Apakah Anda Melakukan 4 Kesalahan Berbahaya Ini saat mengendarai Motor Matic?

Author - April 7, 2015

Hai, apakah anda melakukan 4 kesalahan ini saat mengendarai motor matic? Hufft, 4 kesalahan berbahaya apa ya? Tenang, akan kita bahas di Bahayapedia.com ini dengan sesederhana mungkin agar anda bisa memahami dan mengerti bahaya apa yang bisa terjadi pada anda jika anda melakukan 4 kesalahan ini.

apakah anda melakukan 4 kesalahan ini saat mengendarai motor matic

Dizaman modern ini ternyata pola pikir manusia juga ikut modern. Yaitu dengan ditandai setiap keinginan serba ingin cepet tercapai, setiap kegiatan ingin serba enak dan mudah, setiap pekerjaan ingin segampang-gampangnya, namun penghasilan yang sebesar-besarnya, hehehe. Pasti anda bertanya. Apa hubungannya dengan motor matic ya? Ya, hubungannya sangat sederhana. Anda memilih motor matic karena ingin mudah, santai, simple dan cepat dalam mengendarainya. Itu berarti anda telah bermental dan pola pikir modern. Tapi semodern mental dan pola pikir anda dalam memilih mengendarai motor matic, anda harus tahu, apakah anda melakukan 4 kesalahan berbahaya ini saat mengendari motor matic nantinya?

Ya, tidak terlepas anda seorang pria atau wanita, ibu-ibu atau bapak-bapak, anak muda atau sudah dewasa, saya pastikan anda sering menemui dan bahkan mengalami 4 kesalahan berbahaya ini saat mengendarai motor matic. Karena apa? Karena pemahaman anda terhadap fungsi dan kemampuan motor matic masih belum mencukupi, oleh itu anda sering menganggap setiap motor itu sama, baik motor matic, manual dan motor besar. Anda beranggapan setiap motor bisa di ajak kemana-mana oleh anda. Berbeda jika anda mengajak liburan keluar negeri ya, pasti motor matic anda semangat, Hehehe.
Mari di ingat, apakah anda melakukan 4 hal kesalahan berbahaya ini saat mengendarai motor matic? Ya, apa itu?

– Menggunakan motor matic di daerah tanjakan dan pegunungan

Huuuuft, bukan bermanksud untuk ngeledek anda orang gunung ya. Namun hanya sekedar mengingatkan saja. Terkadang merupakan hal yang aneh, semakin hari pemikiran orang gunung juga berubah drastis menjadi modern. Orang gunung berbondong-bondong membeli motor matic. Haduuuh, haduuuh, tahukah anda motor matik yang anda miliki itu memiliki keterbatasan tenaga untuk menghantarkan anda ketempat tujuan, ditambah jalan dan tanjakan yang sangat tinggi membuat motor matic anda harus mengalami kegagalan disaat menaiki tanjakan tersebut. Bersukur hanya gagal naik tanjakan karena ketidak mampuan motor tersebut mendaki, tetapi bagaimana dengan keamanan anda disaat motor tersebut tidak bisa naik bahkan bisa mundur dengan sendirinya? Sepertinya anda juga bisa terjatuh dari motor serta tanjakan yang tinggi tersebut. Lho jika anda membawa anak kecil, bagaimana pula nasibnya? Ini sangat mengerikan, ya.

Apakah anda melakukan 4 kesalahan berbahaya disaat mengendarai motor matic

Beberapa kali saya melihat motor matik yang gagal menaiki tanjakan yang berada di daerah Bandung seperti daerah lembang, tangkuban perahu, punclut. Terkadang saya sendiri tidak tega dengan motor matik yang dipaksakannya. Karena sejatinya motor tersebut memang tidak mampu mendaki di daerah pegunungan. Sudah tahukah anda bahwa motor tersebut di ciptakan untuk di daerah perkotaan? Ya, ini adalah kesalahan berbahaya yang anda lakukan disaat mengendarai motor matic di daerah tanjakan pegunungan.

