Tahukah Anda Bahaya Marah Bisa Membuat Musibah Bagi Diri Anda Sendiri ?

Author - April 15, 2015

Hai, tahukah anda bahaya marah bisa membuat musibah bagi diri anda sendiri? Ya, apakah anda sering marah-marah? Tentunya tidak ya, namun bagi anda yang sering marah-marah sepertinya anda perlu mengurangi kebiasaan anda dengan berbagai cara yang bisa anda tempuh sesuai dengan pemahaman anda, karena sejatinya jika anda sering marah-marah hanya sia-sia dan mendatangkan musibah bagi diri anda sendiri.

Tentunya anda ingin sekali hidup dengan damai dan sejahtera. Anda ingin sekali untuk hidup saling hormat dan menghormati antara satu sama lainnya. Saling sayang menyayangi antara anda dengan si dia. Namun apabila anda marah! Sekali saja! Anda telah Membuat suasana, rasa kasih dan sayang pupus dan hancur saat itu juga.

Ya, sekali saja anda marah, maka orang yang biasa anda dekati, sayangi, perhatikan, akan hancur hatinya dan seolah-olah pada saat itu juga anda menyiramkan air acu baterai kedalam hatinya. Hati tersebut seperti terbakar, gosong dan hancur dengan tersisa arang-arang yang hitam.

tahukah anda bahaya marah dapat membuat musibah bagi diri anda

Ya, memang bagi anda yang sering marah-marah, anda harus menahan diri,karena dampak anda bagi orang lain sangat besar. Namun apabila anda masih bersikeras dengan amarah anda, ketahuilah bahaya marah bisa membuat musibah bagi diri anda sendiri.
Ya, benar sekali, disaat anda memarahi seseorang. Baik orang tersebut memang benar-benar pantas anda marahi ataupun tidak, maka orang tersebut serasa mendapat petaka sepanjang sejarahnya. Ketahuilah, meskipun ia diam, tetapi didalam hatinya ia tetap tidak terima. Ia tetap menuntut bela terhadap perlakuan anda yang semena-mena dan tidak menghargainya.

Meskipun orang tersebut salah, namun apabila anda memarahinya dengan menggunakan emosi, berlebihan, didalam hati dan pikirannya pasti berkata:

– Anda jangan sok, sombong mentang-mentang . . . . .
– Anda jangan semena-mena jika berucap
– Anda berbicara sesuka hati anda
– Anda jangan sembarangan jika berucap
– Anda belum tahu siapa saya
– Dan anda akan bersujud nanti dihadapan saya

Ya, itu adalah kalimat goresan dalam hati orang yang anda marahi. Meskipun ia tidak membantah dan berucap. Tetapi sebagai insan manusia biasa, ia pasti sangat tidak senang dengan perlakuan kasar anda dengan cara marah tersebut.

Bagaimana bahaya marah ini bisa menjadi musibah bagi diri anda? Ya, setiap orang yang anda marahi, ia pasti ingin membalas dan bahkan apabila ia tidak terima, ia akan menantang anda. Baik secara terang-terangan maupun terselubung. Berhati-hati juga apabila anda memarahi orang pendiam. Karena orang pendiam itu sejatinya lebih berbahaya. Ia tidak banyak bicara namun apa yang ia inginkan, pasti akan dibuktikan. Ia adalah orang nekad yang paling berbahaya. Lihat disini bahaya dibalik orang pendiam.

tahukah anda bahaya marah dapat membuat musibah terhadap diri anda

Ya, sekali anda marah, maka orang tersebut akan membalas, baik dengan cara terang-terangan, melawan dengan fisik atau bahkan ia bisa mengahancurkan karier anda ataupun keluarga anda. Tidak cukup dengan itu ia juga berdoa kepada tuhannya bahwa ia ingin anda dicelakakan karena telah berbuat semena-mena dan zolim sesama hamba tuhan.

Disaat anda melontarkan amarah kepada seseorang, maka mulai detik itu juga orang tersebut telah berikrar ia tidak akan mau menjadi teman anda atau saudara anda. Melainkan ia ingin sekali menantang anda menjadi musuh anda.

Anda tahu, seribu teman itu baru sedikit, namun satu musuh sudah terlalu banyak? Ya, bagaimana jika anda marah lebih dari 10 orang dalam satu bulan? Sepertinya anda akan mendapatkan banyak sekali musuh-musuh dan murka darinya dan juga dari sang pencipta.

Lho, kan orang tersebut memang pantas untuk diberi marah! Ya, sekalipun orang tersebut pantas untuk anda marah, cobalah tahan sedikit amarah anda, ucapkanlah dan pertimbangkanlah beberapa kalimat ini didalam hati anda:

– Oh ya, mungkin ia sedang banyak pikiran
– Oh ya, mungkin ia sedang kurang enak badan
– Oh ya, mungkin ia sedang ada masalah dalam keluarga
– Oh ya, mungkin ia belum sadar
– Oh ya, mungkin ia belum mengerti apa yang saya maksud
– Oh ya, mungkin ia belum paham
– Oh ya, ia adalah putra tuhan juga
– Dan masih banyak lagi oh ya, oh ya dan mungkin, mungkin.

Tahukah anda bahaya marah dapat membuat musibah bagi diri anda sendiri

Anda kenal dengan Mario Teguh? Ya, benar. Ia andalah seorang motivator NO 1 Indonesia. Beberapa waktu yang lalu ia pernah berkata: Apabila anda ingin marah boleh saja. Lho, kok boleh, ya boleh anda marah. Namun anda marah dengan cara yang anggun. Ya, benar sekali, anda marah dengan cara yang anggun. Apabila anda marah dengan cara yang anggun, maka orang yang anda marahi tidak akan merasa tersakiti hatinya, dan bisa jadi mulai detik itu ia langsung sadar, hormat dan tobat atas kesalahannya. Namun apabila anda marah seperti marah nya hewan buas! maka ia akan membalas sama dan bahkan lebih berbahaya dari amarah anda.

Yup, jangan suka marah-marah. Karena yang pasti, setiap anda marah maka beberapa bahaya diatas bisa terjadi pada anda, dan disusul juga oleh beberapa bahaya terhadap kesehatan tubuh anda yang semakin hari semakin memburuk. Seperti bahaya sakit darah tinggi, struk, jantung, sakit kepala dan banyak lagi bahaya-bahaya yang disebabkan oleh marah.