Bahaya dan Solusi Tertelan Permen Karet Pada Anak-Anak

Author - September 4, 2016

Permen karet merupakan permen yang sangat di gemari oleh anak-anak. Namun tak jarang orang tua dibuat kewalahan oleh keinginan anak-anak untuk jajan permen karet. Tidak ada batas dan bahkan tidak bisa di ingatkan.

Sesulit apapun orang tua tetap harus bisa mengingatkan anak-anaknya untuk sedikit berhati-hati ketika terlalu sering jajan permen karet. Karena ketika salah dan kelupaan ternyata tidak sedikit permen karet yang tertelan. Inilah yang membuat sedikit bahaya yang bisa mengganggu kesehatan anak dan akhirnya ketenangan orang tua juga kabur.

bahaya permen karet tertelan

Karena sulitnya anak-anak anda untuk di ingatkan, maka perlu juga anda ketahui sedikit penjelasan mengenai bahaya dan solusi apabila anak anda tertelan permen karet, baik tahap pertama maupun tahap lanjutan agar jika anak anda tertelan permen karet setidaknya anda bisa mengambil langkah-langkah untuk mengamankan anak anda dari bahaya.

Komposisi Permen Karet

Permen karet merupakan jajanan yang di peruntukkan hanya untuk di kunyah dan di hisap rasanya. Tidak untuk di peruntukkan di telan. Mengapa demikian? Karena pada umumnya permen karet memiliki komposisi sebagi berikut: lemak, emulsifier, antioksidan, zat pengisi, pewarna, perasa, pengawet dan pemanis.

Zat-zat di atas merupakan bahan yang elastis. Bahan tersebut sangat lunak sehingga tidak akan habis di kunyah. Bagaimana jika permen karet tertelan olah anak-anak? Berbahayakah?

Meskipun permen karet tidak bisa di kunyah habis, asalkan tidak tertelan dalam jumlah yang banyak dan juga dalam kurun waktu terlalu sering, bahkan ada anak-anak yang membiasakan menelan permen karet sejak beberapa tahun. Ini sangat membahayakan kesehatannya dan bahkan nyawanya. Adapun beberapa bahaya permen karet yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut:

1. Keselak & Tersedak

Pernahkah anda terselak ketika meneguk air? Ya, air saja yang cair dan mudah mengalir bisa terhambat ketika masuk dari mulut menuju ke usus melalui tenggorokan. Hal ini terjadi karena mulut bukan hanya bekerja membawa makanan atau minuman, tetapi juga bertugas memasukkan udara ke paru-paru. Ketika terselak maka terjadi kesalahan pada saluran tenggorokan. Karena terselak tersebut biasanya masuknya makanan atau minuman dengan tanpa disadari atau direncanakan. Seperti ketika sedang makan tau-tau terkaget juga merupakan salah satu penyebabnya. Nah sekarang! apakah terselak dan tersedak ini menyebabkan bahaya?

Bahaya tertelan permen karet

Meskipun terselak dan tersedak ini tidak menyebabkan bahaya yang teramat, namun tentunya rasa sakit dan nyeri tidak bisa dipungkiri. Bahkan membuat sakitnya tenggorokan tidak bisa hilang dalam beberapa waktu.

Permen karet yang tertelan oleh anak bisa menyebabkan bahaya terselak dan tersedak. Karena ketika ia menelan ada dua kemungkinan prosesnya:

1. Menelan dengan disengaja
2. Menelan tanpa disengaja

Masih mendingan menelan dengan sengaja. Setidaknya cairan air liur sudah disiapkan dan bisa membantu mengantarkan masuknya permen karet tersebut. Namun jika menelan tanpa disengaja bisa-bisa membuat permen karet tersangkut di tenggorokan dan mengganggu saluran pernafasan yang bisa berakibat fatal.

Bagaimana solusinya jika anak-anak tertelan permen karet yang mengakibatkan terselak dan tersedak ini?

 

• Bantu menggunakan tangan untuk mengeluarkannya jika masih bisa di capai.

Biasanya permen karet yang membuat tersedak ini belum masuk terlalu dalam ke tenggorokan, melainkan masih di permukaan atas dan mungkin juga masih terlihat. Jika hal ini terjadi, anda bisa menjangkau dengan jari telunjuk anda untuk segera mengaluarkannya. Meskipun hal ini memerlukan sedikit keberanian, tetapi demi keselamatan anak tentunya anda harus melakukannya.

