Bahaya Kecanduan Rokok Bisa Melumpuhkan Ekonomi Rumah Tangga

Author - May 14, 2015

Hai, tahukah anda bahaya kecanduan rokok bisa melumpuhkan ekonomi rumah tangga? Ya, bagi anda yang melihat orang yang kecanduan rokok terkadang anda menggeleng-geleng kepala dan terkadang anda mengelus dada sambil menghela nafas. Ini mungkin bentuk rasa simpati anda terhadap orang tersebut. Mungkin juga anda mengetahui latar belakang ekonomi orang tersebut, tetapi anda juga bingung. Bingung bagaimana? Sudah tahu ekonominya sangat rendah alias susah, namun beli rokok tidak pernah putus, hehehe.

bahaya kecanduan rokok

Banyak orang yang telah berniat untuk berhenti merokok, namun karena kecanduan tingkat tinggi maka ia sangat sulit sekali untuk berhenti dari merokok ini. Bahkan dengan cara-cara apapun telah di lakukan untuk berhenti merokok, namun setelah beberapa bulan tetap saja merokok lagi. Nah sepertinya orang seperti anda ini cocok membaca artikel yang satu ini yaitu, tahukah anda, ada 1 cara berbahaya yang berhasil menyembuhkan anda dari ketagihan merokok?

Ya, mari kita kembali membahas bahaya kecanduan rokok bisa melumpuhkan ekonomi rumah tangga yuk. Begini, tenyata banyak juga orang yang telah menyadari betapa bahayanya rokok ini bagi ekonomi rumah tangganya. Mungkin karena ia pernah mengalami ekonomi terpuruk dan termasuk yang mengganggu kehidupannya adalah kecanduan merokok. Oleh itu ia mampu melawan dan berhenti dari kecanduan rokok yang berbahaya ini. Namun apabila ia tidak mampu berhenti sepertinya bahaya-bahaya yang begitu banyak tersebut bisa menerpa dan melumpuhkan ekonomi rumah tangganya.

Nah, jadi apa saja bahaya kecanduan merokok yang bisa menyebabkan lumpuhnya ekonomi rumah tangga ini? Ya, beberapa bahayanya di antara lain sebagai berikut :

– Hidup boros

Ya, ternyata seorang perokok harus menyiapkan dan menghabiskan uang untuk membeli rokoknya setiap hari. Ada beberapa orang dari anda dalam satu hari ia menghabiskan 3 bungkus rokok. Ya, benar sekali yaitu 3 bungkus rokok. Jika anda hitung satu bungkus rokok seharga Rp. 15.000 di kali 3 bungkus maka menjadi Rp. 45.000. Dan bagaimana dengan ssatu bulan? Untuk satu bulan berarti 45.000 dikali 30 hari = 1.350.000.

Berarti dalam satu bulan seorang pecandu rokok membakar uangnya sejumlah 1.350.000 begitu saja. Nah, hal ini tentunya jika di pikir-pikir sangatlah merugikan keuangan anda. Dan sangat di sayangkan lagi banyak di antara pencandu rokok ketika ia tidak memiliki uang lebih, ia rela tidak membelikan susu anaknya asalkan rokoknya bisa terbeli. Ya, tentunya sangat disayangkan bukan? Ya, sangat di sayangkan. Hal ini terjadi karena ia sudah kecanduan berat. Nah, hati-hati bagi anda yang sedang belajar merokok jangan sampai terlanjur seperti ini. Mending batalkan niat anda untuk mencoba-coba sebuah nama rokok ini.

bahaya kecanduan rokok bagi rumah tangga

– Tidak bisa menabung

Hai, bagaimana jika penghasilan anda dalam satu bulan hanya 2.500.000 ? Nah jika untuk rokok anda saja sejumlah 1.350.000, bagaimana dengan biaya tempat tinggal, biaya transportasi kerja dan juga bagaimana dengan biaya rumah tangga termasuk biaya sekolah anak anda? Jika anda paksakan tentunya hal ini sangatlah berdampak pada kemajuan dan perkembangan kehidupan anda. Maka hidup anda akan begitu-begitu saja.

