Bahaya Menebang Pohon Tanpa Menanam kembali Bagi Kehiduan Anda

Author - May 10, 2015

Hai, tahukah anda bahaya menebang pohon tapan menanam kembali bagi kehidupan anda? Ya, bagi anda yang mempunyai mesin pemotong kayu tentunya anda jangan semabarangan menebang pohon, tambah lagi setelah anda menebang pohon anda tidak berniat untuk menanam kembali. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi lingkungan anda.

bahaya menebang pohon

Disaat anda memiliki niat untuk menebang pohon tentunya anda harus seimbang dengan niat baiknya. Yaitu anda berniat juga untuk menanam kembali. Banyak orang-orang yang bertindak sembrono dan akhirnya bahayanya baru dirasakan saat sekarang ini terhadap kehidupan anda. Mungkin anda bisa menikmati hasil dari menebang pohon dan juga menjualnya tersebut hanya dalam waktu sesaat. Setelah uang yang anda miliki telah habis, maka resiko lingkungan yang membahayakan terhadap kehidupan anda juga mulai berdatangan.

Meskipun banyak di anatara anda yang tidak menyadari pentingnya mempertahankan pohon-pohon yang besar baik di perkebunan biasa ataupun hutan. Banyak dari anda yang berpikir pendek, anda berpikir atas kenikmatan sesaat. Namun hal ini bukanlah sejatinya membahagiakan kehidupan anda.

Ya, ketika anda menebang pohon tanpa menanam kembali sepertinya anda akan mengalami bahaya yang bisa menyerang kehidupan anda seperti yang telah terjadi dan di tuliskan di bawah ini. Apakah bahaya-bahayanya? Ya, bahayanya sebagai berikut :

– Banjir mengganggu anda

Ya, memang sangat berbahaya sekali ketika anda menebang pohon tanpa menanam kembali, bahaya yang pasti terjadi dalam kehidupan anda adalah anda akan di ganggu oleh kedatangan banjir. Nah disaat air hujan yang turun dengan derasnya masih bisa tertahan dan terkendalikan oleh pohon-pohon yang besar tetapi setelah anda menebang pohon tersebut maka tidak ada lagi penahan dan penyedot air hujan yang begitu banyak tersebut. Al hasil air tersebut masuk ke perumahan dan pemukiman anda.

Bagi anda yang mempunyai kebiasaan seperti ini sangatlah di sayangkan sekali. Karena ketika banjir telah mengganggu hidup anda, maka semua aktivitas anda akan terganggu. Yang disayangkan lagi adalah bukan aktivitas anda saja yang terganggu, namun anak dan istri anda, para penduduk dan juga orang-orang di sekitar lingkungan tersebut terpaksa menderita banjir.

bahaya menebang pohon bagi lingkungan anda

– Suhu memanas

Hai, anda masih lagi berniat untuk menebang pohon dan tidak menanam kembali? Baik, sebaiknya niat tersebut bisa anda redakan dan batalkan. Karena bahayanya yang akan terjadi pada lingkungan anda adalah perubahan cuaca dimana suhunya akan semakin panas. Anda tidak lagi bisa menikmati suhu yang normal yang bisa anda nikmati terutama di siang hari. Karena setelah anda menebang pohon tanpa menanam kembali suhu di siang hari akan tidak menentu dan bahkan panasnya semakin lama semakin terik. Hal ini akan membuat anda tidak kuat apabila keluar rumah di siang hari, dan bagaimana dengan anak-anak kecil dimana daya tahan tubuhnya masih sangat lemah? Tentunya banyak penyakit-penyakit yang mudah menyerangnya.