• Batukkan dan muntahkan sambil membantu menepuk dari belakang

Memang tidak mudah mengeluarkan barang asing yang sudah masuk ke dalam tubuh. Namun dengan sedikit kegigihan tentunya akan berhasil. Paksalah anak anda untuk memuntahkan permen karet yang tertelan tadi dengan cara merangsangnya dengan membatukkan dan anda membantu memukul daerah punggung atas beberapa kali.

• Melakukan bantuan dengan manuver Heimlich

Apabila beberapa langkah di atas tidak kunjung berhasil. Anda jangan menyerah. Karena dengan cara manuver Heimlich ini mudah-mudahan memberi solusi yang baik. Cara ini anda bisa melakukan dengan:

  • Melingkarkan tangan anda tepatnya di pinggang, dengan posisi di antara pusar dan pertemuan iga kiri dan kanan.
  •  Anda menghentakkan tangan ke atas, sambil menarik tubuh anak ke belakang.
  • Ulanglah cara ini beberapa kali, sambil memperhatikan perkembangannya. Apabila semakin membaik anda bisa meneruskan hingga permen karet tersebut bisa keluar. Akan tetapi apabila tidak ada perkembangan segeralah anda menemui dokter.

mengatasi bahaya permen karet yang tertelan

• Pertolongan medis dengan melakukan Trakeotomi

Ketika permen karet yang tersumbat sangat membahayakan anak anda. Pihak medis bisa melakukan tindakan Trakeotomi dengan membuat saluran pernafasan buatan, agar pernafasan yang tersumbat tadi bisa di atasi untuk sementara waktu sebelum permen tersebut bisa dikeluarkan.

2. Gangguan di saluran pencernaan

Bagi anak-anak yang suka menelan permen karet setiap hari dalam jumlah yang banyak dan dalam kurun waktu yang lama, hal ini sangatlah tidak bagus. Karena dapat mengganggu sistem pencernaannya. Seperti anak wanita di Israel yang berusia 18 tahun mengalami sakit perut, setelah di periksa perutnya dipenuhi gumpalan permen karet yang tidak mampu dicerna oleh usus. Hal ini terdapat pada jurnal Gastrointestinal Endoscopy. Setelah di ketahui anak tersebut menelan lima buah permen karet dalam sehari dan selama beberapa tahun.

Adapun beberapa gangguan yang terjadi pada pencernaan disebabkan oleh menelan permen karet dalam jumlah banyak dan waktu yang lama adalah sebagai berikut:

• Penyumbatan usus, keluar air liur terus, mual dan muntah.

Meskipun tidak di temukan banyak komplikasi yang disebabkan menelan permen karet. Tetapi perlunya ke hati-hatian dan agar lebih amannya lebih baik menghindari menelan permen karet tersebut. Karena ketika terjadi gangguan di pencernaan maka bisa menyebabkan penyumbatan di usus, keluar air liur terus, mual dan jika lebih parah lagi mengakibatkan muntah.

Bagi anak yang mengalami tanda-tanda seperti di atas, tentunya tidak bisa di biarkan, segeralah membawakan diri ke dokter agar mudah di deteksi dan jika terjadi gangguan bisa di sembuhkan sedini mungkin.

Bagaimana jika anak anda tertelan permen karet namun hanya satu buah? Nah perlu di ketahui bahwa organ tubuh kita sejatinya telah diciptakan sesempurna mungkin oleh sang pencipta. Setiap organ bekerja dengan baik dan sempurna sesuai fungsinya. Mungkin anda pernah tertelan biji buah rambutan bukan?

Ya, Buktinya jika biji rambutan tersebut yang 1 biji saja aman. Mudah-mudahan permen karet yang 1 buah juga aman . Hingga sekarang belum ada yang tumbuh di perut, bukan? Hehehe .

Akan tetapi usus bekerja dengan baik untuk mengantarkan biji rambutan tersebut hingga keluar bersama tinja. Nah begitu juga dengan 1 buah permen karet yang tertelan tadi. Asalkan tidak dalam jumlah yang banyak dan terlalu sering. Karena apa? Tentunya karena jika kebanyakan usus anak anda akan kerepotan mengolahnya. Hehehe.