Nah, bagaimana dengan uang yang akan anda tabung dalam sebulan sekali? Ya, tentunya anda sangat sulit untuk menyisihkan uang ini. Anda bisa hidup hingga akhir bulan saja tentunya anda sudah sangat bersyukur. Dan di takutkan lagi sebelum gajian anda sudah ngutang kesana-kemari. Disaat anda tidak bisa menabung maka apabila terjadi sesuatu terhadap keluarga anda tentunya anda sangat kerepotan.

bahaya kecanduan rokok bisa melumpuhkan ekonomi

– Tidak bisa maju

Hai, kapankah anda bisa maju apabila hidup tidak ada perubahan lebih baik dari hari kemaren? Kapankah anda bisa maju ketika tabungan anda tidak terisi-isi dari bulan kemaren hingga bulan ini? Ya, karena uang anda habis untuk di konsumsi oleh api dan asap rokok. Maka tabungan anda tidak ada di Bank melainkan ada di tumpukan nikotin yang berada di paru-paru anda.

Ketika ekonomi anda terperangkap oleh konsumsi rokok anda, maka ekonomi anda akan lumpuh. Dan berdampak pada ekonomi rumah tangga anda. Ketika anda tidak punya tekad yang kuat untuk behernti merokok dan uang yang biasanya yang anda gunakan setiap bulan sejumlah 1.350.000 untuk sebuah nama rokok. Maka dalam setahun anda telah mengeluarkan uang untuk rokok sejumlah Rp.16.200.000 dan jika selama 10 tahun maka uang untuk rokok anda sejumlah 162.000.000. Yah, bukan nilai rupiah yang rendah bukan? Sia-sia bukan?

bahaya kecanduan rokok berat

Sepertinya jika uang tersebut anda tabung setiap bulan hingga 10 tahun, maka anda bisa membeli rumah dengan harga Rp.162.000.000. Hal ini bisa di dapat jika anda tidak terkena dampak bahaya kecanduan rokok. Tetapi apabila anda mengalami dampak bahaya ketagihan rokok, maka selama 10 tahun dan sampai 100 tahun kedepan anda dan keluarga anda akan tetap dengan mengontrak.

Ada pertanyaan bagus nih. Apakah orang yang merokok akan beresiko miskin? Tidak juga. Ketika ia mampu dan uangnya saja di Bank tidak pernah berkurang, bahkan bertambah dan bertambah tabungan depositonya, maka ia tidak mengalami kemiskinan. Namun apabila orang yang sudah tidak mampu alias ekonominya lemah, lalu memaksakan untuk merokok dan mengikuti hawa nafsunya, maka bahayanya akan membuat ekonominya lumpuh termasuk ekonomi rumah tangganya.

Semoga artikel bahaya kecanduan rokok bisa melumpuhkan ekonomi rumah tangga bisa bermanfaat bagi anda dan juga keluarga anda. Dan bagi anda yang sedang memiliki niat untuk berhenti merokok seyogyanya tidak perlu harus menunggu perekonomian anda lumpuh. Alangkah baiknya uang jatah rokok bulanan anda di tabungkan ke tabungan anda, supaya cita-cita anda untuk membeli rumah bisa tercapai dengan mudah.

Terimakasih telah membaca artikel ini hingga selesai, dan tentunya jangan merasa puas dulu. Mengapa? Ya, karena masih ada informasi tentang bahaya-bahaya yang ada di dunia ini yang begitu penting dan menarik untuk anda ketahui. Tetapi karena anda menginginkan hidup ini berjalan dengan aman, sehat dan damai. Saya sarankan anda untuk melanjutkan membaca mengenai bahaya-bahaya yang bisa mengganggu kesehatan anda tepatnya di kategori Kesehatan.