Apakah Anda Melakukan 4 Kesalahan Berbahaya Ini Terhadap Anak Anda?

Author - April 16, 2015

Hai, apakah anda melakukan 4 kesalahan berbahaya ini terhadap anak anda? Ya, pada kesempatan ini tepatnya cuaca dan suasana yang hening tidak ada salahnya kita berbicara tentang sedikit mengenai bahaya. Ya, bahaya yang bisa terjadi pada anda dan keluarga anda memang harus anda ketahui dan perhatikan agar cita-cita anda bisa tercapai untuk menjadikan anak-anak yang pintar, sukses dan berbakti kepada orang tua.

apakah anda melakukan 4 kesalahan berbahaya ini

Yah, benar sekali. Semua orang tua setelah memiliki anak hidupnya sudah berubah. Ia bekerja bukan hanya untuk sekedar bekerja. Namun tujuan utama adalah bagaimana memberikan pendidikan setinggi-tingginya agar anak tersebut bisa tumbuh dan mejadi anak yang pintar, berbakti kepada orang tua dan sukses dimasa depannya.

Untuk menjadikan anak yang tumbuh, pintar, berbakti kepada orang tua dan sukses dimasa depannya, ada beberapa bahaya yang harus anda jauhkan semenjak ia kecil dan mengimbangi pertumbuhan usianya hingga dewasa. Yaitu dengan tidak melakukan 4 kesalahan berbahaya ini terhadap anak anda. 4 kesalahan berbahaya tersebut yaitu:

– Memperlakukan anak dengan manja

Ya, benar sekali, memperlakukan anak dengan manja, anda sudah melakukan kesalahan berbahaya yang bisa merusak mental dan sekaligus masa depannya. Ketika anda memperlakukan anak dengan manja, mental dan jiwa anak anda tidak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri. Hal ini bisa membahayakan mental dan jiwa anak anda menjadi:

– Lemah
– Cengeng
– Mudah menyerah
– Suka meminta daripada berusaha sendiri
– Tidak mandiri
– Mudah mengeluh
– Tidak mempunyai semangat juang
– Tidak bertanggung jawab

Ya, ini adalah sebagian kecil bahaya yang bisa terjadi pada anak anda apabila anda melakukan anak dengan manja. Banyak orang tua yang tidak tega, tidak memiliki ketegasan tetapi ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang pintar, mandiri, sukses dan berbakti kepada orang tua.

Ini hal yang keliru bukan? Coba anda lihat anak-anak yang berlatang belakang dari keluarga miskin semasa kecil ia telah terhimpit oleh pedihnya kehidupan yang tidak ada alasan untuk mengelak dan menghindari. Ia harus kuat dan bertahan serta membanting tulang meskipun masih kecil. Apa yang terjadi setelah ia tumbuh dewasa? Ia menjadi pengusaha sukses dan menjadi pejabat Negara. Yup lihat kisah bapak Dahlan Iskan di Maxmanroe.com

apakah anda melakukan 4 kesalahan bahaya bagi anak anda

– Memarah anak berlebihan

Benar, ketika anak anda berbuat kesalahan, sikap yang harus di ambil oleh orang tua salah satunya dengan menegur. Ingat Menegur, bukan memarah. Mengapa tidak memarah? Karena memarah itu menggunakan nafsu. Apabila anda telah mengedepankan nafsu terhadap anak anda, maka apapun bisa anda lakukan pada saat itu. Baik menggunakan ucapan kotor dan bahkan menggunakan tangan atau pukulan. Tetapi jika menegur, anda menggunakan hati dan perasaan. Apabila anda menegur dengan mengingatkan dan meluruskan kesalahan, kemungkinan besar anak anda mudah memahami dan berubah. Dan hal ini lebih membuat anak anda lebih cepat tumbuh dewasa karena tidak tertekan dan ketakutan kepada orang tuanya.

Ketika sejak kecil ia sudah menerima amarah dari orang tuanya, hal ini mengakibatkan banyak bahaya yang bisa terjadi pada anak anda, seperti:

– Menjadi anak yang bandel
– Menjadi anak yang keras kepala
– Menjadi anak yang kasar
– Menjadi anak yang melawan orang tua
– Menjadi anak yang durhaka kepada orang tua
– Menjadi anak yang penakut
– Menjadi anak yang tumbuh dengan mental yang tidak sempurna

apakah anda melakukan 4 kesalahan berbahaya ini kepada anak anda

Ya, apabila anda memanjakan anak anda dengan kesalahan berbahaya di atas, hal tersebut akan membentuk pada kepribadian anak anda menjadi jelek. Tentunya harapan anda untuk mencapai tujuan menjadikan anak yang tumbuh, besar, pintar, sukses dan berbakti kepada orang tua tidak akan bisa dicapai. Dan sebuah kemungkinan setelah anak anda besar, maka anda akan ditinggalkannya. Karena ia tidak betah bersama dengan orang tua yang pemarah.

