Apakah Berbahaya Jika Tertusuk Paku Berkarat dan Bisa Menyebabkan Tetanus?

Author - September 15, 2015

Mungkin sering anda bertanya. Apakah berbahaya jika tertusuk paku berkarat dan bisa menyebabkan tetanus? Ya, pertanyaan ini sepertinya akan sering melintas di pikiran anda. Karena sebagian besar anda beranggapan bahwa tetanus tersebut disebabkan oleh tertusuk paku berkarat.

Hal ini dikarenakan banyak dan sebagian besar ada teman-teman dan orang dekat anda yang mengalami tetanus melalui tertusuknya paku berkarat. Namun perlu juga anda ketahui bahwa tetanus tersebut tidak semuanya berasal dari tertusuk paku berkarat. Tetanus bisa juga berasal dari gigitan hewan, luka bakar dan bisa juga disebabkan luka terkena paku berkarat tadi.

Kenali bagaimana bahaya paku berkarat bisa menyebabkan tetanus

bahaya tertusuk paku berarat menyebabkan tetanus

Nah, mungkin anda tertanya-tanya. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Ya, awalnya tetanus ini berasal dari bakteri yang berbahaya yang disebut Clostridium Tetani. Nah bakteri ini biasanya berada di daerah yang kotor seperti debu, kotoran hewan, karat besi, paku berkarat, ujung jarum berkarat dan termasuk ujung jarum medis yang tidak sterill.

Nah, bagaiamana jika anda tau-tau terkena paku, tau-tau kaki anda pegal dan keluar darah? Melihat dari beberapa kejadian tertusuk paku tentunya beraneka ragam. Ada yang berbahaya dan ada juga tidak berbahaya. Artinya ada yang berdampak pada tetanus yang harus di lakukan penanganan yang tepat dan ada juga yang tidak berdampak serius.

Dalam hal ini anda bisa merasakan seberapa besar dan dalam luka tusukan paku tersebut yang mengenai kaki anda. Jika lukanya dalam dan paku yang tertusuk tadi memang kotor. Maka alangkah baiknya anda segera mendatangi rumah sakit terdekat agar segera dilakukan penanganan yang khusus.

Karena tidak ada yang mengetahui apakah saat tertusuk paku tersebut ada backteri tetanus yang masuk terbawa paku ataupun tidak. Biasanya anda baru menyadari setelah beberapa hari dan minggu setelah gejala-gejala tetanus mulai anda rasakan. Nah, hal ini tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan anda nantinya.

Apa gejala-gejala yang mungkin anda rasakan ketika mengalami tanda bahaya tetanus ini? Awalnya setelah tertusuknya paku tadi. Anda mulai merasakan otot sekujur tubuh anda semakin lama semakin menegang. Terutama otot pengunyah di area mulut, pipi serta pada bagian otot punggung.

Anda juga akan mengalami kendala ketika akan mengunyah dan menelan. Diiringi oleh rasa badan yang kurang enak seperti demam, kejang dan sebagainya.

Nah, karena tidak ada yang tahu ketika anda tertusuk paku berkarat tersebut bisa berbahaya hingga tetanus ataupun tidak. Maka sebelum bahaya tersebut terjadi pada anda. Sebaiknya anda segera membawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan segera dan tepat.

Ambillah keputusan tepat ketika terkena tusukan paku berkarat

bahaya tertusuk paku menyebabkan tetanus

Sepertinya anda tidak perlu menunggu tanda-tanda itu muncul terlebih dahulu ketika anda terkena paku tentunya. Karena anda juga akan setuju dengan kami bahwa penyembuhan lebih susah daripada pencegahan.

Membawa ke dokter dalam waktu yang cepat dan segera tentunya bagian dari cara pencegahan agar bahaya tetanus tersebut tidak terjadi pada anda, karena tertusuk paku berkarat merupakan salah satu penyebab masuknya bakteri tetanus yang bisa menyebabkan bahaya tetanus.

Terimakasih telah membaca artikel Apakah berbahaya tertusuk paku berkarat dan bisa menyebabkan tetanus?. Semoga bermanfaat dan agar anda tidak ragu-ragu untuk mengambil tindakan yang cepat dan tepat demi kesehatan anda.

Oh ya, mencegah memanglah lebih mudah dari pada mengobati. Namun, rasa malas untuk mencegah terjadinya bahaya-bahaya yang bisa terjadi pada diri anda tentunya seringkali menghantui diri anda. Nah untuk yang satu ini jika bisa anda cegah sebaiknya cegahlah. Yaitu bahaya jatuh dari kamar mandi, karena bisa berakibat fatal bagi nyawa anda.