, beberapa kasus, penetralan ini menggunakan obat-obatan yang bisa mengurangi produksi asam lambung atau obat-obatan yang bisa menetralisir asam lambung, hal ini ternyata bisa mengurangi gejala-gejalanya.

paracetamol-315875_640

– Air mata Mallory-Weiss

Ya, penyebab ketiga tanda bahaya dari feses berwarna hitam ini ternyata Air mata Mallory-Weiss. Yaitu ‘air mata’ yang terjadi di mukosa, yaitu tempat esophagus memenuhi perut.
Kejadian ini sangat jarang ditemukan namun perlu anda ketahui juga bahwa penyebabnya berasal dari muntah atau batuk yang kuat atau terus menerus dan juga kejang. Ya, hal ini memberikan gejala yang meliputi kotoran berwarna hitam dan muntah darah.

Kelihatan penyakit ini agak sedikit unik dan jarang didengar oleh anda tentunya. Tapi anda jangan khawatir dulu ya. Mengapa? Karena ada kabar baik dari Air mata Mallory-Weiss, yaitu Air mata Mallory-Weiss bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan dalam waktu sekitar 10 hari. Namun bagi yang pendaharahannya parah, sepertinya anda memerlukan tranfusi darah untuk mengganti kehilangan darah anda agar tidak terjadi bahaya-bahaya lain yang bisa terjadi pada anda.

Bagaimana dengan tanda-tanda bahaya feses di atas? Berbahayakah penyakit yang anda alami? Ya, sepertinya anda bisa merasakan bagaimana keadaan tubuh anda, apabila anda merasa hal ini membahayakan anda dan bisa memberi dampak buruk apabila tidak di konsultasikan ke dokter, maka sebaiknya anda bisa mendatangi dokter terdekat dalam kesempatan pertama anda.

Semoga artikal ini bermanfaat bagi anda dan jangan lupa untuk mengenali artikel tentang seluruh bahaya yang ada di dunia ini di bahayapedia.com atau anda juga bisa melihat artikel dari bahaya orang pendiam yaitu Tahukah anda? Bahaya mana, orang pendiam atau orang yang banyak omong?

sumber http://health.detik.com/read/2010/08/29/140715/1430459/763/1/bila-feses-berwarna-hitam