Bahaya Anak Kecil Kecanduan Rokok Bagi Sikap Dan Prilakunya

Author - May 14, 2015

Hai, tahukah anda bahaya anak kecil kecanduan rokok bagi sikap dan prilakunya? Ya, bagi anda sebagai orang tua tentunya sangat tidak menginginkan anak kecil anda yang pintar dan cerdas tersebut masuk kedalam lingkaran anak-anak yang nakal. Salah satunya bergabung dengan anak-anak yang masih kecil sudah merokok. Hal ini tentunya membuat ketenangan jiwa anda akan terganggu dan rasa percaya kepada anak anda semakin berkurang.

bahaya anak kecil kecanduan rokok bagi sikap dan prilakunya

Benar sekali. Sebagai orang tua yang baik dan sayang kepada anak-anaknya, pasti anda mempertimbangkan hal ini dan juga telah merencanakan masa depan anak anda dengan planning dan arahan yang telah anda siapkan dan rencanakan bersama keluarga di rumah. Nah, termasuk salah satu penyebab terkendalanya cita-cita tersebut adalah apabila anak anda telah terjerumus kepada pergaulan bebas dan salah memilih teman. Ya, sepertinya ia akan belajar merokok dan berlajut kepada kecanduan terhadap rokok hingga berdampak bahaya bagi sikap dan prilakunya.

Bahaya merokok memang sangat berdampak bagi kesehatan anda dan juga orang yang berada disekitar anda. Namun ternyata tidak hanya di situ, bagi anak anda yang masih kecil ketika ia sudah kecanduan merokok hal ini akan memberikan perdedaan dan perubahan sikap dan prilakunya sehari-hari terutama kepada kedua orang tua dan teman-temannya.

Hal ini sangat mengganggu dan merusak pertumbuhan dan kemajuan sikap prilaku yang menuju kepada kebaikan dan kejayaan. Nah disaat seseorang telah mengalami kemunduran sikap dan prilaku, tentunya akan berdampak bahaya bagi kwalitas hidupnya dimasa mendatang. Ya, oleh karena itu mari kita lihat bagaimana bahaya anak kecil kecanduan rokok bagi sikap dan prilakunya? Ya, bahaya-bahaya tersebut adalah sebagai berikut :

– Akan bersikap dan prilaku berbeda serta aneh

Hai, para orang tua, apakah anda sering melihat anak anda mengalami perubahan kepada sikap dan prilaku berbeda serta aneh? Ya, disaat anda melihat perubahan ini sepertinya anda bisa mendalaminya untuk lebih dalam lagi. Anda harus memperhatikan dengan tanpa ia sadari, kebiasaan apa yang terjadi pada anak anda ini sehingga ia mengalami perubahan sikap dan prilaku serta menjadi aneh.

Ternyata ketika anak anda mengalami ketagihan terhadap rokok, maka kebiasaan-kebiasaan seorang perokok akan muncul kepada dirinya dan menjadi kebiasaanya. Nah disaat ia ketakutan di ketahui oleh anda tentang hal tersebut, maka ia seringkali menunjukkan sikap dan prilaku yang berbeda serta aneh. Dan tentunya sikap dan prilaku seorang perokok lama-kelamaan akan terbiasa oleh anak anda. Nah ketika ini anda akan merasa anak anda tumbuh namun tidak seperti apa yang anda harapkan.

bahaya anak kecil kecanduan rokok bagi sikapnya

– Mulai sering berbohong dan curang

Memang yang namanya sesuatu yang kecanduan tersebut sangatlah berbahaya, nah ketika bahaya kecanduan rokok tersebut terjadi pada anak kecil anda, maka dikarenakan ia takut di ketahui oleh anda bahwa ia sudah kenal rokok dan juga ketagihan dengan rokok alhasil ia akan menutupi hal tersebut dengan berbagai cara. Baik cara berbohong dan begitu juga dengan cara-cara lainnya dengan ngeles atau mulai pintar membuat alasan-alasan.

Bagaimana dengan bahaya kecanduan rokok bagi anak kecil bisa merusak sikap dan prilakunya yaitu salah satunya lagi adalah bersikap curang? Ya, ketika anak anda tidak memiliki penghasilan sendiri dan untuk merokok ia terpaksa mengambil dari jatah uang jajan, maka hal ini akan menjadikannya kesulitan hingga terpaksa memutar otak. Nah karena ketagihan rokok tidak bisa di bendung lagi, maka ia akan mencurangi uang jajan, biaya sekolah dan juga uang bensin untuk dipergunakan sebagai alat untuk mendapatkan rokok tersebut.

bahaya anak kecil kecanduan rokok

– Berkurangnya keseriusan dalam belajar

Ya, bahaya berikutnya dari bahaya anak kecil kecanduan rokok bagi sikap dan mentalnya adalah berkurangnya keseriusan dalam belajar. Mengapa demikian? Ya, ketika anak anda sangat menikmati sebuah kenikmatan rokok maka dalam setiap hari ia akan senantiasa menyempatkan waktunya untuk menikmati rokok. Nah karena waktunya begitu full untuk belajar, maka ia terpaksa mencuri dan bolos ketika jam-jam belajar.

Ya, benar sekali, ketika anak anda sudah ketagihan terhadap rokok hal ini sangat berbahaya sekali. Dalam kesdarannya telah mengatakan bahwa daripada belajar dan pusing-pusing lebih baik keluar atau bolos untuk merokok. Ya, ini sangatlah mempengaruhi kwalitas ilmu yang bisa ia serap dan akan berdampak bagi kesuksesannya di masa depannya.

bahaya anak kecil kecanduan merokok

Ya, bagi anda yang memiliki anak kecil tentunya anda harus memperhatikan anak anda dengan penuh perhatian tanpa mengabaikan rasa kasih sayang terhadapnya. Biasakan bersikap dan berprilaku yang baik, lemah lembut kepada anak anda, supaya ia sangat damai bersama anda dan bersama keluarga. Karena penyebab yang bisa menjadikan anak anda terpengaruh kepada kehidupan di luar sana adalah disebabkan oleh kenyamanannya di rumah dan bersama anda yang kurang nyaman, sehingga ia lebih nyaman hidup bersama teman-temannya diluar dari pada bersama anda.

Semoga artikel Bahaya anak kecil kecanduan rokok bagi sikap dan prilakunya bisa bermanfaat bagi anda dan juga anak anda. Agar bagi anda yang memiliki anak kecil tidak terjerumus pada kecanduan rokok ini, karena yang ditakutkan bahaya-bahaya yang ada diatas bisa terjadi pada anak anda.

Untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan baru kepada diri anda dan juga anak anda, sepertinya alangkah baiknya anda mengenali apa itu rokok, bahan-bahan pembuat rokok, zat-zat apa yang ada di rokok dan masih banyak lagi yang bisa anda lihat di wikipedia.org ini.

Namun sebelum mengakhiri artikel ini perlu juga anda ketahui bahwa bahaya dari merokok ternyata tidak hanya sampai di situ. Melainkan bahayanya bisa menjalar menuju bahaya lainnya. Salah satunya ketika seseorang sudah kenal dengan rokok, maka ada kemungkinan ia akan tertarik untuk mencoba narkoba. Nah ini dia bahaya kenikmatan rokok bisa mengantarkan anda untuk mencicipi kenikmatan narkoba.