Bahaya Menggunakan Motor Matik Ketika Naik Tanjakan Bisa Membuat Anda Jantungan

Author - May 1, 2015

Hai, tahukah anda bahaya menggunakan motor matik ketika naik tanjakan bisa membuat anda jantungan? Ya, akhir-akhir ini motor matik merupakan motor yang sedang naik daun dan menjadi incaran bagi masyarakat kota maupun masyarakat desa. Dan tidak terlupakan juga bagi masyarakat yang tinggal berdekatan dengan pegunungan, mereka juga tertarik untuk pindah ke motor matik ini.

bahaya motor ketika menanjak tanjakan

Karena kenyamanan dan penampilan yang ditawarkan oleh motor matik memang sangat menggiurkan, hingga membuat orang lupa akan medan atau lintasan sehari-hari yang akan mereka lewati. Baik itu jalanan yang rusak parah dengan penuh lubang dan juga ia lupa bahwa jalan yang sering ia lewati merupakan tanjakan yang tinggi dan bisa meragukan kemampuan motor matiknya. Yah, sayangnya disaat motor matik memberikan keraguan terhadap tanjakan yang tinggi sepertinya baru anda bisa menyadari bahwa anda mengalami jantungan, hehehe.

Tentunya tidak hanya sekedar penampilan dan kenyamanan saja yang harus diperhatikan oleh anda ketika mengendarai motor. Namun ada sebuah keamanan dan keselamatan jiwa yang harus anda pertahankan dan yakinkan ketika mengendarai motor, tambah lagi ketika anda mendaki sebuah tanjakan atau gunung.

Perlunya pengetahuan yang cukup ketika mengendarai motor di daerah tanjakan sangatlah penting. Apalagi yang anda naiki adalah motor matik. Sepertinya anda harus benar-benar menguasai medan dan kemampuan mengendarai motor yang lihai.
Ya, mengapa motor matik berbahaya ketika menaiki tanjakan dan bisa membuat anda jantungan? Hehehe, sepertinya hal ini sangat sederhana dengan beberapa pengalaman yang telah terjadi didepan mata sendiri hingga membuat sebuah kesadaran mengenai motor matik ketika digunakan untuk menaiki tanjakan, yatiu tenaga motor matik berbeda dengan motor manual.

bahaya menggunakan motor matik ketika mendaki gunung

Hai, pasti anda telah merasakan tenanga motor matik yang satu ini. Meskipun beberapa motor matik mampu menaiki tanjakan yang tinggi ternyata tidak semua motor matik bisa menaiki tanjakan tinggi. Tambah lagi apabila sedang di atas tanjakan motor ini apabila sudah tidak mampu menanjak seorang pengguna tidak bisa memindahkan gigi motor. Seperti motor manual, ketika motor terasa tidak mampu menanjak maka pengguna bisa menggeser ke gigi yang lebih kecil. Hal ini membuat para pengguna motor manual tetap bisa menaiki tanjakan meskipun dengan cara perlahan-lahan.

Seringkali saya ikut berdebar ketika melihat beberapa pengguna motor matik yang gagal menaiki tanjakan yang tinggi ujung-ujungnya adalah ia macet di tengah-tengah tanjakan. Yah, saya melihat nasibnya sangat malang ketika pengguna motor matik harus macet di tengah-tengah tanjakan. Sangat berbahaya sekali. Bisa-bisa ia terjatuh dan terbalik ketika tidak bisa bertahan dan menahan diri ketika motor tidak mampu mendaki tanjakan setelah berada di tengah-tengah tanjakan.

Tambah lagi ketika cuaca hujan, tidak jarang saya melihat pengguna motor manual yang kesusahan untuk mendaki jalan tanjakan hingga membuat ia gagal mendaki. Tambah lagi motor matik, karena beratnya mendaki tanjakan dimusim hujan membuat tambah susahnya para pengguna motor matik untuk menanjak. Apabila gagal menajak setalah ditengah-tengan tanjakan membuat ia harus mundur atau ia harus turun lalu mendorong motornya.

bahaya menggunakan motor matik mendaki gunung

Ternyata bagi anda yang memilih motor matik bukan menjadi kesalahan berbahaya, namun apabila anda membawa motor matik ini ke tanjakan yang tinggi sepertinya motor ini akan membuat anda jantungan ketika menanjak. Tidak menutup kemungkinan setelah anda gagal menanjak hal ini bisa membuat ada terjatuh atau terpleset ketika tidak memiliki tenaga untuk menahan motor ini ketika di tengah-tengan tanjakan.

Yah, sepertinya jantung anda pada saat ini sangat-sangat di buat lelah oleh anda sendiri. Boleh anda menggunakan motor matik, namun anda harus bisa menyesuaikan dengan medan dan lintasan yang akan anda lewati. Karena sejatinya motor matik di buat untuk daerah yang datar dan dengan jalan yang mulus.

Untuk anda yang sering menggunakan motor matik sepertinya anda harus berhati-hati ketika mengendarainya, terutama di tanjakan. Namun apabila anda pernah gagal ketika mengendarai motor matik ini perlu dipertanyakan, yaitu apakah anda melakukan kesalahan berbahaya ini ketika mengendarai motor matik?

Yah, semoga artikel ini memiliki nilai manfaat untuk aktifitas anda ketika mengendarai motor matik. Yup, masih banyak artikel tentang segala bahaya yang ada di dunia ini yang dirangkum di bahayapedia.com yang disajikan khusus untuk anda yang menyayangi keselamatan, keamanan dan kelangsungan hidup anda.