Anda Pecinta Kuliner? Bahaya Saus Palsu Bisa Terjadi Pada Anda

Author - March 5, 2015

Apakah anda ingin mengetahui bahaya dari saus palsu? Sudah tentu ya.hehehe. Terutama anda sebagai pencinta kuliner. Saya sarankan anda harus berhati-hati terhadap hidanangan kuliner yang beraneka ragam dan menggiurkan. Contohnya bagi anda pecinta bakso, penikmat mie ayam maupun makanan junkfood serta masih banyak lagi tentunya, ya. Sejatinya pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya saus dan sambal. Saus dan sambal ini biasa disajikan sebagai pelengkap hidangan pilihan anda. Jika tidak ada saus dan sambal pasti anda akan merasa hambar bukan? Tapi disayangkan, sekarang telah ada produsen saus dan sambal yang nakal dengan menggunakan bahan-bahan yang bisa membahayakan kesehatan kita tentunya, dan ada juga membuat saus tersebut dengan komposisi yang tidak sesuai dengan bungkus serta kemasannya.

Bahaya saus palsu

Saya yakin anda sudah tahu, kalau saus dan sambal ini bahan dasarnya terdiri dari tomat, cabai, gula, dan tepung? Itu benar sekali. Tetapi yang satu ini ternyata berbeda. Yaitu dengan bahan dasar zat zat kimia yang membahayakan kesehatan kita. Apa saja itu? Ternyata terdiri dari ampas tapioca (onggok), Ekstrak bawang putih, ekstrak cabai leoserin capsicum, saksrin, pewarna sunset, pewarna jenis, potassium fospat, dan bibit cairan tomat

Dalam pemrosesan pembuatan saus ini ternyata ditemukan cara yang luar biasa spesial nya, mungkin itu bagi mereka, ya. Bagi anda saya yakin bukan spesial, karna masih banyak cara-cara yang kreatif dan sehat yang bisa anda lakukan. Bahan-bahan inti yaitu tomat dan cabainya di olah dalam keadaan sudah membusuk dan tidak mengindahkan higinietasnya lagi. Diproses dengan mengabaikan mesin seperti yang anda pikir pada mesin mixer, melainkan di injak injak. Lebih jauh lagi, setelah selesai, di kemas dalam botol bekas saus yang bermerek, serta labelnya dibeli di pasar. Waduh. semakin bahaya ini ya? Mana yang namanya menyehatkan, ya?

Bahaya dari saus palsu

Saya ingatkan kepada anda mengkonsumsi saus yang bersumber di atas, anda akan mengalami efek yang membahayakan kesehatan anda, Yaitu:

Bahaya saus palsu

Anda akan merasakan pusing, lemas dan berujung dengan mual. Bahasa umumnya yaitu tidak enak badan. Bagaimana jika anda mengkonsumsi dengan jangka waktu yang lama ? Akan terjadi alergi, iritasi tenggorokan, memicu penyakit asma , penyebab gangguan pada system ekresi atau pembuangan dan gangguan system saraf serta bisa mengakibatkan kanker.

Sebelum selesai membaca artikel ini akan saya berikan tips buat anda supaya terselamatkan dari bahaya saus dan sambal palsu.

– Yang pertama perhatikan kemasan, kerapihan, cek ijin dari BPOM depertemen kesehatan sambal perhatikan juga harga yang tertera di label nya, apabila harga tersebut dalam kategori wajar anda bisa melanjutkan pengecekan tahap berikutnya.

– Lihat warna sausnya. Saus asli sudah tentu terlihat seperti warna tomat dan cabai asli. Untuk yang palsu aka terlihat warna merah mencolok dan terlihat lebih muda.

Bahaya saus palsu

– Untuk saus asli memiliki kekentalan yang lebih cair. Untuk saus palsu lebih kental dan seakan akan memiliki gumpalan gumpalan kecil karna factor dari zat pormalin.

Oh ya. Bagaimana apabila setelah diperikasa tenyata 3 tips di atas masih belum menunjukkan bahwa saus yang akan anda beli tersebut asli atau palsu? Jangan menyerah dulu ya? Beli saja dulu. Setelah sampai dirumah baru kita lakukan pengecekan lagi.

– Buka saus nya dan anda bisa menghirup aroma nya. Untuk saus asli ia akan beraroma khas tomat dan cabai. Sedangkan saus palsu akan beraroma bawang putih menyengat yang ada di atas tadi untuk menyamarkan bahan bahan yang telah membusuk sebelumnya.

– Terakhir saus asli akan berasa seperti tomat dan cabai yang segar. Untuk saus palsu cenderung kepada rasa gurihnya.

Sip. Sampai disini dulu ya, ini adalah beberapa bahaya yang bisa terjadi pada anda apabila mengkonsumi saus palsu yang akhir-akhir ini yang banyak beredar di pasaran. Semoga anda tetap dalam keadaan sehat dan aman bersama keluarga tercinta anda.