Anda Ingin Membeli Rumah? Bahaya Jika Tidak Segera Di sertifikatkan Saat Itu Juga

Author - March 15, 2015

Hai, tahukah anda jika anda ingin membeli rumah, berbahaya jika tidak segera disertifikatkan saat itu juga? Ya, ternyata hal ini sangat berbahaya sekali dan harus menjadi perhatian anda. Memiliki rumah yang besar dan nyaman merupakan impian semua orang, saya yakin anda juga memiliki niat yang sama. Bahkan niat anda bisa jauh lebih mulia apabila memiliki rumah yang besar, di diami oleh anak-anak yatim yang menjadi penyejuknya, serta beberapa orang yang tidak mampu yang bisa menjadi jembatan anda untuk beribadah dan mensyukuri nikmat ALLAH.

bahaya menunda membuat sertifikat rumah

Bagi anda yang pelum pernah melakukan transaksi pembelian rumah, seyogyanya anda harus banyak bertanya atau browsing di internet cara aman membeli rumah agar terhindar dari bahaya. Untuk di artikel ini, saya akan menyampaikan sedikit keharusan yang harus cepat anda lakukan setelah yakin anda berniat membeli sebuah rumah.

Anda kenal dengan sertifikat rumah? Sertifikat rumah merupakan surat tanah atau bangunan rumah anda yang telah sah dan dinyatakan resmi oleh BPN kepemilikannya dan keasliannya. Mengapa setelah anda membeli rumah, berbahaya jika tidak segera di sertifikatkan saat itu juga?

Ya, Benar sekali. Pada zaman dahulu dan beberapa orang zaman sekarang masih sering menggunakan cara pembelian yang tidak sesuai ketentuan jual-beli rumah yang sempurna. Pembeliannya hanya menggunakan kwitansi dan tidak sampai kepada notaris.

Bahaya menunda mengurus sertifikat

Mengapa kwitansi saja tidak cukup dan harus ke sertifikat? Pada saat anda melakukan jual beli rumah, rumah tersebut langsung anda tempati, sedangkan nama kepemilikan di dalam sertifikat masih pemilik yang lama. Memang dalam hal ini anda telah memiliki beberapa bukti kwitansi yang menyatakan rumah tersebut telah anda miliki. Masalah nya yang akan datang adalah?

Disaat nama yang tertera pada pemilik rumah lama orang nya meninggal dunia, anda mengalami kerepotan, bahkan bahaya dalam pengurusan pemindahan nama menjadi nama anda. Saat inilah anda mendapatkan bahaya yang bisa lebih berbahaya dari yang anda perkirakan. Mengapa?

– Secara Administrasi apabila sertifikat masih atas nama orang lain berarti anda belum resmi memiliki rumah tersebut secara sah.

– Apabila anda ingin mengurus pembuatan sertifikat menjadi nama anda, anda dihubungkan dengan masalah yang bertubi-tubi. Apa diataranya? Ya, anda harus mencari seluruh ahli waris dari pemilik rumah yang lama. Dan anda harus menghadirkannya kehadapan notaris. Apabila anda tidak bisa menghadirkan seluruh ahli waris, maka anda tidak bisa melakukan pemindahan kepemilikan rumah didalam sertifikat atas nama anda. Seolah-olah pemilik rumah tersebut adalah para ahli waris dan anda bertransaksi dengan para ahli waris tersebut.

Bahaya menunda sertifikat

Sangat disayangkan bukan? Bagaimana pula jika para ahli warisnya mempunyai niat jahat? Bisa-bisa rumah yang anda miliki tersebut bisa di ambil lagi oleh ahli waris. Karena bukti secara kwitansi tidak kuat.
Yup. Inilah bahaya bagi anda yang ingin membeli rumah namun tidak segera disertifikatkan. Namun saya kira masih banayak lagi bahaya yang mungkin bisa terjadi, apabila anda menunda-nunda pembuatan sertifikat atas nama anda sendiri.

Terimakasih telah membaca artikel ini, meskipun hanya sedikit namun bisa memberikan manfaat, jangan lupa ketahui juga bahaya asbes bagi paru-paru anda serta 1 bahaya dari penderita diabetes disaat menyetir mobil.