Jauhkan Dari 3 Pertanyaan Berbahaya Yang Bisa Merusak Keharmonisan Komunikasi Anda?

Author - April 16, 2015

Hai, tahukah anda 3 pertanyaan berbahaya yang bisa merusak keharmonisan kemunikasi anda? Komunikasi yang harmonis dan langgeng baik terhadap orang yang baru saja anda kenal, merupakan sebuah tujuan pasti yang ingin dicapai saat itu juga. Terutama apabila anda baru saja berkenalan dengan seseorang yang mungkin ia adalah salah seorang yang akan menjadi teman, relasi, tetangga atau bahkan menjadi pasangan hidup anda. Siapa tahu, kan?

Disaat anda baru saja berkenalan, terkadang anda merasakan sebuah kecanggungan terhadap pasangan komunikasi baru anda. Dimana untuk membuat suasana tetap nyaman dan tidak membosankan anda seringkali bingung atau mati akal. Nah, saat inilah anda berpikir keras untuk mengajukan beberapa pertanyaan yang bertujuan agar suasana komunikasi anda berjalan dengan harmonis lancar seperti air mengalir.

jauhi dari 3 pertanyaan berbahaya yang bisa merusak keharmonisan komunikasi

Bagi anda yang telah mahir dan berpengalaman dengan ilmu komunikasi ini, sepertinya anda tidak memiliki kendala yang signipikian, namun apabila anda masih baru, terkadang timbul rasa kurang percaya diri, hingga anda canggung untuk berbicara dengan pasangan anda. Yang menjadi bahayanya adalah disaat anda bingung untuk berbicara anda memaksakan diri untuk mengajukan pertanyaan. Benar sekali, Itu adalaha salah satu cara untuk menghidupkan suasana komunikasi daripada anda diam membisu, bukan?

Tetapi, untuk kelancaran dan keharmonisan komunikasi tersebut, anda jangan sampai mengajukan pertanyaan yang salah dan nantinya bisa merusak keharmonisan komunikasi anda. Ya, agar aman, anda harus menjauhkan 3 pertanyaan berbahaya yang bisa merusak keharmonisan komunikasi anda kepadanya, yaitu:

– Menanyakan status agama

Ya, ini adalah kesalahan berbahaya pertama apabila anda menanyakan status agama terhadap orang yang baru anda kenal. Karena agama merupakan urusan sangat pribadi antara dia dengan Tuhannya. Mau dia agama apa, itu urusan dia. Karena yang dikhawatirkan adalah dia bisa tersinggung dengan pertanyaan anda.

Kemungkinan yang kedua adalah, apabila agama tersebut ternyata berbeda. Nah ini yang membuat sebuah perbedaan yang muncul seketika itu juga. Karena beda paham, maka bisa jadi ia bertentangan dan mengakibatkan percekcokkan. Yah, rusaklah keharmonisan komunikasi anda.

Jauhi dari 3 pertanyaan berbahaya yang bisa merusak keharmonisan komunikasi anda

– Menanyakan status perkawinan

Anda sedang berkomunikasi dengan pria atau wanita yang baru anda kenal? Ya, bagus, tetapi anda jangan melakukan kesalahan berbahaya dengan mengajukan pertanyaan mengenai status perkawinannya. Mengapa? Ya, bisa jadi pada saat itu ia belum berhasil dalam perkawinan. Dalam artian, mungkin ia belum menikah hingga usia sekian tuanya, atau sudah menikah namun ia bercerai.

Nah, ini yang membuat ia tidak nyaman dengan anda dan beberapa orang yang tidak menyukai pertanyaan anda maka ia bisa menjawab dengan jawaban yang ekstrim. Seperti, maaf itu urusan pribadi saya, atau apa maksud anda? Hal ini memungkinkan terjadi. Karena menanyakan status perkawinan seseorang terutama pada saat baru berkenalan ini bukan pertanyaan yang tepat.
– Menanyakan gaji

Yah, meskipun anda memiliki gaji dan penghasilan yang tinggi sepertinya anda tidak perlu menceritakan kepada orang yang baru anda kenal. Termasuk menanyakan tentang gaji terhadap orang yang baru anda kenal. Benar, ini bisa merusak keharmonisan komunikasi anda. Mengapa? Karena gaji seseorang menunjukkan kwalitas seseorang dan termasuk sebuah kehormatan di sosial. Apabila gajinya tinggi seseorang bisa percaya diri tinggi. Namun apabila gajinya rendah maka ia bisa malu.

Nah untung ia hanya malu, namun bagaimana apabila ia tersinggung? Tentunya repot bukan? Ya, sangat repot. Bisa-bisa dalam beberapa menit berikutnya ia akan pamit untuk pergi meninggalkan anda. Bagiamana keharmonisan komunikasi anda? Gagal. Karena apa? Mungkin ia berpikir ini adalah pertanyaan yang terkoyol dalam sejarah hidupnya. Dan dia beranggapan bahwa anda termasuk orang yang mencampuri urusan orang lain.

jauhi dari 3 pertanyaan berbahaya yang bisa merusak komunikasi anda

Biasanyanya hal ini sering terjadi pada anda yang masih beru berkenalan atau bertatap muka. Anda terkadang ragu untuk memulai dan membuat suasana komunikasi agar harmonis, terlihat hidup dan lancar seperti air mengalir. Ketahuilah untuk kelancaran dan keharmonisan komunikasi yang terpentig adalah anda jangan terlalu menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan pribadi seseorang. Nanti anda dibilang kurang ajar, Hehehe.

Ada tips ini untuk memperlancar dan meningkatkan keharmonisan anda, yaitu dengan menanyakan:

– Apa hobinya?
– Apa olahraga kesukaanya?
– Apa kesenangannya
– Apa cita-citanya
– Dll

Terimakasih telah membaca artikel yang sederhana ini, semoga bahaya ini tidak terjadi pada anda. Yup, mumpung masih ada kopi hangat digelas anda, kita lanjutkan membaca beberapa artikel bermanfaat tentang bahaya, di Bahayapedia.com atau anda bisa langsung saja ke artikel menarik ini tahukah anda, bahaya mana, orang pendiam atau orang yang banyak omong?