Bahaya Kutu Busuk Yang Bersarang Di Tempat Tidur Bisa Mengganggu Kehidupan Anda

Author - September 11, 2015

Hai, bagaimana dengan bahaya kutu busuk yang bersarang di tempat tidur yang bisa mengganggu kehidupan anda? Ya, Berbicara tempat tidur pasti yang terbayang oleh anda salah satunya adalah anda bisa beristirahat dengan nyaman dan lelap saat anda tertidur. Begitu banyaknya jenis tempat tidur yang ada saat ini, membuat semua orang mencari tempat yang paling nyaman dan enak untuk beristirahat. Tidak sedikit mungkin dari anda khususnya akan mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk tempat tidur yang memiliki kualitas terbaik dan memiliki standard kesehatan yang baik pula. Walaupun telah dirancang dengan sedemikian rupa agar tempat tidur kita memiliki standard dan kualitas terbaik belum menjamin anda dalam keadaan sehat untuk beristirahat di tempat tidur kesayangan anda.

Perlu anda ketahui banyak faktor yang melatarbelakangi para produsen untuk dapat menjual produk dengan kualitas yang terbaik, tentunya untuk bisa merebut pangsa pasar yang bagus. Dalam proses pembuatan tempat tidur pun juga menjadi perhatian para produsen. Dengan kata lain, saat anda membeli tempat tidur yang terpikirkan oleh anda adalah kualitas dan standart proses pembuatan produk serta merk produk. Dalam hal ini apakah oleh anda terlintas tempat tidur yang akan anda beli dapat terhindarkan dari kutu busuk atau tungau alias tumila. Nah, ini topik yang paling menarik karena hal sepele ini jarang sekali terlintas dalam benak anda pada saat membeli produk khususnya untuk tempat tidur.

Untuk kedua kalinya saya katakana tentunya anda akan terfocus pada merk dan standard kualitas saja. Tidak salah memang standard dan kualitas juga harus diperhatikan, tetapi mencari produk yang aman untuk kesehatan anda itu jauh lebih penting.

Dahulu mungkin orang-orang sebelum anda tidur dengan nyaman tidak harus di tempat tidur yang bagus dan mahal. Tetapi dengan perkembangan waktu tempat tidur pun tidak luput menjadi perhatian, terlebih jika anda membeli dengan satu set perlengkapan tidur lainnya. Hal inilah yang menarik perhatian anda saat ini. Tempat tidur berbahan kayu jati dengan kasur kapuk itu dulu sampai akhirnya berkembang menggunakan busa. Tidak begitu nyaman dengan busa dan kapuk, teknologi pun semakin berkembang menjadi berupa mattras atau pegas, yang saat ini yang semakin berkembang dengan berbagai merk yang ditawarkan.

Kenali bahaya kutu busuk bagi kehidupan anda

bahaya kutu busuk bagi kesehatan anda

Tapi kali ini, apapun jenis tempat tidurnya dan seberapa mahal harga tempat tidurnya klo masih ada kutu busuk dalam tempat tidur anda. Semuanya menjadi tidak berarti dan tidak berharga. Menurut saya, jangankan bisa tidur dengan lelap yang ada anda tidak merasa nyaman untuk bisa beristirahat dengan tenang.

Kali ini akan saya paparkan bahaya binatang yang satu ini yaitu kutu busuk alias tumila. Binatang yang berjenis serangga ini merupakan spesies yang meminum darah manusia dan senang untuk tinggal di rumah manusia. Mungkin karena cara kerja binatang yang satu ini sangat menjijikan makanya orang lebih mengenal dengan kutu busuk. Kutu busuk senang tinggal dan bertelur di lipatan tempat tidur atau bantal dan tempat-tempat tersembunyi lainnya.

Ada beberapa bahaya dari kutu busuk yang harus anda ketahui adalah sebagai berikut:

1. Iritasi pada kulit

Untuk jenis serangga yang satu ini, sudah jelas salah satu spesies yang meminum darah manusia dengan cara menggigit seluruh bagian tubuh anda pada saat anda tertidur dengan lelap. Spesies ini dapat menimbulkan rasa gatal yang berkepanjangan dan meninggalkan bekas pada kulit halus anda. Awalnya mungkin hanya memerah pada kulit tanpa anda sadari hanya sebatas gigitan nyamuk. Dan rasa gatal yang terasa pada tubuh anda semakin anda garuk akan terasa panas dan tidak nyaman. Walaupun sudah anda berikan obat, rasa gatalnya tidak akan segera hilang, tidak seperti anda digigit nyamuk. Dengan pertumbuhannya yang cepat dalam jumlah yang luar biasa pula. Anda terkadang bingung untuk membasminya dengan cepat. Sehingga akan terus berkembang biak dan menyebabkan wabah kutu busuk.

