Seperti Apa Bahayanya Obesitas Bagi Anda Seorang Anak Muda?

Author - November 30, 2015

Mungkin anda setuju mengenai masalah obesitas merupakan masalah yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan baik itu untuk pria ataupun wanita. Banyak hal yang menyebabkan terjadinya obesitas ini. Obesitas atau dapat dikatakan kegemukan merupakan suatu kondisi tubuh yang memiliki kelebihan lemak dalam tubuh. Kondisi tersebut saat ini sangat banyak dialami disekitar anda, ataukah mungkin anda sendiri sekarang sedang mengalami kondisi tersebut.

Obesitas atau kegemukan untuk saat ini, Negara Indonesia masuk dalam urutan sepuluh besar setelah Negara jerman diurutan delapan dan Pakistan diurutan Sembilan. Untuk Negara dengan urutan pertama yang saat ini sedang menghadapi permasalahan obesitas merupakan Negara Amerika Serikat. Walaupun banyak program kesehatan yang menawarkan penurunan berat badan, hal itu belum dapat menyelesaikan permasalahan obesitas saat ini.

bahaya anakmuda obesitas

Faktor penyebab terjadinya obesitas saat ini adalah :

1. Ketidakseimbangan Hormon dalam tubuh
2. Pola hidup tidak sehat
3. Pola makan tidak sehat
4. Program diet dengan cara yang salah
5. Stress
6. Kurang tidur alias begadang dapat memicu nafsu makan
7. Tidak pernah Olahraga

Dengan beberapa factor penyebab diatas, anda harus memiliki semangat untuk merubah pola hidup anda menjadi pola hidup sehat, dan anda pun harus mengkonsumsi makanan sehat dan teratur tidak secara berlebihan. Kondisi obesitas saat ini sudah semakin memburuk dan dapat berujung kepada kematian. Mengapa demikian? Sudah jelas lemak yang berlebih dalam tubuh dapat menyumbat beberapa organ tubuh anda sehingga organ tubuh tidak dapat bekerja dengan maksimal. Obesitas atau kegemukan dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, kanker, asma, stroke, dan lain-lain.

Dengan begitu banyaknya asupan energi makanan yang masuk dalam tubuh anda tanpa dilakukan penyortiran dalam pola makan sehat, juga tidak diimbangi dengan olahraga yang teratur kondisi obesitas tersebut dapat cepat bertambah dalam tubuh anda. Ada beberapa dampak obesitas yang akan terjadi jika anda tidak secepatnya merubah pola hidup sehat anda, seperti :

1. Minder alias tidak Percaya Diri

Biasanya kondisi ini pasti dialami oleh penderita obesitas terutama anak muda. Rasa minder dan tidak percaya diri disebabkan karena bentuk tubuh yang tidak ideal dan terlalu sering menjadi komentar ataupun sampai candaan teman-teman anda saat berkumpul.

2. Sulit mencari pakaian
Masalah yang kedua selain rasa minder bagi anak muda adalah sulit mencari pakaian yang sesuai dengan tubuh anda yang sedang mengalami obesiatas. Terkadang anda menyukai model pakaian yang ada di mall, tetapi setelah anda menanyakan ukurannya lebih sering untuk penderita obesitas akan merasa sedih karena pakaian yang dipilih tidak ada ukuran besar.

3. Aktivitas menjadi terhambat

Dampak lain yang dirasakan oleh penderita obesitas adalah aktivitas semakin terhambat dikarenakan kondisi tubuh yang tidak mendukung. Biasanya anda bisa beraktivitas dengan energik saat ini anda selalu merasa cepat lelah dalam beraktivitas. Jelas obesitas atau kegemukan menjadikan anda sebagai anak muda menjadi kesulitan untuk bergerak hingga bisa mengurangi beberapa kegiatan penting yang harus anda batalkan karena obesitas ini.

4. Frustasi

bahaya anak muda obesitas

Bagi anak muda yang mengalami obesitas tidak sedikit dari anda yang mengalami frustasi dengan kondisi tubuh saat ini. Rasa frustasi akan dialami apabila anda sudah berusaha mengikuti program diet dengan maksimal. Baik itu Diet ketat dengan mengkonsumsi pil ataupun obat-obat herbal, diet carbo maupun program diet lainnya jika tidak membuahkan hasil bukan tubuh yang mengecil justru tubuh anda semakin membesar dikarenakn rasa frustasi tersebut.

Dengan kondisi tersebut tentunya akan menjadikan moril anda menurun dan apabila hal ini terjadi terus-menerus dalam kurun waktu yang lama dalam kehidupan anda, bisajadi kehidupan anda sebagai anak muda bisa merusak masa depan anda untuk menjadi pribadi yang berilmu, berpengalaman dan sukses.

Tentunya tidak ada semua usaha yang membuahkan hasil secara cepat. Anda sebagai anak muda harus tetap semangat dan pantang menyerah untuk menyelamatkan bahaya obesitas ini baik dengan mengatur pola hidup sehat dan olahraga yang teratur, Jangan anda buang waktu hanya dengan ngemil setiap saat apalagi disaat anda sedang berkumpul. Lakukan perawatan tubuh dengan melakukan olahraga yoga sebagai penyeimbang pola hidup sehat anda.

Terimakasih telah membaca artikel Seperti Apa Bahayanya Obesitas Bagi Anda Seorang Anak Muda?. Semoga bermanfaat untuk kehidupan anda yang harus anda setting dari sekarang ini.

Untuk anda anak muda yang sedang mengejar cita-cita anda tentunya anda harus juga menjaga beberapa faktor. Terutama faktor kesehatan dan keselamatan. Karena apabila anda sukses tetapi tidak sehat tentunya anda tidak bahagia dan begitu juga dengan keselamatan anda. Mari perhatikan artikel keselamatan untuk anda ini yang berjudul Bahaya pulang kerja hingga larut malam bagi kehidupan anda.