Bahaya Terlalu Memanjakan Anak Bisa Berdampak Buruk Bagi Masa Depannya

Author - May 16, 2015

Hai, tahukah anda bahaya terlalu memanjakan anak bisa berdampak buruk bagi masa depannya? Ya, bagi anda yang suka memanjakan anak-anak anda dengan keterlaluan sepertinya merupakan keputusan dan kesalahan yang patal dan berakibat panjang. Artinya akibat dari bahaya memperlakukan anak dengan terlalu manja ini dampak bahayanya bukan tidak terjadi pada saat ini saja, melainkan akan berlanjut kepada masa yang panjang yaitu masa depannya nanti.

Bahaya terlalu memanjakan anak bisa berdampak buruk bagi masa depannya

Tidak menutup kemungkinan tentunya jika anak yang anda manjakan tersebut menjadi orang yang lemah dan gagal dalam membawa dirinya dengan kehidupan baru disaat orang tua sudah tidak ada, maka hal ini sama saja anda menyiksa mereka dengan cara memperlakukan mereka dengan perlakuan yang memanjakan.

Tidak hanya anak anda yang rugi ketika mentalnya tidak siap untuk bersaing dimasa depannya, namun istri dan anak-anaknya akan merasakan sebuah kehampaan hidup jika ia mendapatkan seorang ayah yang tidak memiliki jiwa mandiri dan tidak memiliki mental juang yang tinggi untuk kehidupan rumah tangganya. Hal ini hanya dikarenakan anda sebagai orang tua memperlakukan anak anda disaat ia kecil dengan kemanjaan.

Hanya anda sebagai orang tua yang bisa membentuk anak anda menjadi anak yang kuat atau menjadi anak yang lemah. Nah disini ada beberapa bahaya yang bisa terjadi ketika anda terlalu memanjakan anak anda hingga berdampak buruk bagi masa depannya. Bahaya-bahaya tersebut adalah sebagai berikut:

– Anak tidak siap hidup tanpa orang tua ketika sudah berkeluarga

Ya, hal ini sangatlah berbahaya bagi anda sebagai orang tua yang memperlakukan anak dengan terlalu memanjakannya. Meskipun anda menyayangi dan mengasihinya, hal itu merupakan sesuatu keharusan, tetapi anda jangan terlalu berlebihan hingga orientasinya berarah kepada memanjakannya. Karena disaat anda memanjakannya dengan keterlaluan yang menjadi bahayanya adalah di masa depannya ia tidak siap dan sanggup untuk hidup mandiri. Jadi ia bisa hidup apabila berada disamping anda meskipun ia telah berkeluarga.

bahaya terlalu memanjakan anak bisa berdampak buruk bagi masa depan

– Anak tidak memiliki mental juang

Mental juang dalam hidup sangatlah penting dan harus dimiliki oleh anak anda. Terutama bagi anak anda yang telah berkeluarga. Seorang kepala keluarga harus memiliki mental juang yang tinggi untuk memperjuangkan kebahagiaan, keamanan, kesejahteraan anak dan istrinya. Ya, benar sekali ternyata banyak suami-suami atau kepala rumah tangga yang lemah dan menyerah ketika menjalani dan menghadapi masalah dalam rumah tangganya. Baik masalah ekonomi, sosial dan lainnya.

Ketika anak anda sejak kecil terbiasa dengan kemanjaan, maka mentalnya tidak terbentuk menjadi mental yang kuat, yaitu memiliki mental juang yang tinggi. Ia hanya mampu melakukan sesuai kemampuannya dan jika ia tidak bisa maka ia akan mengadu dan mengeluh. Nah ketika ia telah berkeluarga dan menjadi kepala keluarga tentunya dengan bermental seperti ini sangatlah tidak menguntungkan, bahkan hanya menjadi sumber bahaya bagi keluarganya.

bahaya terlalu memanjakan anak bagi masa depannya

– Anak menjadi tidak tegas

Seorang anak yang terbiasa dengan kemanjaan oleh orang tuanya sejak kecil, maka anak tersebut tidak memiliki prinsip dalam hidup. Dan hasilnya ketika ada masalah dalam rumah tangganya, maka ia hanya bisa mengeluh dan mengeluh tanpa bisa mencari dan menyelesaikan sendiri masalah tersebut dengan dasar prinsip-prinsip yang telah ia miliki.
Anak yang biasa di perlakukan dengan terlalu memanjakannya ini menjadi lemah. Karena ia tidak memiliki motivasi yang tinggi untuk menyelesaikan apapun dengan sendiri. Karena ia biasanya setiap masalah diselesaikan oleh orang tua tanpa harus ia berpikir dan berusaha bersusah payah.

Nah, benar sekali ternayata bahaya terlalu memanjakan anak bisa berdampak buruk bagi masa depannya. Ketika anda menyadari hal ini sejak awal, saya yakin anda akan seperti para orang tua yang membentuk anak dengan dedikasi yang bagus. Yaitu dengan membentuk anda menjadi mandiri dan memiliki mental juang yang tinggi.

bahaya terlalu memanjakan anak bagi masa depan

Nah tentunya jika anak anda telah berkeluarga dan menjadi kepala keluarga dengan memiliki pribadi yang mandiri dan mental juang yang tinggi, sepertinya anda sangat senang dengan keadaan ini. Mengapa demikian? Karena anak anda bisa hidup tanpa anda dan bahkan ia bisa menghidupkan orang lain yang ada di sekitarnya.

Terimakasih telah membaca artikel Bahaya terlalu memanjakan anak bisa berdampak buruk bagi masa depannya. Semoga bermanfaat bagi anda dan juga bagi anak anda. Nah jika anak anda telah mandiri, ketika anda sudah di panggil ke rahmatullah, maka anda tidak meninggalkan beban bagi orang yang anda tinggalkan. Karena anak anda mampu hidup tanpa anda.

Bagi anda sebagai orang tua yang terpaksa hidup sendirian di rumah, hal ini merupakan sesuatu yang bagus. Namun dilihat dari tingkat keamanannya, hal ini sangatlah rendah. Oleh itu bahayapedia.com merilis artikel yang penting tersebut dengan judul Bahaya tidur malam sendirian di rumah bagi keamanan hidup anda.

Untuk anda yang menginginkan kehidupan ini berjalan dengan baik, sehat dan sejahtera. Ada satu hal yang tidak bisa mengganggu hidup anda. Apakah itu? Yaitu sakit. Nah,ketika anda sedang sakit, maka anda tidak bisa menikmati indahnya hidup ini. Meskipun itu hanya sakit gigi. Oleh itu alangkah baiknya anda mengenali penyebab-penyebab berbahaya, kesalahan berbahaya, dan kebiasaan yang berbahaya yang bisa menyebabkan anda mengalami sakit tersebut di Bahayapedia.com tepatnya di kategori Kesehatan.