Bahaya Menyalakan Lampu Saat Tidur Malam Bagi Kesehatan Anda

Author - May 31, 2015

Bahaya menyalakan lampu saat tidur malam bagi kesehatan anda hingga sekarang merupakan perhatian khusus para ibu yang menyayangi putra-putrinya dan salah satunya adalah termasuk anda. Ya, anda sering tertanya-tanya dalam benak dan pikiran anda. Ketika melihat seseorang terbiasa dengan tidur dengan lampu menyala, dan ada juga yang satu lagi jika tidur dengan lampu menyala membuat ia tidak bisa tidur. Nah, bagi anda juga penasaran dan mengkhawatirkan bagaiamana kebenaran informasi ini, terutama untuk anda terapkan kepada anak-anak kesayangan anda.

bahaya menyalakan lampu ketika tidur malam

Disaat anda terheran dan bingung melihat teman anda tidur dengan lampu menyala tentunya hal ini benar adanya. Karena jangankan orang lain, mungkin juga antara anda dan suami anda bisa saja memiliki perbedaan dengan cara dan kebiasaan tidur, yang salah satunya adalah satu bisa tidur dengan lampu menyala dan yang satu bisa tidur dengan lampu mati. Nah, jika kita berbicara dengan kebiasaan hal ini tidaklah berpengaruh dan berbahaya. Ya, namanya saja sudah terbiasa. Tetapi alangkah baiknya anda mengikuti kebutuhan biologis tubuh yang pada dasarnya memerlukan sebuah kegelapan ketika tidur malam.

Nah, mungkin pada dasarnya ketika anda terbiasa tidur dengan lampu menyala ini berawal dari kebiasaan masa kecil anda. Yaitu anda merasa nyaman dan berani di kamar ketika lampu di kamar anda dalam keadaan menyala. Dan setelah rasa berani dan nyaman tersebut muncul, baru anda bisa tidur. Begitu juga ketika terbangun malam, anda akan merasa berani dan nyaman ketika terbangun dan lampu kamar anda menyala. Seolah-olah anda tidak sedang sendirian. Yaitu anda bersama terangnya lampu yang bisa meyakinkan kepada anda bahwa situasi dalam keadaan aman.

Ya, kembali kepada kebiasaan sejak kecil. Hal ini tentunya sangat sulit untuk di rubah. Karena kebiasaan tersebut telah menjadi karakter alam bawah sadar anda. Ya, tetapi ketika anda terbiasa dengan tidur dengan lampu menyala dan anda tidak mengalami bahaya-bahaya terhadap tubuh dan kesehatan anda, sepertinya hal ini tidak menjadi masalah. Namun ketika anda mengalami penurunan kwalitas kesehatan atau bahaya-bahaya terhadap tubuh anda, maka anda perlu merubah dan mengikuti cara tidur dengan lampu mati.

Ya, untuk lebih jelasnya disini ada beberapa bahaya-bahaya dari menyalakan lampu ketika tidur malam bagi kesehatan anda. Antara lain adalah sebagai berikut:

Pertama, Mengalami gangguan jam biologis tubuh anda

Ya, berbicara mengenai jam biologis hal ini tentunya sangat berkaitan sekali dengan keinginan dan kebutuhan tubuh yang harus di penuhi oleh anda. Ketika dalam satu hari tubuh harus di istirahatkan dimalam hari maka secara biologis tubuh anda akan mengalami istirahat dan begitu juga ketika anda sedang istirahat maka secara biologis sel-sel dan hormon dalam tubuh anda baru bisa berkembang atau mengalami perbaikan. Nah, ketika jam biologis ini terhambat dan dari bahaya menyalakan lampu saat tidur malam maka akan mengalami gangguan kesehatan dalam tubuh anda.

Bagaimana anda bisa mengetahui bahwa tubuh anda mengalami gangguan bahaya dari menyalakan lampu disaat tidur malam ini dan merusak jam biologis anda? Ya, ketika bangun tidur, anda tidak merasakan sebuah kesegaran dan tubuh yang fit. Nah, ini adalah bukti dari tidur anda tidak bisa maksimal . Artinya anda tidak mendapatkan tidur yang berkwalitas, meskipun anda sudah tidur dalam berjam-jam.