2. Infeksi Kulit

Karena anda sudah tergigit oleh kutu busuk dan meninggalkan rasa gatal yang tidak tertahankan. Jelas, ini akan mengakibatkan infeksi pada kulit. Semakin anda sering tidur ditempat tidur yang berkembangnya kutu busuk akan mengakibatkan infeksi pada kulit akibat bakteri dan kuman yang ada pada tempat tidur. Anda harus berobat dan juga harus mensterilkan rumah anda dari kutu busuk. Hal tersebut dapat mengakibatkan anda terkena eksim, asma, bersin/pilek, dan kulit akan membengkak serta rasa panas yang timbul pada kulit juga dapat mengakibatkan demam pada tubuh anda.

bahaya kutu busuk yang membahayakan anda

3. Kutu busuk akan menyebar menjadi kutu rambut

Kutu busuk selain berbahaya bagi kulit juga berbahaya bagi rambut anda. Mahkota anda yang begitu indah tidak enak kan klo ternyata menjadi sarang perkembangbiakan kutu rambut. Apa kaitannya yach? Sangat berkaitan karena jika anda memaksakan tidur di tempat tidur yang bersarang kutu busuk. Spesies ini akan menggigit juga kulit kepala anda dan berkembangbiak apabila kondisi rambut anda sangat kotor. Jadi pastikan kulit kepala anda pun selalu dalam keadaan bersih.

4. Kerusakan pada tempat tidur dan furniture

Sudah tentu kutu busuk tidak hanya mengganggu kenyamanan istirahat anda, kutu busuk juga secara tidak langsung merusak perabotan rumah tangga anda khususnya tempat tidur dan furniture. Melalui lipatan-lipatan maupun celah-celah kutu busuk akan cepat menyebar dan merusak tempat tidur dan furniture anda. Hal ini disebabkan begitu cepatnya perkembangbiakan kutu busuk tersebut.

5. Kutu busuk juga akan menyebar pada hewan kesayangan
Untuk point yang terakhir ini, jika anda memiliki hewan peliharaan secara ototmatis kutu busuk juga akan secara cepat berkembangbiak dan menyebar pada bulu hewan dan akan mengakibatkan hewan peliharaan anda menjadi tidak bersih. Hal ini diperlukan penanganan yang khusus tentunya. Jika hewan kesayangan anda terkena kutu busuk, anda harus membawanya ke dokter hewan agar tidak menyebarkan virus penyakit yang juga dapat membahayakan bagi anda.

Lakukan kebiasaan sehat untuk menghindari bahaya kutu busuk

bahaya kutu busuk dalam hidup anda

Untuk hal ini mudah-mudahan anda dapat lebih jeli dengan hal-hal sepele yang terkadang banyak orang lewatkan. Kebersihan seluruh rumah anda harus menjadi perhatian juga agar tidak mengganggu saat anda beristirahat. Terlebih jika anda ingin tertidur dengan nyaman dan lelap tetapi harus terganggu oleh kutu busuk yang paling menyebalkan.
Bersihkan seluruh pakaian maupun seluruh areal rumah anda. Untuk memastikan tidak terdapat kutu busuk dalam tempat tinggal anda khususnya tempat tidur. Pastikan juga tempat-tempat terkecil maupun celah-celah dan retakan, matrass, karpet juga bagian yang sangat sulit untuk dijangkau agar dalam kondisi steril dan bersih dari kutu busuk.

Terimakasih telah membaca artikel Bahaya kutu busuk yang bersarang di tempat tidur dapat mengganggu kehidupan anda ini. Semoga bermanfaat dan menjadikan hidup anda nyaman dan bahagia bersama keluarga tercinta.

Jika anda tidak memiliki tempat tidur yang aman, tetapi anda jangan terlalu sering memutuskan untuk tidur di lantai. Tentunya dikarenakan bahaya tidur di lantai terlalu sering lebih berbahaya bagi kesehatan anda nantinya. Yup lihat artikelnya bahaya tidur di lantai dan menggunakan kipas angin bagi kesehatan anda.

Bagi anda yang ingin mengenali lebih dekat dan lebih dalam mengenai kutu busuk. Anda bisa melihat di Wikipedia. Disana dijelaskan mengenai kutu busuk dan nama lain dari kutu busuk yang ada dalam kehidupan sehari-hari anda.