Apa yang akan terjadi apabila dimasa tua anda tidak ada yang menemani, tidak ada anak disamping dan cucu-cucu yang lucu meramaikan rumah anda? Tentunya hal ini sangat menyakitakan sepanjang sejarah hidup anda.

– Kurang memberi perhatian kepada anak

Bagi anda sebagai orang tua yang super sibuk mencari nafkah di kantor, terkadang sampai lupa bahwa anak dirumah sering menanyakan kabar anda. Ia memerlukan perhatian dan kasih sayang anda. Meskipun anda menyanggah dengan alasan : kan bapak mencarikan rezeki buat anak dan istri. Ya anda benar, tetapi alangkah baiknya anda menyiapkan hari khusus untuk keluarga yang bertujuan menciptakan keharmonisan rasa kasih sayang terhadap anak dan istri.

Apa bahaya yang bisa terjadi apabila anda kurang memberi perhatian kepada anak anda?

– Anak tidak nurut dengan orang tua
– Anak akan lebih sering bermain bersama teman-teman sehingga ia lupa mengontrol diri
– Anak lebih nyaman bersama teman daripada bersama orang tua dan keluarga
– Anak mudah terpengaruh oleh narkoba
– Anak mudah terpengaruh oleh pergaulan bebas

Ya, sangat disayangkan, sekalipun rezeki yang anda kumpulkan sudah sebanyak gunung Uhud. Tetapi apabila anak anda tidak berbakti kepada anda, hal ini seperti nerakanya dunia bagi rumah tangga anda.

apakah anda melakukan 4 kesalahan berbahaya ini terhadap anak

– Mengabaikan pendidikan agama terhadap anak

Sayangnya ada beberapa orang tua yang terlalu ketakutan terhadap hidup ini. Mengapa? Ya, ia ketakutan jika anaknya tidak pintar, tidak bisa bersaing, tidak sukses hingga anda beranggapan pendidikan agama bukan jawaban untuk kesuksesannya. Anda menundanya dan mengutamakan pelajaran sain, bahasa asing, teknologi informasi dan lain sebagainya.

Perlu anda ketahui, ada kisah seorang anak yang disekolahkan hingga keluar negeri bahkan menjadi professor disana. Namun ketika orang tuanya meninggal anak tersebut pulang. Setelah pulang, karena anak tersebut semasa kecil tidak diberikan pendidikan agama ada beberapa bahaya yang terjadi disaat orang tuanya meninggal, yaitu:

– Anak tersebut tidak tahu cara mengurusi jenazah orang tuanya, memandikan,mengafankan, menyolatkan dan juga menguburkan.
– Anak tersebut tidak tahu cara berbuat amal untuk orang tuanya didalam kubur
– Anak tersebut hanya datang, melihat dan pulang kembali keluar negeri

Ya, apakah jika seperti itu anda sudah berhasil mendidik anak, mengantarkan anak menjadi orang yang sukses dan berpendidikan tinggi? Sepertinya setelah anda berada di kubur baru anda menyadari bahwa sejatinya anda gagal dalam mendidik anak dan mengantarkan anak menjadi orang yang berpendidikan tinggi. Bagaimana dengan kebanggaan anda terhadap anak pada saat ia sedang kulyah diluar negeri dan bahkan menjadi ilmuan di luar negeri? Kebangga anda hanya seketika, dan lenyap oleh pahitnya tetesan air mata anda yang mengalir di pipi.

apakah anda melakukan 4 kesalahan berbahaya kepada anak anda

Baik, mungkin masih banyak lagi kesalahan berbahaya yang anda lakukan kepada anak anda yang bisa berbahaya bagi hidupnya dan masa depan anda dan anak anda. Namun meskipun baru tertulis 4 kesalahan berbahaya, penulis berharap bisa memberikan nilai manfaat bagi anda sebagai orang tua dan bagi anda sebagai anak agar saling memahami dan mengerti hak dan kewajiban seorang anak dan orang tua yang harus dipenuhi.

Sepertinya apabila anda telah bisa meninggalkan 4 kesalahan berbahaya terhadap anak anda, kemungkinan besar anda bisa menjadi orang tua yang berhasil dan menjadi orang tua yang dijadikan suri tauladan oleh ananknya baik ketika anda masih ada dan bahkan anda telah wafat kebaikan anda akan dikenang dalam sepanjang sejarah keluarga besar anda.

Yup, berhati-hati juga bagi anda yang suka marah, bahaya marah bukan hanya itu saja. Tetapi masih ada lagi. Yaitu bahaya marah bisa membuat bahaya bagi diri anda sendiri.