Anda Perokok? Apakah Anda Melakukan Kesalahan Berbahaya Ini Ketika Merokok?

Author - April 21, 2015

Hai, anda perokok? Apakah anda melakukan kesalahan berbahaya ini ketika merokok? Ya, ternyata bagi perokok yang aktif terkadang ia lupa. Lupa terhadap kebiasaannya. Bagi yang bukan perokok sering kali mengerti dan memahami, meskipun didalam hati ingin sekali menegur atau memaksa berhenti perokok tersebut. Meskipun suaminya, hehehe. Karena takut ribut terkadang terpaksa diam.

Karena kecuekan dan kebiasaan yang tidak pernah ditegur atau diluruskan alhasil membut perokok merajalela dan melakukan kesalahan berbahaya ini tanpa ia sadari. Apalagi, apabila perokok tersebut sedang kedatangan teman di rumahnya, tambah lagi temannya seorang perokok, yah, sepertinya rumah dari cat warna putih menjadi cat warna abu-abu, baju dari harum parfum menjadi asam pahit, hehehe.

Apakah anda melakukan kesalahan berbahaya ini ketika merokok

Ya, ternyata rokok ini menjadi masalah besar bagi ibu rumah tangga yang di bicarakan dimana-mana, pemerintahan desa hingga pemerintahan pusat pun di buat bingung oleh para perokok ini. Mengapa demikian? Apakah karena perokok ini merugikan pemerintah? Atau perokok ini merugikan ekonomi rumah tangga? Sepertinya yang pasti adalah karena perokok ini membuat orang sebel. Sebelnya ia tidak pernah alpa dari melakukan kesalahan yang berbahaya ketika ia sedang merokok.

Mungkin apakah anda juga sama? Apakah anda juga melakukan kesalahan barbahaya ini ketika merokok? Seperti apa? Yup kita lihat kesalahan berbahaya seperti apa yang dilakukan oleh para perokok :

• Merokok di dalam rumah

Hai, bagi anda seorang perokok, lalu merokok di dalam rumah! Yah, sepertinya anda telah melakukan kesalahan berbahaya pertama. Anda telah membahayakan kesehatan orang yang ada di dalam rumah, baik itu istri anda, anak, dan cucu-cucu anda. Perlu juga anda ketahui perokok pasif lebih berbahaya di banding perokok aktif. Saya yakin anda telah mengetahui tentang hal itu.

Perlu anda ketahui bahwa 20% -30% persen ibu rumah tangga dan anak-anak dirumah mengalami kanker, sakit jantung dan stroke. Mengapa? Ya, karena hampir setiap rumah di Indonesia memiliki seorang perokok. Bahkan dalam satu rumah di Indonesia ada yang merokok hingga 5 orang. Mulai dari kakek, anak pertama, anak kedua, dan 2 orang menantunya. Dokter pun pusing melihat hal ini ketiku ibu rumah tangga dan istri-istrinya menceritakan kebiasaan anda dirumah.

Seringkali terkadang anda lupa disaat anda merokok anda sedang menggendong atau bermain dengan anak kecil yang masih sangat kecil. Yaitu 5 bulan dan hingga 3 tahun. Tahukah anda bahaya nya? Ya, tubuh mereka masih sangat lemah. Belum seperti orang dewasa yang mampu bertahan dari asap rokok anda. Namun bagi anda yang sering merokok di rumah mengakibatkan kesehatan anak kecil tersebut terganggu. Bisa menyebabkan kanker paru-paru dan gangguan pernafasan baginya. Dan anda jangan terkaget jika anak kecil tersebut sering sakit-sakit atau masuk rumah sakit. Tentunya ini berasal dari kesalahan anda ketika merokok berdekatan dengannya.

kesalahan berbahaya disebabkan rokok

• Merokok di tempat umum

Anda masih demen dengan rokok anda? Boleh saja, namun tentunya apabila anda merokok ditempat umum anda telah melakukan kesalahan berbahaya kedua versi bahayapedia.com. Mengapa demikian? Ya, setelah anda merusak kesehatan orang dirumah anda, sekarang anda mencoba-coba merusak orang-orang yang berada di tempat umum. Di tempat umum sejatinya orang bisa menikmati lingkungan dengan udara yang sehat dan bersih, karena atas kesalahan anda sepulang dari tempat umum tersebut orang-orang pulang membawa penyakit. Dampak yang kecil andalah, flu, sakit kepala, pusing, mual dan beberapa gejala penyakit lain yang membahayakannya.

