Bahaya Sepeda Motor Bagi Pertumbuhan Anak Usia Dini

Author - May 23, 2015

Bahaya seperda motor bagi pertumbuhan anak usia dini tentunya sangat berkaitan sekali. Karena dizaman sekarang, anak usia dini sudah pintar mengendarai motor dan akhirnya ia merengek-rengek minta di belikan sepeda motor kepada orang tuanya. Nah bagaimana orang tua menyikapi hal ini terhadap anaknya? Ya, jika salah langkah hal ini akan membahayakannya dan juga anaknya juga lho.

bahaya anak kecil mengendarai motor

Sepeda Motor saat ini menjadi favorit semua orang. Alat transportasi yang satu ini, salah satu kendaraan yang paling efektif dan paling diminati oleh semua kalangan, khususnya di Indonesia. Walaupun terkadang ada beberapa titik kelemahan dari transportasi ini seperti musim hujan harus kehujanan ataupun begitu ribet karena harus menggunakan helm. Tetapi, semua orang masih banyak memilih sepeda motor sebagai kendaraan yang paling dianggap cepat dan praktis serta ekonomis. Dengan berbagai produsen, ukuran dan berbagai type sepeda motor saat ini, menekan tingkat penjualan sepeda motor di atas rata-rata tingkat penjualan kendaraan lainnya seperti kendaraan roda empat.

Begitu praktis dan cepat dalam penggunaannya sepeda motor banyak disukai oleh berbagai kalangan dari yang muda sampai dengan yang tua. Tetapi apalah jadinya apabila transportasi yang satu ini harus digunakan oleh anak usia dini? Rasanya tidak begitu aneh saat ini banyak anak di bawah umur sudah di bebaskan oleh orangtuanya dalam menggunakan transportasi yang satu ini. Kita sering sekali melihat anak-anak yang mungkin baru berusia 14-16 tahun sudah berani menggunakan sepeda motor sebagai transportasi kemanapun mereka beraktivitas. Sudah tidak aneh sekolah SD sampai dengan SMP halaman sekolahnya banyak sekali sepeda motor yang terparkir disana. Ironis memang! tetapi seperti itu keadaan saat ini. Pada dasarnya sepeda motor di fungsikan hanya untuk kalangan laki-laki yang menyukai kepraktisan. Juga untuk beberapa kalangan sebagai prastise dalam penggunaannya. Kenyataan yang ada justru banyak orangtua yang memberikan kebebasan yang berlebih bagi anak-anak mereka untuk bisa menggunakan kendaraan yang satu ini.

Banyak orangtua yang memberikan sepeda motor kepada anak-anaknya sebagai hadiah ulang tahun ataupun sebagai hadiah prestasi anak-anaknya. Klo sudah cukup umur sich gak apa-apa!wajar, sah-sah saja! Tp klo anak masih di bawah umur kemudian di dorong untuk belajar dan memberikan sepeda motor sebagai kendaraan mereka. Menurut saya ini yang keliru. Persyaratan yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian pun untuk memiliki surat izin mengemudi alias SIM C (kendaraan bermotor) saja harus usia 17 tahun. Dan kenyataan yang ada tidak demikian. Saat ini akan saya ungkapkan seberapa bahayakah sepeda motor di gunakan oleh anak usia dini :

1. Anak semakin manja

Sifat manja yang terdapat pada anak-anak pasti muncul karena dalam pikiran mereka untuk mendapatkan kendaraan dengan nilai yang tinggi bisa dengan begitu mudah hanya dengan meminta kepada orangtua ataupun hanya karena mereka bisa berprestasi. Dalam pikiran mereka cukup dengan berprestasi ataupun sebagai hadiah ulang tahun, apa yang mereka inginkan dapat tercapai tanpa mereka memahami bagaimana perjuangan orangtua dalam bekerja keras untuk dapat membeli dan memberikan kendaraan tersebut untuk anak-anaknya. Dan setelah ini anak-anak akan selalu meminta, meminta dan terus meminta tanpa berusaha memahami arti perjuangan dan bekerja keras.

