Seberapa Besar Bahaya Penggunaan Kartu Kredit Bagi Keuangan Anda?

Author - April 18, 2015

Kartu Kredit,alias Credit Card siapa yang gak tahu guys ???? Hari gini gak pake kartu kredit kita seolah-olah ketinggalan zaman. Karena yang kita tahu Zaman modernisasi dan super cepat seperti sekarang ini bukan Cuma ATM alias Anjungan Tunai Mandiri saja yang kita punya dalam isi dompet kita. Zaman sekarang bisa kita cek satu-persatu isi dompet semua orang pasti di dalamnya sudah memiliki kartu kredit. Terkadang dalam isi dompet mereka bisa memiliki lebih dari satu kartu kredit. Apalagi untuk beberapa kalangan memungkinkan mereka menggunakan kartu kredit dengan berbagai jenis Bank penerbit. Untuk jenis kartu kreditnya sendiri memungkinkan dengan berbagai macam & dengan limit yang berbeda-beda pula. Saat ini untuk seluruh perbankan di Indonesia sudah semuanya menawarkan produk yang satu ini, tentunya dengan berbagai macam program di dalamnya. Apakah itu berupa Diskon ataupun Promo produk. Persaingan bunga kartu kredit yang kompetitif serta limit kartu kredit yang ditawarkan.

bahaya kartu kredit terhadap keuangan anda

Promo-promo yang ditawarkan oleh kartu kredit terkadang membuat kita tidak bisa menolak untuk menggunakan fasilitas yang satu ini. Untuk jenis kartu kreditnya sendiri ada yang berupa Mastercard maupun Visa, salah satu contohnya “Diskon belanja, diskon pembelian Tiket Pesawat Terbang ataupun diskon 10 % makan malam di Ryoshi Japanase Resto di Bali “ Sapa yang gak mau???? Ibarat mau liburan gak bakalan nemuin kendala. Semua mudah buat Credit Card. Mau diner ama cewek gesek aja Credit Card, mau liburan dan berjemur di Bali gesek aja credit card, apalagi klo mau belanja ya tinggal gesek credit card hehehehehe…keren gak tuh. Semuanya mudah, Apalagi kartu kredit bisa digunakan dalam keadaan darurat ataupun dalam kondisi panik.

Sebenarnya seberapa penting penggunaan kartu kredit untuk saat ini??? Yesssss……..”good question”. untuk beberapa kalangan memiliki kartu kredit mereka gunakan dengan sangat bermanfaat dan efektif dalam bertransaksi, untuk mereka menggunakan kartu kredit bukan lagi sebagai trend hidup mereka. Tetapi merupakan salah satu fasilitas pendukung akan aktivitasnya. Kalangan-kalangan yang lebih senang dalam penggunaan kartu kredit mulai dari executive muda,pegawai kantoran, pengusaha, profesionalisme tapi jangan heran untuk zaman modernisasi saat ini mahasiswa pun ada yang sudah menggunakan kartu kredit. Tetapi untuk menjawab pertanyaan yang satu ini, kita mesti tahu dari sekian banyaknya kemudahan yang ditawarkan kartu kredit, ada alasan lain akan penggunaan kartu kredit.

bahaya kartu kredit bagi keuangan anda

Alasan lain dimana kartu kredit juga dapat dikatakan bukan sesuatu yang cukup menggembirakan untuk dana keuangan kita. Karena dengan berbagai kemudahannya bisa dipergunakan untuk berbagai hal dan memudahkan kita dalam berbagai aktivitas, kartu kredit ujung-ujungnya kita “sakit tenggorokan” alias tercekik dengan tagihannya. Disini saya paparkan bahaya penggunaan kartu kredit yang tidak tepat dan efisien sehingga kita tidak terjebak dengan penggunaan kartu kredit hingga merusak keuangan :

1. Kartu kredit terkadang difungsikan sebagai alat pembayaran, justru disitu para pengguna kartu kredit sering terjebak dalam penggunaan untuk berbelanja yang tidak penting, bukan berfungsi sebagai pengganti uang tunai.