Nah,Seandainya juga jika hanya tertelan 1 buah permen karet, anda bisa menyuruh anak anda meminum air putih yang banyak, memakan makanan yang berstruktur lembut, mengandung serat dan lembut seperti jely dll.

3. Kematian

Apakah anda kenal Samantha Jenkins? Ya, Ia berasal dari Llanelli, South Wales. Pada 3 Juni 2011 ia meninggal dunia dengan usia 19 tahun. Ia meninggal di saat perjalanan menuju rumah sakit dan saat itu sedang bersama ibunya sendiri.

Lebih kurang 14 stik permen dan di telannya dalam sehari. Alhasil, muncul benjolan di perut karena terdapat kandungan mineral dalam tubuh yang terlalu tinggi. Dr Paul Griffiths mengatakan permen karet yang ada pada sistem pencernaanya tersebut mencegah mineral untuk bisa di absorpsi. Hal tersebut mengakibatkan ia meniggal dunia.

4. Mengurangi kesopanan

Tanpa disadari terkadang anak-anak terbiasa mengunyah permen karet kemanapun ia pergi. Bahkan ketika sedang berbicara kepada orang yang lebih tua, seperti: guru, saudara, kakek, nenek dan orang tua ia sambil mengunyah. Kebiasaan ini tentunya membentuk kepribadian yang kurang baik. Bahkan anak ini akan tumbuh dengan kebiasaan kurang sopan.

Meskipun ini bukan berdampak pada bahaya yang urgen pada kesehatan, akan tetapi hal ini juga harus menjadi perhatian orang tua. Karena akan berdampak pada kepribadian dan sosialnya.

Manfaat Mengunyah Permen Karet

Nah, ini ada nilai positif. Nikmatnya permen karet ternyata memberikan nilai manfaat bagi penggemarnya. Tentu dengan tidak membiasakan menelannya. Dengan sering mengunyah permen karet ada beberapa manfaat yang bisa di dapatkan. Yaitu sebagai berikut:

• Mengurangi stress

Anda pernah melihat pemain sepak bola sering mengunyah ketika bermain bola? Ya, tentunya bukan hal yang asing lagi. Pemain sepak bola mengunyah untuk mengurangi rasa haus dan yang lebih penting lagi membuat mereka enjoy dan asik dengan pertandingannya. Meskipun jantung, dan pikirannya tidak tenang. Mengapa tidak tenang? Ya, Tentunya tidak tenang memikirkan lawan, goal dan mengenai kemenangannya. Dengan mengunyah permen karet ternyata stress yang ada bisa di usirnya, akhirnya ia bisa bermain sepak bola dengan penuh semangat.

bahaya permen karet bagi anak

• Meningkatkan Kesehatan Mulut

Ada satu jenis permen karet yang dikenal tanpa gula. Nah, permen karet ini bisa merangsang produksi air liur yang bisa membuat kesehatan mulut membaik. Karena fungsi air liur sebagai antibakteri yang melumas sisa-sisa makanan, gula dan asam lainnya yang mengganggu kesehatan mulut tersebut bekerja dengan efektif.

• Meningkatkan kekuatan mental

Beberapa psikolog berpendapat permen karet dapat meningkatkan aktivitas otak dan meningkatkan satu memori. Dengan gerakan mengunyah berdampak pada stimulus pada otak. Pada bagian otak yang mengontrol memori akan terangsang. Di samping itu permen karet dapat meningkatkan detak jantung yang akan meningkatkan oksigen yang masuk ke otak secara efektif.

Nikmatnya permen karet begitu menggoda sekali bagi anak-anak yang menyukainya. Terdapat nilai positif dan juga negatif yang mengelilinginya. Meskipun permen karet bukanlah permen yang berbahaya. Akan tetapi sepertinnya patut juga anda mengingat kembali pepatah yang mengatakan “Mencegah lebih baik daripada mengobati”.

Sumber :
1. http://surabayanews.co.id/2016/05/20/60238/inilah-yang-terjadi-pada-usus-ketika-permen-karet-tertelan.html
2. http://www.rumahsalam.com/2016/04/inilah-tindakan-yang-harus-dilakukan.html
3. http://halosehat.com/gaya-hidup/kebiasaan-buruk/bahaya-menelan-permen-karet
4. http://adelia-dhanti.blogspot.co.id/2012/10/5-manfaat-mengunyah-permen-karet-akibat.html