Apakah dengan itu sudah cukup? Tentunya tidak, karena dampak anda bisa berakibat disaat itu juga. Seperti disaat anda sedang naik kendaraan umum. Disaat itu teman dan orang yang berada disekitar anda bisa langsung pusing bahkan mengakibatkan mual dan muntah-muntah. Yah, belum lagi kita membahas sakit jantung, tetapi orang disamping anda telah terserang penyakit yang sangat cepat terjadi. Bagaimana jika setiap hari orang yang berada di tempat umum tersebut harus menghirup asap rokok dari anda? ya, benar sekali sakit jantung, paru-paru dan beberapa kanker bisa terjadi oleh kesalahan anda yang merokok ditempat umum.

kesalahan berbahaya oleh perokok

• Membuang puntung rokok hingga menyebabkan kebakaran

Hai, anda yang pernah membuang puntung rokok sembarangan hingga menyebabkan kebakaran sepertinya anda telah melakukan kesalahan berbahaya yang ketiga. Perlu anda ketahui ternyata rokok ini bahayanya banyak sekali. Jika di urut mulai dari awal hingga sampai akhir tidak ada habis-habisnya. Maksudnya bagaimana? Yup kita lihat.

• Pertama, anda membeli rokok menghabiskan uang hingga 500, 000 setiap bulannya
• Kedua, anda merokok merusak kesehatan anda
• Ketiga, anda merokok merusak kesehatan orang disekitar anda
• Keempat, anda merokok membuat polusi udara disekitar anda
• Kelima, anda merokok membuat baju anda dan orang disekitar anda menjadi bau tidak sedap
• Keenam, anda merokok sering membuang debu rokok sembarangan, hingga mengotori tempat
• Ketujuh, anda merokok membuang bungkus dan puntung sembarangan menjadikan sampah
• Kedelapan, anda merokok membuang puntung rokok sembarangan menjadikan kebakaran lahan dan hutan gambut.

Ya, ternyata beberapa kejadian kebakaran hutan, dan lahan-lahan di sumatera adalah disebabkan oleh puntung rokok. Disaat musim kemarau, tanah gambut sangat berbahaya. Dimana ada sedikit puntung atau api yang kecil saja bisa menyebabkan kebakaran yang besar. Hal ini benar terjadi. Apabila anda membuang puntung rokok di tanah gambut di musim kemarau, sama halnya anda menghidupkan sumbu-sumbu kembang api yang hanya menunggu waktunya menjalar sendiri dan terbakar habis.

Betul sekali, seperti di Tempo.co ini, di Riau terjadi kebakaran tanah gambut yang disebabkan oleh orang yang membuang puntung rokok sembarangan. Nah apabila telah membakar hektaran kebun-kebun petani, bagaimana? Menyedihkan bukan? Ya, sangat menyedihkan.

kesalahan berbahaya oleh sang perokok

Ya, ternyata bagi anda seorang perokok telah mendapat perhatian dari pemerintah. Bukan bermaksud untuk menghentikan kebiasaan merokok anda. Namun sepertinya untuk menjadikan lingkungan ini tetap sehat, bersih, aman dan tidak ternodai oleh kesalahan-kesalahan anda yang berbahaya ini supaya lingkungan tetap sehat.

Seperti yang anda lihat sekarang. Pemerintah telah melarang membuang sampah sembarangan dan pemerintah telah melarang merokok ditempat umum. Namun bagi anda yang merokok di dalam rumah, sepertinya pemerintah tidak perlu mengambil kebijakan. Mengapa? Karena pemerintah telah percaya kepada ibu rumah tangga yang menjadi pemerintah dirumahnya pasti telah memberikan ultimatum yang lebih hebat daripada pemerintah, hehehe.

Ada gitu? Ya, ini buktinya. 1 cara berbahaya yang berhasil menyembuhkan anda dari ketagihan merokok ternyata berasal dari ibu rumah tangganya. Ultimatum dari ibu rumah tangga sangat berdampak positif bagi kesehatan fisik dan juga bagi kesehatan ekonomi. Sampai ketemu disana, ya.