Bahaya Mengorek Telinga Dengan Alat Sendiri Bagi Kesehatana Anda

Author - March 6, 2015

Anda mau tahu bahaya dari mengorek telinga dengan alat sendiri ? Meskipun mengorek telinga merupakan kegiatan yang terlihat positif oleh anda dan menjadi sebuah kewajiban rutinitas yang harus anda lakukan untuk menjaga kebersihan yang merupakan bagian dari iman. Ternyata di balik itu terdapat sebuah bahaya yang besar bagi masa depan pendengaran anda jika anda melakukannya dengan alat sendiri.

bahaya membersihkan telinga dengan alat sendiri

Banyak alasan anda untuk mengorek telinga dengan alat sendiri yaitu karena mengorek telinga atau membersihkan telinga itu hal yang mudah dan bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain, Apabila tidak di korek, anda akan merasa risih dan terjadinya penumpukan kotoran telinga yang membuat anda tidak nyaman.

Meskipun anda mempunyai alasan yang benar untuk membersihkan telinga dengan alat sendiri tetapi sangat disayangkan sekali, Karena telah terjadi banyak bahaya dari mengorek telinga dengan alat sendiri bagi kesehatan anda yang bisa anda alami. Yup kita kenali bahayanya apa saja:< – Kehilangan pendengaran

Pada saat anda mengorek telinga dengan alat sendiri. Anda tidak menyadari alat pembersih anda menyentuh gendang telinga. Anda tahu gendang telinga? Ia adalah selaput yang paling tipis, disentuh dengan lembut saja bisa pecah. Apalagi jika anda sempat tersodok dengan alat pembersih anda. Ini berbahaya sekali. Telinga anda akan terasa sakit dan mulai keluar beberapa cairan bening. Dan sayangnya pengobatan ini bisa berhasil dan juga bisa gagal. Apabila gagal anda akan mengalami kehilangan pendengaran.

bahaya membersihkan telinga dengan menggunakan alat sendiri

– Bukan mengeluarkan kotoran, tetapi memasukkan kotoran

Contoh alat pembersih yang anda gunakan sendiri adalah cutton but. Pada saat kotoran telinga telah banyak yang berada di liang sepertiga telinga. Lalu anda mengira bisa bersih seutuhnya dengan cutton but anda. Ternyata malah sebaliknya. Saat anda memasukkan cutton but ke liang telinga, maka sebagian dari kotoran telinga tadi ikut terdorong oleh masuknya cutton but. Kemana ia terdorong nya? Ia akan masuk lebih kedalam lagi.

Ini yang akan membahayakan telinga anda. Setelah kotoran masuk kedalam ia tidak akan bisa dikeluarkan lagi. Didalam waktu yang lama, ia kan mengganggu telinga bagian dalam dan bisa menjadi infeksi didalam telinga anda. Namun pada keyakinan anda adalah kotoran nya telah berhasil terbawa keluar semua oleh cutton but. Ini yang disayangkan.

Sejatinya pembersihan telinga menggunakan alat sendiri sangat berbahaya sekali bagi pendengaran anda. Apabila anda ingin membersihkan telinga dengan sendiri, tidak perlu menggunakan cutton but. Cukup dengan membersihkan telinga bagian luar pada saat anda berwudhu atau mencuci muka.

Bagaimana caranya anda untuk meyakinkan telinga anda dalam keadaan bersih dan sehat? Seyogyanya anda melakukan pembersihan secara berkala kepada dokter spesialis THT terdekat. Pembersihan yang di lakukan dengan menggunakan alat yang tepat bisa membantu anda untuk memiliki pendengaran yang tetap aman untuk masa depan anda.

bahaya membersihkan telinga menggunakan alat sendiri

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga menjadi pertimbagan kepada anda untuk berhati-hati dalam membersihkan telinga melalui alat sendiri.

Untuk menambah pengetahuan yang bisa bermanfaat bagi anda, saya telah menyediaan banyak informasi yang bermanfaat lainnya tentang segala bahaya yang ada didunia ini di Bahayapedia.com atau pun anda bisa juga melanjutkan dengan judul artikel yang unik yaitu tersemat bahaya dari menahan bersin.