Bahaya menyalakan lampu saat tidur malam

Kedua, terganggunya perkembangan hormon melantonin

Bahaya menyalakan lampu saat tidur malam bagi kesehatan anda bisa berdampak buruk alias bahaya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ya, ternyata asal mu asalnya telah anda ketahui. Yaitu dengan menyalakan lampu disaat tidur malam sama dengan mengganggu perkembangan hormon melantonin. Bagaimana cerita asalnya? Dan apa bahayanya dari gangguan hormon melantonin ini bagi tubuh anda?

Ya, hormon melantonin ini adalah sebuah hormon yang bisa di produksi oleh tubuh anda dikala anda sedang istirahat malam dan satu lagi disaat ruangan dalam keadaan gelap. Karena disaat ruangan dalam keadaan terang, maka cahaya lampu akan memberikan pancaran ke mata anda dan akan di terima oleh otak anda. Meskipun anda sedang tidur, tetapi otak anda tetap menerima reaksi terangnya cahaya dari ruangan tadi. Nah, hal ini akan mengganggu dan menghambat tubuh anda untuk memproduksi hormon melantonin.

Berarti bahaya menyalakan lampu saat tidur bagi kesehatan anda ini yang berawal mengganggu perkembangan hormon melantonin ini akan berdampak pada kesehatan anda. Karena hormon melantonin sangat di butuhkan oleh tubuh anda sebagai hormon kekebalan daya tahan tubuh, sebagai benteng pertahanan dan menyerang dari bahaya-bahaya kanker yang bisa menyerang tubuh anda. Nah, ketika tubuh anda mengalami kelemahan dalam hormon ini maka banyak penyakit-penyakit yang bisa menyerang tubuh anda. Termasuk salah satunya adalah kanker.

bahaya menyalakan lampu disaat tidur

Ketiga, leukimia mendekati anak-anak anda

Wah, bahaya menayalakan lampu saat tidur bagi kesehatan anda ternyata tidak selesai-selesai ya, ia juga bisa menyerang anak kesangan anda dengan mendekatnya leukimia dalam tubuhnya. Ya, ternyata hal ini berasal dari terganggu hingga tubuh anda memiliki sedikit hormon melantonin. Nah, hormon melantonin yang bisa menghambat terjadinya tumor atau kanker ternyata dimiliki oleh tubuh anak anda dalam keadaan yang sangat rendah. Nah karena tubuh tersebut hanaya memiliki hormon melantonin yang rendah, maka tidak mampu melawan calon-calon tumor, kanker dan lain sebagainya.

Nah, bersyukur ya, bagi anda yang terbiasa tidur dengan tidak menyalakan lampu ini dan yang tidak bisa tidur ketika lampu tetap menyala. Karena tubuh anda dan secara biologis tubuh anda memerlukan sebuah kegelapan untuk bisa benar-benar istirahat dan memproduksi hormon-hormon yang bermanfaat bagi daya tahan tubuh dan pembaruan sel-sel yang telah rusak hingga ketika anda bangun setelah tidur anda mendapatkan tubuh yang segar dan fit.

bahaya menyalakan lampu disaat tidur malam

Sepertinya bagi anda yang memiliki anak kecil di rumah, alangkah baiknya anda mulai membiasakan putra-putri anda dengan tidak menyalakan lampu ketika tidur. Tetapi hal ini tentunya terpulang lagi kepada anda dan pemahaman anda.

Terimakasih telah membaca artikel Bahaya menyalakan lampu saat tidur malam bagi kesehatan anda ini. Semoga bermanfaat bagi anda dan juga bagi keluarga anda tercinta. Tentunya ketika tubuh anda dan keluarga anda senantiasa sehat maka anda bisa menjalankan hidup ini dengan bahagia dan nyaman. Tetapi ketika ada salah satu keluarga anda mengalami sakit karena bahaya-bahaya yang menyerang kesehatannya maka anda juga tidak bisa menikmati hidup ini dengan damai.

Oh ya, apakah anda pernah mengalami tidur malam dengan suara krek, krek, krek dengan gesekan gigi anda? ataupun pasangan anda? Nah, saya sebut suara tersebut dengan mengerat gigi, hehehe. Bagaimana apakah ada bahayanya tidur dengan mengerat gigi tersebut ya? Yup, kita lihat artikel Berbahayakah kebiasaan tidur sambil mengerat gigi?