Apakah Anda Melakukan Kesalahan Berbahaya Ini Ketika Mencuci Baju Batik?

Author - April 18, 2015

Hai, apakah anda melakukan kesalahan berbahaya ini ketika mencuci baju batik? Ya, bagi anda yang pencinta batik sepertinya mulai detik ini anda harus sedikit memberikan perhatian yang lebih dibandingkan baju-baju biasa anda. Mengapa? Karena baju batik ini tidak bisa anda perlakukan seperti biasanya. Ia memiliki perbedaan dan perhatian khusus dalam perawatannya terutama disaat anda mencucinya.

kesalahan berbahaya bagi keawetan baju batik

Ya, benar sekali. Mungkin bagi anda yang terheran-heran mengapa baju batik anda mudah pudar warnanya atau terjadi sedikit perubahan warna yang mengakibatkan anda kurang percaya diri ketika menggunakannya sepertinya anda telah melakukan kesalahan berbahaya ini ketika mencuci baju batik anda.

Ya, ternyata banyak juga orang yang kurang paham dan tidak mengerti bagaimana cara mencuci baju batik ini dengan benar. Sebenarnya dalam mencuci baju batik ini tidaklah rewel seperti apa yang anda anggap. Namun yang penting anda tahu saja cara mencuci yang benar, maka baju batik anda akan aman dan awet tentunya.

Ya, apabila baju batik anda telah rusak dan pudar warnanya, coba anda tanyakan apakah anda telah melakukan kesalahan berbahaya ini ketika mencuci baju batik anda?

– Mencuci menggunakan mesin cuci

Hai, ini memang alternatip yang cepat. Namun ini menjadi kesalahan yang membahayakan baju batik anda. Jangankan baju batik yang special ini. Baju biasa saja bisa pudar dan bahkan rusak apabila anda mencuci menggunakan mesin cuci.

– Mencuci menggunakan sabun deterjen

Hai, anda sering mencuci menggunakan sabun deterjen? Atau apakah pembantu anda sering mencuci menggunakan deterje? Ya, apabila itu untuk baju yang biasa-biasa sepertinya tidak bermasalah. Namun apabila anda mencuci baju batik menggunakan deterjen hal ini bisa berdampak bahaya bagi baju batik anda. Yaitu warnanya akan pudar dan tidak awet. Mengapa? Yup, coba anda tanyakan kepada tangan anda sendiri setelah mencuci menggunakan deterjen, tentunya tangan anda bisa panas dan bisa mengelupas bukan? Ya, begitu juga nasib baju batik anda jika anda mencuci menggunakan deterjen.

kesalahan berbahaya ketika mencuci baju batik

– Merendam terlalu lama

Ya, bagi anda yang hobinya merendam baju boleh-boleh saja. Tetapi untuk baju batik yang satu ini anda harus menarik diri ketika berniat untuk memperlakukan hal yang sama. Karena disaat anda merendam terlalu lama dan terkadang anda bisa terlupakan oleh rendaman anda karena kesibukan dan kelupaan hingga beberapa hari di rendaman. Ini sangat berbahaya dan dapat merusak warna dari baju batik anda.

– Menyikat baju batik dengan keras

Hai, baju batik anda kotor? Anda tidak perlu menyikat dengan sekeras tenaga anda atau dengan kemampuan otot. Lakukanlah cara-cara yang lembut serta tidak terlalu keras. Apabila anda menyikat dengan paksa, maka bukan saja kotoran tersebut yang pergi namun kecerahan baju batik anda juga akan lenyap.

– Menjemur di tempat yang panas

kesalahan berbahaya ketika mencuci baju batik bisa merusaknya

Hutr. Ini berbahaya. Diharapkan barang-barang milik anda jangan anda perlakukan seperti ini. Disaat anda menjemur di tempat yang panas terutama pada baju batik maka hal ini sangat mempercepat terjadinya pemudaran terhadap warna dan kwalitas baju anda.

Yup agar anda tidak melakukan kesalahan berbahaya, disini ada sedikit cara untuk menghindari dari kerusakan atau pudarnya pada baju batik anda, yaitu:

– Gunakan sabun mandi atau kulit jeruk

Ini solusi bagus bagi baju batik anda. Disaat baju batik anda kotor anda bisa menggunakan alternatip ini dengan cara menggosok dengan sabun mandi atau kulit jeruk di bagian yang terkena kotoran. Setelah itu anda bisa membilasnya. Ini cara yang sangat mudah. Sabun mandi dan kulit jeruk adalah alat yang paling lembut dan aman bagi baju batik anda. Mari di buktikan.

kesalahan berbahay dalam mencuci baju batik

– Merendam dengan air hangat

Yah, benar sekali. Anda tidak perlu harus merendam beberapa jam dengan deterjen. Namun untuk membuat kepuasan batin anda terhadap kebersihan baju batik ini. Anda bisa merendam baju batik dengan air hangat dengan kisaran waktu 10 menit. Apabila baju anda terlihat sudah bersih, maka anda tidak perlu menggunakan sabun atau kulit jeruk.

– Menjemur di tempat jemuran yang aman

Biasanya anda telah menyiapkan tempat jemuran pakaian yang aman bagi pakaian anda. Tempat yang tertutup dan aman dari panas matahari serta hujan. Tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin, hehehe. Ini sangat baik bagi keawetan warna baju batik anda.

– Sabun khusus

Apabila anda masih ragu dengan cara-cara diatas anda bisa mendatangi toko-toko yang menjual deterjen khusus untuk baju batik. Mungkin harganya saja yang agak lumayan mahal. Namun tidak apa-apa yang pasti tidak semahal baju batik anda.
Yup, ternyata capek juga ya mengurusi baju batik ini? Tentunya tidak ya, karena baju batik ini merupakan baju special anda. Hal ini bisa membuat kebanggaan bagi anda untuk menjadikan baju batik menjadi baju yang tidak sembarangan, baik dalam penggunaan dan juga dalam perawatan.

kesalahan berbahaya ketika anda mencuci baju batik

Mungkin masih banyak lagi kesalahan berbahaya yang bisa merusak baju batik anda disaat mencucinya. Namun meskipun hanya sedikit poin kesalahan berbahaya yang saya tuliskan ini diharapkan bisa memberikan manfaat yang berarti bagi keawetan baju batik kesayangan anda.

Oh ya, anda sudah tahu dengan penyakit meningitis? Informasi buat anda, bahwa Bahaya penyakit meningitis bisa menyebabkan kematian.