Bahaya Film Kartun Bisa Mempengaruhi Kwalitas Kepribadian Anak-anak Anda Menjadi Menurun

Author - September 11, 2015

Hai, bagaiamna dengan bahaya film kartun yang bisa mempengaruhi kwalitas kepribadian anak-anak anda menjadi menurun? Ya, siapa yang tidak mengenal film kartun, sudah pasti siapapun orangnya baik itu anak kecil sampai dengan orang dewasa sudah tentu mengetahui film kartun, hasil karya orang jepang yang sudah merambah ke negara Asia ini telah banyak bisa anda lihat di beberapa stasion televisi di tanah air. Hampir seluruh stasion televisi swasta menayangkan film kartun untuk bisa menarik segmentasi anak-anak kecil pada khususnya. Meskipun pada kenyataannya orang dewasa pun banyak yang menyukai film kartun ini bahkan hingga larut terhadap film ini.

Tetapi dibalik bahaya film kartu ini ada beberapa segmen yang memanfaatkan kesempatan ini.Begitu banyaknya jenis serial film kartun yang ada saat ini, membuka jalan rezeki juga bagi beberapa penjual untuk dapat menawarkan produk-produk yang berkarakter kartun yang sedang trend saat ini. Salah satunya produk boneka, pakaian, accesoris ataupun yang lainnya. Produk ini paling cepat terjual khususnya karakter kartun yang sedang diminati oleh anak-anak.
Semenjak bermunculan station televisi swasta, semenjak itulah film kartun mulai muncul dan tayang di beberapa station televisi. Begitu juga bahaya film kartun terhadap anak anda sedikit demi sedikit menjalar dalam kepribadiannya.

Tayangan ini begitu menghipnotis semua orang, khususnya di saat hari libur seperti hari sabtu dan minggu. Film kartun ini selalu ditayangkan dipagi hari untuk membuat anak-anak betah di rumah. Tetapi apakah anda tahu dengan beriringnya waktu, karya-karya film kartun ini tanpa disadari mungkin tidak sejalan dengan apa yang diharapkan oleh anda sebagai pihak penonton maupun orangtua dimana isi dari film kartun ini bisa berdampak bahaya bagi kepribadiannya.

Kenali film kartun dan dampak bahaya film kartun terhadap kepribadian anak-anak anda

bahaya film kartun bagi anak anak anda

Penayangan film kartun ini yang jelas merupakan tayangan luar dan bertolak belakang dengan budaya tempatan, mungkin tidak memberikan edukasi yang positif dalam setiap penayangannya. Oleh itu anda harus benar-benar cermat untuk memilihkan film kartun yang tepat dan memiliki nilai positif bagi pertumbuhan kepribadian anak anda.

Disini ada beberapa film kartun yang telah hadir dalam kehidupan anak-anak anda yang mungkin tanpa sadari memiliki nilai dan pengaruh yang besar terhadap kepribadian anak anda. Adapun beberapa film kartun tersebut adalah sebagai berikut:

• Upin Ipin

Masih asingkah anda dengan Upin Ipin? Ya, Untuk film kartun yang satu ini sepertinya anda sudah tidak asing lagi. Karena anda bisa menonton di salah satu stasion televisi tanah air. Dalam karakternya, anak kembar dengan peran upin ipin ini sangat di senangi banyak orang dan mungkin termasuk anda, karena memberikan tontonan yang masih terbilang positif bagi anak-anak anda. Karakter yang di tampilkan selalu memberikan tontonan yang mendidik dalam setiap seriesnya. Tetapi, anda sebagai orang tua bukan berarti dapat melepas anak-anak anda untuk menonton film kartun sembarangan, termasuk film ini. Karena film ini bercirikan khas budaya suatu daerah tertentu. Nah, tentunya budaya suatu daerah sangat berbeda dengan ciri khas budaya anda. Tentunya jangan sampai anak-anak kecil anda mengenal budaya orang tetapi tidak mengenal budaya sendiri. Nah, budaya sendiri juga harus tertanam dalam kepribadian generasi penerus yaitu anak-anak kecintaan anda.

Mulai dari bahasa yang sangat menonjol dalam komunikasi di dalam film ini. Sehingga hal tersebut akan berpengaruh terhadap pertumbuhan kepribadian anak-anak anda. Oleh sebab itu, masih diperlukan pendampingan dalam menonton film kartun ini agar komunikasi yang baik dan tujuan yang diberikan pada setiap seriesnya dapat tersampaikan terhadap anak-anak anda.

• Doreaemon

Untuk film kartun jepang ini pastilah semua mengenalnya, Doraemon dengan kantong ajaibnya itu begitu menarik untuk ditonton. Doraemon telah mengeluarkan series yang begitu banyak setiap tayangannya. Pemain utama dalam film kartun yang satu ini adalah seekor kucing dengan kantong ajaibnya dan Nobita membuat anak-anak tidak pernah bosan untuk menontonnya. Tetapi, tanpa anda sadari ada beberapa nilai yang disampaikan kurang tepat untuk anak anda. Untuk catatan pertama yang perlu anda perhatikan karakter nobita yang ditampilkan dalam kartun doraemon mencerminkan seorang anak yang pemalas, dan tidak pernah mau berjuang untuk memperoleh apa yang diinginkannya, catatan kedua doraemon memiliki karakter yang begitu lemas sehingga dengan kantong ajaibnya itu selalu dia gunakan untuk memudahkan kemauan dan keinginan nobita. Karakter nobita juga tidak mencerminkan karakter anak yang penurut bagi orangtuanya.