Kartu kredit sangat pintar menggoda semangat anda untuk membeli apapun, terutama bagi anda yang gemar berbelanja atau pecinta barang yang berlebihan. Disaat anda memegang kartu kredit sepertinya membuat anda untuk tidak menunda membeli barang-barang keluaran terbaru baik dari elektronik maupun pashion. Yah, bahkan barang-barang yang tidak penting pun anda beli.

Namun setelah tagihan bulanan kartu kredit membengkak baru anda menyadari dan sadar hingga tepat pada suatu sejarah anda hanya bekerja menggali lobang tutup lobang. Mungkin ini sejarah yang sangat pahit bagi anda apabila anda telah terpuruk dan terjerat oleh kartu kredit.

bahaya kartu kredit terhadap kehidupan

2. Pengguna kartu kredit harus menerima tagihan kartu kredit yang membengkak alias berbunga bunga, karena bunga yang sangat tinggi. Rasanya sakit kepala ini memikirkan tagihan yang begitu besar.

Yah, karena bunga kartu kredit begitu besar, dan apabila anda pernah tertunda membayarnya ini bahaya bagi ekonomi anda. Karena bunganya berbunga lagi di bulan berikutnya. Capek deh, akhirnya anda emosi tingkat tinggi dan ngambek-ngambek datang ke bank.

3. Harus selalu bersabar dengan dering telpon ataupun bunyi handphone yang selalu mengingatkan kita untuk membayar kartu kredit alias Telemarketing.

Ya, Ini sangat mengganggu sekali bagi ketentraman dan ke focusan kerja anda. Disaat anda sedang serius bekarja, anda seringkali menerima panggilan telepon yang hanya membahas mengenai kartu kredit dan kartu kredit. Ini sangat melelahkan bagi anda yang menggunakan kartu kredit hanya sekedar kebutuhan biasa-biasa. Bukan untuk dijadikan sumber atau modal usaha.

4. Dengan menggunakan kartu kredit pola hidup kita semakin menjadi konsumtif, memungkinkan yang tidak perlu kita beli atau kita gunakan menjadi dibeli.

Ya, bagi anda yang sudah memiliki kebiasaan bahaya konsumtif, nah setelah anda mendapatkan kartu kredit sepertinya penyakit bahaya konsumtip anda bisa semakin parah dan melebar. Karena kartu kredit mengincar orang seperti anda ini. Ya, berhati-hati sebelum terjebak oleh kebiasaan berbelanja yang tidak perlu dan terjebak oleh hutang atau tagihan bulanan kartu kredit yang besar.

bahaya kartu kredit pada keuangan anda

5. Dengan banyaknya memiliki kartu kredit kita harus dipusingkan dengan membayar biaya administrasi tahunan yang cukup besar.

Ya, bagi anda yang tidak puas memiliki satu kartu kredit terkadang anda tidak menyerah untuk memiliki dua sampai tiga kartu kredit. Bahayanya apa? Semakin banyak kartu kredit yang anda miliki maka semakin banyak pula biaya administrasi tahunan yang harus anda bayar dalam jumlah yang lumayan besar. Belum ditambah lagi dengan tagihan bulanan. Capek deh.
Untuk itu pikirkan berulang-ulang kali untuk menggunakan kartu yang satu ini. kalo masih bisa menggunakan uang tunai kenapa harus menggunakan kartu kredit. Itupun klo anda tidak mau mendapatkan serangan jantung secara mendadak hanya memikirkan tagihan kartu kredit,hehehe.

bahaya kartu kredit bagi keuangan

Satu yang salah bagi anda anak muda sekarang yaitu anda memiliki tingkat gengsi yang tinggi. Melihat teman memiliki kartu kredit anda juga tidak mau kalah. Sebisa mungkin anda juga harus bisa memiliki kartu kredit supaya terlihat gaul, beruang, modern dan kaya. Tetapi dibalik itu bahaya kartu kredit sedang menggrogoti keuangan anda.

Terimakasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat. Oh ya, Bahayapedia.com menyediakan artikel menarik tentang kejadian berbahaya mengenai kartu ATM yang sering terjadi kegagalan transaksi dan beberapa kendala lainya yang bisa berbahaya bagi saldo rekening anda. Yup lihat artikel Bahaya dibalik ATM tertelan karena sejatinya tidak tertelan dan Berbahayakah ATM tertelan terhadap saldo yang berada didalamnya?