bahaya menebang pohon tanpa menanam kembali

– Lingkungan tidak segar

Semoga bukan anda yang menjadi perusak lingkungan yang aslinya sangat nyaman, enak dan menyegarkan. Namun apabila anda telah memiliki niat yang kurang baik ini, sebaiknya anda bisa memikirkan kembali untuk kenyamanan hidup anda, anak dan istri anda serta para penduduk di sekitar anda. Mengapa? Ya, ketika anda menebang pohon dengan tanpa menanam kembali maka lingkungan yang segar, adem, ayem dan nyaman tersebut akan pergi. Karena yang membuat udara dan lingkungan segar tersebut hanya berasal dari pepohonan yang rindang, berserta hijaunya. Ketika hijaunya daun tersebut sudah berubah tiada, maka anda jangan berharap dapat menikmati lingkungan hidup yang penuh kesegaran.

bahaya menanam pohon terhadap kehidupan

– Tanah longsor

Menebang pohon tanpa menanam kembali sangatlah berbahaya, oleh karena itu pemerintahan telah menerbitkan undang-undang tentang penebangan hutan tersebut. Hal ini di dasarkan oleh bahaya yang terjadi ketika orang-orang dan mungkin termasuk anda melakukan penebangan pohon sembarangan dan tidak menanam kembali. Hal ini akan menjadikan banyak bahaya seperti yang di atas dan satu lagi adalah menyebabkan tanah longsor.

Ketika rusaknya lingkungan karena akar-akar pohon yang biasanya bisa mengikat dan menguatkan tanah telah mati dan tidak bekerja lagi, maka bahaya longsor sangat mungkin terjadi dan menimpa hidup anda. Seperti terjadinya longsor yang menimpa ratusan rumah yang tertimbun, longsor yang menimpa jalan tol, serta longsor-longsor yang menghabiskan tanaman-tanaman para petani.

bahaya menebang pohon sembarangan

Semua longsor ini terjadi berasal dari tangan-tangan orang yang menebang pohon sembarangan dan tidak menanam kembali. Dalam hal ini saya berharap anda bukan salah seorang darinya. Karena saya yakin anda sangat menyayangi lingkungan yang aman serta anda juga menyayangi saudara-saudara anda yang senasib dan seperjuangan.

Ternyata berbicara dengan dengan penebangan pohon dengan tidak menanam kembali ini sangatlah banyak bahayanya. Mungkin apa yang telah di tulis di atas baru sebagian kecil. Dan mungkin masih banyak lagi bahaya-bahaya yang bisa terjadi pada kehidupan anda, lingkungan anda dan juga penduduk di sekitar anda.

Yakinlah ketika anda mau berusaha dan bekerja keras dengan mencari rezeki yang halal sepertinya bukan hanya dengan menebang pohon saja. Kerena setiap manusia di berikan kelebihan, keterampilan, kemampuan yang berbeda dan unik. Ketika anda merasa anda tidak memiliki kemampuan atau keterampilan lain untuk mendapatkan rezeki, mungkin hal itu sedang dalam proses. Disaat anda berniat bekerja dengan pekerjaan yang baik dan jujur maka sang pencipta akan mengantarkan anda kepada pekerjaan yang bernilai tinggi dan memuliakan hidup anda.

Oh ya, berbicara mengenai lingkungan sepertinya anda pernah merasa kurang nyaman terhadap seseorang yang mencemari lingkungan di sekitar anda. Seperti salah satu ini adalah seorang perokok yang bisa membahayakan lingkungan tersebut dengan asap rokoknya. Nah apakah anda seorang perokok? Apakah anda melakukan kesalahan berbahaya ini ketika merokok?
Atau bagi anda yang memiliki kebiasaan merokok dan juga sedang memiliki anak kecil, tentunya hal ini sangatlah menjadi perhatian dan omelan bagi istri anda ketika anda merokok berdekatan dengan anak kecil anda. Nah alangkah baiknya anda melihat artikel Bahaya asap rokok bagi anak kecil bisa merusak masa depannya.

Semoga artikel Bahaya menebang pohon tanpa menanam kembali bagi kehidupan anda bisa bermanfaat bagi anda dan juga orang-orang yang ada di sekitar lingkungan anda. Dan semoga bahaya-bahaya yang ada di atas dan telah terjadi pada orang lain tidak terjadi pada anda, karena anda sangat menyayangi pohon-pohon yang rindang, segar dan menyegarkan.