Bahaya Tidak Menggunakan Helm Bagi Kesehatan Dan Keselamatan Nyawa Anda

Author - May 30, 2015

Bahaya tidak menggunakan helm bagi kesehatan dan keselamatan nyawa anda tentunya merupakan faktor utama yang sangat berpengaruh dan berbahaya ketika anda mengendarai kendaraan bermotor. Kurangnya kesadaran untuk menggunakan helm ketika mengendarai motor merupakan faktor utama yang menyebabkan anda mengabaikan helm dengan meninggalkan di rumah dan juga hanya menyangkutkan helm di tempat gantungan motor.

bahaya tidak menggunakan helm

Bahaya tidak menggunakan helm bagi kesehatan dan keselamatan nyawa anda tentunya sudah sering di ingatkan dan di himbau oleh produsen motor dan termasuk di tindak lanjuti oleh kepolisian Negara Republik Indonesia. Nah, mungkin bagi anda yang kurang mengetahui bahaya tidak menggunakan helm ini anda hanya mengingat bahwa bahaya tidak menggunakan helm salah satunya karena takut di tilang ya, hehehe.

Sebenarnya Karena terlalu serius dan fatalnya bahaya tidak menggunakan helm ini, maka pemerintah ikut andil dan memberikan perhatian kepada pengguna sepeda motor agar ketika mengendarai motor dan ketika terjadinya kecelakaan, maka anda tidak mengalami bahaya-bahaya yang mengerikan hinga bisa hilangnya nyawa anda.

Nah, oleh itu mari kita lihat apa saja bahaya-bahaya yang bisa terjadi ketika anda tidak menggunakan helm disaat mengendarai motor di bawah ini.

Ya, bahaya-bahaya yang bisa terjadi dari tidak menggunakan helm ketika mengendarai motor adalah sebagai berikut:

– Cedera kepala

Bahaya tidak menggunakan helm salah satu yang berbahaya sekali adalah cedera kepala. Nah, karena kepala merupakan daerah yang sangat rawan, berbahaya dan sensitif maka ketika anda mengalami kecelakaan dan terkena kepala maka hal ini banyak yang menjadikan korban hingga kehilangan nyawa. Mengapa demikian? Karena di bagian kepala seolah-olah sangat berdekatan dengan nyawa manusia. Di bagian kepala terdapat otak dan saraf-saraf penting, dimana ketika otak dan saraf-saraf penting tersebut terganggu atau rusak maka ada beberapa kejadian yang menyebabkan hilang ingatan dan tewas di tempat.

Tidak menutup kemungkinan dengan pengalaman-pengalaman yang sering terjadi. Ketika seseorang mengalami kecelakaan motor di jalan raya, sering terjadinya pecah kepala, bocor kepala. Nah, tentunya hal ini tidak bisa di berikan pertolongan karena nyawanya bisa lewat dalam hitungan beberapa detik.

Ya, bahaya tidak menggunakan helm ketika mengendarai motor memanglah sangat berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan nyawa anda.

bahaya tidak menggunakan helm bagi kesehatan

– Mata mudah terkena debu dan binatang

Bahaya tidak menggunakan helm ketika mengendarai motor tentunya bukan lagi hal yang baru, dan salah satu bahaya berikutnya adalah anda akan mengalami gangguan yang berbahaya yaitu mata anda mudah terkena debu dan binatang. Mungkin bagi anda yang sering nakal tidak menggunakan helm ini anda telah merasakan gangguan yang berbahaya ini. Mengapa berbahaya? Ketika anda mengendarai motor dengan kecepatan tinggi dan tiba-tiba mata anda kemasukan debu atau binatang, biasanya mata anda secara otomatis tidak bisa melihat dan perih serta kesakitan. Lalu konsentrasi anda akan buyar karena secara otomatis mata anda akan tertutup. Nah, tentunya hal ini bisa mengakibatkan anda lepas kontrol hingga bisa menabrak orang yang ada di depan ataupun anda bisa masuk ke jurang.

