Bahaya Memanjakan Anak Berdampak Bagi Prestasi Belajarnya

Author - May 16, 2015

Hai, tahukah anda bahaya memanjakan anak berdampak bagi prestasi belajarnya? Ya, bagi anda yang memiliki anak tersayang tentunya anda lupa dan tidak sadar bahwa anda telah memanjakan anak anda hingga berlebihan. Ya, mungkin karena anak anda tersebut adalah satu-satunya anak yang anda dambakan kehadirannya, mungkin anak anda tersebut adalah anak yang terakhir dan masih banyak lagi alasan mengapa anda memanjakan anak anda.

bahaya memanjakan anak bagi prestasi belajarnya

Tidak terlepas dari kebiasaan dan kesalahan anda ketika menyikapi anak-anak kesayangan anda ini tentunya ketika anda salah dalam membawanya hal negatif bahaya tersebut akan berdampak pada prestsi belajar anak anda.
Seorang anak yang memiliki semangat yang tinggi, jiwa pantang menyerah dan sifat yang tekun tentunya bermula dari rumahnya. Dalam hal ini berasal dari pengaruh perlakuan orang tua dan keluarganya. Orang tua yang mengetahui dan memahami hal ini tentunya ia sangat sadar bagaimana memperlakukan anak dan mendidik anak tersebut dengan tepat.

Ya, bagi anda sebagai orang tua tentunya terkadang kelupaan dan tidak menyadari bahwa anda telah berlaku salah terhadap anak anda. Terutama anda telah bersikap memanjakan anak dengan berlebihan. Jika anda tidak menyadari kesalahan tersebut maka bahaya-bahaya ini akan terjadi dan merusak prestasi belajar anak anda. Bahaya-bahaya tersebut yaitu sebagai berikut:

– Anak tidak memiliki keberanian

Disaat anda memperlakukan anak dengan manja, maka satu hal yang berbahaya bisa terjadi pada anak anda hingga berdampak bahaya pada prestasi belajarnya adalah anak tidak memiliki keberanian. Seorang anak yang biasa di manja dengan di temani setiap keinginannya, di dampingi setiap kemana ia pergi dan di antarkan kemana ia bergerak. Maka ia tidak memiliki nyali terhadap kehidupan ini.

Nah ketika nyali dan keberaniaanya tidak ada, maka hal ini sangat beresiko terhadap prestasi belajarnya di sekolah. Karena di sekolah ia di temukan dengan berbagai macam prilaku teman, lingkungan dan guru. Hal ini bisa berdampak pada mengecilnya nyali anak ketika berada di sekolah dan jauh dari orang tua.

Ya, akhirnya ketika anak tidak bersama dengan orang tua. Maka ia tidak bisa hidup dan belajar dengan maksimal. Anak tidak bisa mengenal dan menyikapi kehidupan di luar dengan total. Karena ia hanya mendapatkan asupan dari anda yang selalu memanjakannya.

bahaya memanjakan anak bagi prestasi belajar

– Anak tidak memiliki mental juang

Bagi anda yang selalu memanjakan anak, hal ini tentunya sangat berdampak bagi mentalnya dan akhirnya berdampak bagi prestasi belajar anak tersebut. Ketika anak terbiasa dengan kemanjaan orang tua setiap ada kesulitan atau masalah maka ia terbiasa dengan meminta tolong dan meminta tolong ke orang lain. Ia tidak akan pernah menjadi anak yang bisa berusaha dan berjuang sekeras tenaganya sendiri. Karena ia terbiasa dengan kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh orang tuanya.

Bagaimana dengan prestasi belajarnya? Ya, tentunya dalam pelajaran banyak informasi atau ilmu yang sulit untuk di pahami dan juga di selesaikan. Ketika anak anda sudah terbiasa dengan kemudahan dari orang tua, maka ia tidak mampu menghadapi dan menyelesaikan masalah dan tugas-tugas di sekolah dengan sendirinya. Akhirnya ia tidak memiliki sikap juang untuk memahami pelajaran dan tugas-tugas yang harus di selesaikan.

bahaya memanja anak

– Anak akan banyak mengeluh

Berbahayanya ketika anda terlalu memanjakan anak anda, maka anak anda tidak menjadi anak yang mampu menghadapi dan menyelesaikan permasalahan yang ada di sekolahnya. Ia hanya menjadi anak yang sangat berharap kepada orang lain. Ia sangat tidak menyukai kendala, kesulitan serta masalah yang menimpa dirinya terutama dalam masalah pelajaran.
Nah, ketika anak tidak suka menghadapi kendala, kesulitan serta masalah dalam belajarnya, sudah tentu ia tidak akan menyelesaikan permasalahan tersebut dan akhirnya hanya mengeluh kesana dan mengeluh kesini. Akhirnya tugas-tugas di sekolahnya tidak bisa di selesaikan dengan baik.

bahaya memanjakan anak bagi prestasinya

– Anak menjadi tidak bertanggung jawab

Seorang anak yang terbiasa dengan orang tua yang berada disampingnya dan orang tua yang selalu membelanya meskipun ia berada dalam kesalahan, maka ketika dalam kehidupadan dan di sekolah ia berlaku salah, alhasil ia tidak menerima kenyataan bahwa ia salah. Nah sikap dan mental seperti ini sangat tidak mendukung untuk ia menjadi pribadi yang sukses dan berprestasi.

Namun ketika anak yang terbiasa dengan kehidupan yang mandiri dari orang tuanya. Ia akan menerima dan mengakui kesalahan-kesalahan yang ia lakukan dan ia berusaha memperbaiki sikap dan prilakunya di kemudian hari. Karena ia tahu bahwa jika ia tidak merubah dan memperbaiki sikap dan prilakunya yang salah maka ia tidak akan bisa maju dan sukses.

Nah, banyaknya pemahaman-pemahaman yang salah dan tidak disadari oleh anaknya mengakibatkan ia tidak bisa maju. Ia tidak bisa bersaing dengan teman-teman di sekolah dan di luar. Oleh itu bagi anda yang memiliki anak sebaiknya anda jangan terlalu memperlakukan anak anda dengan kemanjaan. Karena akan berdampak bagi sikap dan mental anak anda yang bisa mengganggu proses belajarnya disekolah.

Semoga artikel Bahaya memanjakan anak bisa berdampak bagi prestasi belajarnya bisa bermanfaat bagi anda dan anak anda. Bagi anda yang mempunyai anak kecil, sebaiknya jangan terlalu menuruti keinginannya tanpa melihat dan menimbang masalah dan bahayanya. Seperti yang dilansir di artikel Tahukah anda! Cincin batu akik berbahaya bagi jari anak kecil ini. Anak kecil tersebut mengalami bahaya dalam menggunakan cincin batu akik. Karena cincin yang di pakainya tidak bisa di lepaskan.