bahaya sepeda motor bagi pertumbuhan mental anak

2. Rentan kecelakaan dengan mental yang belum siap

Mental yang begitu belum siap dan matang, serta belum memahami aturan-aturan berkendara dan aturan lalu lintas pastinya dalam penggunaannya anak usia dini belum bisa mengendalikan emosi dalam mengendarai sepeda motor dengan cara yang baik, tertib dan mematuhi semua aturan lalu lintas yang ada. Pada kenyataannya penggunaan sepeda motor oleh anak-anak usia 14-16 tahun lebih cenderung sebagai ajang ugal-ugalan, membuat onar ataupun hanya kebut-kebutan di jalanan. Tidak sedikit juga sebagai style mereka di depan teman-temannya. Cenderung mereka tidak mematuhi aturan dan sebagai pemandangan yang biasa mereka terkadang berboncengan melebihi kapasitas dan tanpa menggunakan helm. Tentunya hal ini tidak bagus dan ujung-ujungnya tidak sedikit orangtua harus merasa sedih dan kehilangan jika mendengar anaknya mengalami kecelakaan, apakah itu harus melihat anaknya kehilangan kakinya? Harus melihat anaknya masuk rumah sakit karena luka yang di dapat ataupun orangtua harus mendengar anaknya tinggal nama saja. Hal itu tidak di inginkan oleh semua orangtua manapun!

bahaya sepeda motor bagi pertumbuhan anak kecil

3. Anak memiliki sifat sombong untuk menentukan jati dirinya

Sifat sombong yang dimiliki oleh anak-anak dibawah umur bukanlah hal baik kita dengar. Hal ini karena sifat manja yang terbentuk dalam diri mereka menjadikan kemampuan berpikir anak-anak kita semakin tidak dewasa. Kemudahan-kemudahan yang mereka peroleh bukan karena kerja keras melainkan kebanyakan mereka menggunakan barang-barang yang mereka pakai sebagai penentuan jati dirinya di depan teman-teman. Buat mereka yang berusia 14-16 tahun dapat mengendarai sepeda motor suatu kebanggaan dalam dirinya untuk dapat menunjukkan bahwa mereka lebih baik daripada yang lainnya.

bahaya sepeda motor bagi pertumbuhan anak kecil

4. Orangtua semakin tidak dewasa

Kenapa saya katakan orangtua tidak begitu dewasa dalam hal ini, karena saking sayangnya orangtua kepada anak-anak mereka ataupun karena tidak ingin melihat anak-anaknya merasa berkekurangan orangtua memberikan kelonggaran dalam segala kemudahan yang diharapkan anak-anak, tanpa mempertimbangkan pertumbuhan mental anak-anaknya. Memberikan sepeda motor dan memotivasi mereka untuk bisa berkendara itu bagus tetapi sebaiknya di usia yang cukup. Untuk memberikan sesuatu yang membuat si anak senang tidak keliru. Tetapi, apabila barang itu cukup membahayakan kenapa tidak dipertimbangkan terlebih dahulu untuk sementara waktu hingga mental anak cukup dalam mengendarai sepeda motor dan anak-anak bisa memahami aturan-aturan yang ada.

bahaya sepeda motor bagi anak

Dengan apa yang saya paparkan, saya harap semua orangtua lebih tergerak kembali untuk lebih bijak membentuk generasi-generasi muda kita saat ini dengan pribadi yang kurang pantas untuk diperlihatkan di depan umum. Rasa sayang yang di miliki oleh semua orangtua, kita pantaskan dengan cara-cara yang lebih bijak lagi tentunya untuk keselamatan dan perkembangan masa depan mereka.

Ya, tentunya hal ini harus menjadi perhatian utama bagi orang tua yang memiliki anak yang masih kecil dan sedang tumbuh dan mengikuti lingkungan sekitar serta teman-teman yang mengenal motor. Nah perlu juga anda ketahui bahwa apakah ketika anak anda mengendarai kendaraan ini ia pasti akan mengikuti aturan ataupun protokoler yang harus di terapkan ketika mengendarai motor. Untuk keamanan dan keselamatan nyawanya silahkan anda renungkan pertanyaan ini. Yaitu Apakah anda melakukan 4 kesalahan berbahaya ini ketika mengendarai motor?

Nah, jika anda atau anak anda melakukan kesalahan berbahaya di atas jika mengendarai motor, sepertinya anda akan mengalami bahaya bagi kehidupan dan masa depan anda. Nah untuk menambah pengetahuan dan bahaya-bahaya lainya terutama mengenai kesehatan, anda bisa melihat langsung di Bahayapedia.com tepatnya di kategori Kesehatan. Disana anda bisa memilih dan membaca artikel-artikel yang membahas mengenai bahaya-bahaya yang bisa merugikan kesehatan anda.

Terimakasih telah membaca artikel Bahaya sepeda motor bagi pertumbuhan anak usia dini ini. Semoga bermanfaat bagi anda dan juga bagi mental dan kepribadian anak kesayangan anda. Supaya anak anda menjadi anak yang mandiri, bekerja keras, pintar dan menjadi pribadi yang sukses.