– Membawa beban yang berat di saat menaiki tanjakan

Hehehehe, ini dia kesalahan berbahaya disaat anda menggunakan motor matic. Sejatinya motor matic itu digunakan untuk bersantai-santai dan digunakan di daerah yang datar dengan jalan yang mulus. Bukan di daerah pegunungan yang banyak berangkal dan lubang-lubang pembawa kecelakaan. Tambah lagi anda membawa beban berat disaat menaiki tanjakan. Baik beban barang ataupun tumpangan orang yang berada di belakang anda. Sering juga saya melihat beberapa motor matic yang harus menurunkan tumpangannya dan barang bawaannya disaat menaiki tanjakan karena motor tersebut tidak mampu menaiki tanjakan. Sangat berbahaya sekali bukan, disaat anda tidak bisa naik dan bahkan mundur bisa-bisa anda di tabrak oleh pengendara motor yang lebih kencang dari belakang dan mengakibatkan anda mengalami kecelakaan.

Mari yakinkan terlebih dahulu seberapa besar kemampuan motor matic anda untuk menaiki tanjakan yang tinggi dan membahayakan itu. Karena motor matic tidak seperti motor manual jika sedang berada didaerah tanjakan bisa di over giginya hingga ke gigi 1. Tetapi untuk motor matic meskipun anda menangis sambil menggigit jari sepertinya gigi satu pada motor matic anda tidak akan muncul.

– Menggunakan motor matic diturunan yang licin

Ya, ternyata ada perbedaan yang sangat menonjol disaat melewati turunan yang licin menggunakan ban motor yang kecil dengan ban motor yang besar. Disaat menggunakan motor matic anda berhadapan dengan lingakaran ban yang kecil, tumpuan yang anda berikan terhadap ban anda sangat berat dan tajam, ditambah lagi apabila anda melewati jalan turunan yang licin, hal ini sangat menjanjikan anda untuk terpeleset dan terguling, meskipun ban motor matic anda masih baru dan berbunga tebal. Oleh karena itu banyak pengguna motor offroad yang menggunakan ban motor yang lebar. Mungkin anda juga sering menemukan offroad sepeda yang pasti menggunakan ban yang lebar, hal ini agar mengurangi kemungkinan terjadi kecelakaan dan memberikan kenyamanan disaat melewati turunan yang sangat licin.

apakah anda melakukan 4 kesalahan berbahaya mengendarai motor matic

– Mengerem mendadak dan hanya menggunakan rem depan

Waduduh, bagi anda yang sering terbiasa mengeram hanya menggunakan rem cakram depan sangat-sangat berbahaya. Tambah lagi motor matic, karena motor metik memiliki ban yang kecil dan ia sering kali tidak bisa bertahan dengan hentakan tenaga dan dorongan yang anda rem disaat itu yang mengakibatkan anda terjatuh, terjungkal dan mungkin banyak variasi jatuh yang bisa terjadi pada anda. Yup, berhati-hati jangan sampai anda mengerem mendadak dan hanya menggunakan rem depan. Yang pasti anda bisa terjungkal dan satu lagi yang perlu anda ingatkan pada diri anda bahwa terjungkal itu tidak ada enak-enaknya, hehehe. Kesalahan berbahaya ini sering terjadi biasanya pada pengendara orang tua, wanita dan anak-anak yang masih belajar motor.

Motor matic memang enak. Namun jika anda melakukan 4 kesalahan yang berbahaya disaat mengendarainya sepertinya bukan enak tetapi bisa merusak benak anda, Ya, anda bisa mengalami kecelakaan yang patal dan bisa merusak masa depan anda. Perlu anda ingat sekali lagi bahwa motor matic ini lebih cocok untuk di gunakan di daerah perkotaan atau jalanan datar dan tidak penuh dengan lubang-lubang kecelakaan. Tidak menutup kemungkinan beberapa kesalahan yang berbahaya ini bisa terjadi pada anda, yup kenali motor matic anda dan jangan paksakan untuk melewati tanjakan yang tinggi jika ia memang tidak mampu.

apakah anda melakukan 4 kesalahan berbahaya menggunakan motor matic

Akhir kata dari saya, semoga motor anda dan perjalanan anda selamat dan menyamankan, tetapi jangan lewatkan dulu, bahwa disini anda masih ada satu artikel yang harus anda ketahui. Yaitu artikel tentang apakah anda melakukan 4 kesalahan berbahaya ini saat berjalan kaki?