Untuk itu pendampingan orangtua dalam menonton tayangan kartun doraemon ini perlu anda perhatikan, agar tidak berdampak bahaya pada kwalitas kepribadian anak-anak anda.

bahaya film kartun terhadap kepribadian anak

• Marsha And Masha

Untuk jenis kartun yang satu ini sedang trend-trendnya saat ini, karakter marsha and masha yang diperankan oleh seekor beruang dan anak kecil telah menghipnotis anak-anak anda saat ini. Semua accessories yang berkaitan dengan kartun yang satu ini laku dipasaran dan menjadi favorit anak-anak sekarang. Tetapi, perlu anda ketahui karakter anak kecil yang ditampilkan dalam kartun ini memiliki karakter yang sangat jelek sekali. Banyak sekali setiap series yang ditayangkannya tidak bermuatan mendidik untuk anak-anak anda. Justru, anak-anak anda di ajarkan untuk membantah terhadap orangtua, dan memiliki sifat manja. Selain itu karakter anak nakal yang ditampilkan pada kartun ini juga sangat melekat. Sudah tentu hal ini memerlukan pendampingan untuk anak-anak anda.

• Sinchan

Kartun sinchan juga begitu terkenal di station televisi tanah air. karakter yang ditampilkan pada kartun sincahan ini kurang menampilkan edukasi yang positif bagi anak-anak. Karakter sinchan yang ditampilkan hanya memperlihatkan karakter seorang anak yang begitu nakal, jahil, dan bodoh. Walaupun teman-temannya selalu memberikan masukkan terhadap sinchan, tetapi anak laki-laki ini selalu memiliki seribu cara untuk melakukan kejahilan maupun kebodohan terhadap orang-orang disekitarnya. Selain itu karakter sincahan juga memberikan contoh yang tidak baik dalam bersosialisasi dalam pertemanan, sinchan pun kerap menapilkan kejorokan dalam kesehariannya. Untuk itu anda betul-betul selektif dalam memberikan edukasi yang baik untuk anak-anak tercinta.

• Tom And Jerry

Untuk kartun tom and jerry terbilang cukup lama dalam memperkenalkan film kartun. Antara kartun doraemon dengan tom and jerry ini lebih dulu ada ketimbang kartun-kartun yang lainnya. Tom adalah seekor kucing dan Jerry seekor tikus memberikan tayangan yang begitu menarik dan lucu dalam setiap penayangannya, setiap series ceritanya tidak hanya anak-anak saja yang menyukai film kartun ini, orang dewasa pun tidak akan pernah bosan untuk menonton tayangan film kartun ini. Dalam setiap seriesnya anda akan dibuat tertawa akan ulah tom and jerry ini. Catatan yang pertama yang dalam penayangannya tom and jerry selalu memberikan contoh sikap yang kurang baik untuk anak-anak. Tom and jerry selalu bertengkar setiap saat untuk permasalahan yang kecil. Yang kedua, tom and jerry memiliki sifat tidak pernah mau berbagi dengan sesama dan selalu membuat kekacauan dalam kondisi seperti apapun. Terlebih untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan bukan tontonan yang positif apabila kita membiarkan anak-anak anda untuk menonton jenis film kartun yang satu ini.

Pilihlah film kartun yang tepat agar tidak berbahaya bagi kepribadian anak anda

bahaya film kartun untuk kepribadian anak anda

Jika anak anda terlalu sering di suapin dengan film-film kartun yang diatas tentunya lama kelamaan akan berdampak bahaya terhadap kepribadiannya. Sedikit demi sedikit dan lama kelamaan anak anda akan meniru terhadap nilai-nilai yang diterimanya disaat menonton film tersebut. Tentunya hal ini sangat tidak anda harapkan. Mengapa? Ya, tentunya anda tidak mau anak anda menjadi anak yang malas, sering ribut, melawan orang tua, tidak memiliki nilai juang untuk berusaha terhadap sesuatu cita-cita dan masih banyak lagi dampak bahaya yang bisa terjadi pada anak anda nantinya. Alangkah baiknya untuk tontonan kartun anak anda. Anda telah memiliki film kartun yang cocok untuk menjadikan anak anda menjadi anak yang kuat, tegar, pantang menyerah, hormat terhadap orang tua dan juga berbudi pekerti.

Terima kasih telah membaca artikel Bahaya film kartun bisa mempengaruhi kwalitas kepribadian anak-anak anda menjadi menurun ini. Tentunya hal ini sangat mungkin terjadi jika anda tidak mengontrol dan mengawasi tontotan anak-anak anda. Semoga anak-anak anda tidak ketagihan dan meniru terhadap nilai kepribadian yang kurang baik untuk diterapkan dalam kesehariannya.

Oh ya, jika anda memiliki anak yang gemar bermain sepak bola, sepertinya anda sedikit berhati-hati dengan kegemarannya yang satu ini. Karena ketika ia bermain sepak bola sudah tentu ia akan menyundul bola. Bukannya apa, tetapi karena bahaya menyundul bola tersebut bisa berdampak fatal bagi kehidupannya dimasa mendatang. Mari lihat artikelnya yaitu menyundul bola berbahaya bagi anak-anak.

Masih banyak lagi bahaya-bahaya yang bisa terjadi dan telah terjadi pada orang lain. Mudah-mudahan tidak terjadi pada anda. Nah, siapa tahu dengan membaca artikel di Bahayapedia.com ini anda bisa meminimalisir dan menghindari sedikit demi sedikit bahaya-bahaya yang bisa merusak kehudapan dan kebahagian hidup anda bersama keluarga tercinta.