Biasanya banyak gangguan-gangguan debu dan binatang ini terjadi pada sore hari, ketika banyak binatang-binatang pada berkeliaran manyambut waktu senja. Ya, semoga bahaya debu dan binatang ini tidak terjadi pada anda. Tentunya dengan syarat utama anda tetap disiplin menggunakan helm kemanapun anda pergi.

bahaya tidak menggunakan helm bagi keselamatan nyawa anda

– Masuk angin

Bahaya tidak menggunakan helm ketika mengendarai motor tentunya tidak ada habis-habisnya. Termasuk yang satu ini, yaitu membuat anda mudah masuk angin. Ya, benar sekali. Ketika anda tidak mengguanakan helm di saat mengendarai motor, ternyata memang benar tubuh anda akan mengalami gangguan masuk angin.

Ditambah lagi ketika anda melewati daerah-daerah yang dingin seperti daerah pegunungan. Maka rasa dingin tersebut sangat mudah mengganggu kesehatan anda hingga anda tidak mempunyai penangkal dingin. Nah, helm adalah salah satu alat bantu untuk menangkal rasa dingin ketika anda mengendarai motor di daerah pegunungan.

bahaya tidak menggunakan helm ketika mengendari motor

– Mudah terkena jerawat

Hai, bahaya tidak menggunakan helm ketika mengendarai motor ternyata bisa merusak kesehatan kulit dan penampilan anda. Nah anda dengan mudah terkena debu-debu yang mengandung kotoran-kotoran yang bisa merusak kulit wajah anda. Nah, ketika debu-debu tersebut menempel di kulit muka anda, maka secara pasti jerawat anda akan menyarang di muka kesayangan anda.

Banyak diantara anda yang tidak menyadari mengapa jerawat anda susah sekali hilang dan muka anda jadi tidak terlihat cantik. Sebenarnya faktor utamanya adalah karena muka anda sering terkena kotoran dan debu-debu yang mengandung bakteri-bakteri. Nah, inilah penyebab terjadinya kerusakan di muka anda dengan bermunculan jerawat-jerawat nakal.

bahaya tidak menggunakan helm disaat mengendari motor

Bahaya tidak menggunakan helm ketika mengendari motor bagi kesehatan dan keselamatan nyawa anda tentunya sangat mungkin dan bahkan sudah banyak terjadi dan menjadi contoh korban-korban yang berbahaya dan menakutkan. Ya, bahaya-bahayanya sangat mengerikan seperti yang disebutkan diatas yang bisa menyebabkan pecahnya kepala dan meninggal dunia ini mungkin saja bisa terjadi pada anda. Tentunya ketika anda mengabaikan kedisiplinan dalam mengendarai motor salah satunya tidak menggunakan helm.

Perlu juga anda ketahui terkadang ketika terjadi kecelakaan, helm nya saja bisa ikut pecah apalagi kepalanya. Nah, bagaimana jika tidak menggunakan helm? Ya, yang pasti kepalanya tidak memiliki alat pengaman pertama yang bisa melindungi keamanan dan keselamatannya.

Terimakasih telah membaca artikel Bahaya tidak menggunakan helm bagi kesehatan dan keselamatan nyawa anda ini. Semoga bermanfaat dan setiap anda mengendarai motor anda tidak pernah mengabaikan helm atau hanya menggantungkan helm anda di gantungan motor.

Oh ya, Tahukah anda ternayta masih ada bahaya yang hampir sama ketika anda mengalami kecelakaan di jalan raya? Ya, yaitu bahaya jatuh dari kamar mandi. Ya, seperti yang dilansir di artikel Bahaya jatuh dari kamar mandi sama seperti bahaya kecelakaan di jalan raya.

Yup, untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan dan keselamatan hidup anda, jangan lupa untuk senantiasa berselancar di Bahayapedia.com. Kerena Bahayapedia.com hadir untuk memberikan informasi mengenai bahaya-bahaya yang bisa mengganggu dan membahayakan kesehatan, keselamatan dan kehidupan anda. Yup, lihat bahaya-bahaya yang bisa membahayakan kesehatan anda tepatnya di kategori Kesehatan ini.