Tahukah Anda Mengapa Tidur Tengkurap Berbahaya Bagi Kesehatan Anda ?

Author - March 22, 2015

Hai, tahukah anda mengapa tidur tengkurap berbahaya bagi kesehatan anda? Ya, ternyata cara tidur dan waktu tidur anda pun telah diatur sedemikian rupa agar anda tidak mengalami beberapa penyakit yang berbahaya. Namun bukan hanya tidur tengkurap saja yang bisa membahayakan kesehatan anda, tetapi tidur dengan terlentang atau tidur miring kekiri juga bisa membahayakan kesehatan anda.

Bahaya tidur terlungkup

Disaat anda tidur dengan posisi kebiasaan anda. Mungkin anda tidak merasakan hal-hal atau tanda-tanda bahaya yang tejadi pada saat itu. Anda hanya merasakan bisa tidur dengan puas, nyaman dan lega. Oleh karena itu anda beranggapan cara tidur anda tidak ada yang salah meskipun anda tengkurap atau terlentang.
Sering sekali anda mengabaikan cara tidur yang di anjurkan oleh dokter, yaitu cara tidur yang menghadap kekanan. Bahkan didalam islam juga telah dijelaskan kepada umatnya. Bagaimana cara tidur yang benar dan menyehatkan seperti yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Yaitu dengan menghadap ke kanan.

Tetapi bagi anda yang masih sering menggunakan cara tidur dengan sesuka hati anda. Sepertinya anda hanya butuh satu bukti nyata. Apakah benar tidur terlungkup, tidur terlentang, tidur menghadap kekiri itu berbahaya? Dan jika benar berbahaya mengapa saya tidak mengalami langsung bahayanya setelah saya mempraktekkan? Karena anda tidak langsung mendapat tanda-tanda bahaya, maka anda tetap bersikeras memilih cara tidur sesuai kebiasaan dan kenyamanan tubuh anda.

Tahukah anda mengapa tidur tengkurap berbahaya bagi kesehatan anda? Pada saat anda tidur tengkurap, organ tubuh anda yang memiliki fungsi dan yang sedang bekerja disaat itu tertekan dan terhimpit oleh berat badan anda. Otot dada atau otot pernafasan anda tidak bisa mengembang secara baik dan maksimal, mengakibatkan oksigen menjadi lebih sedikit dan bisa berakibat menjadi sesak nafas. Apabila anda membiasakan cara tidur ini terus menerus hal ini akan menjadikan anda mengalami gangguan pernafasan.

Bahaya tidur dengan terlungkup

Bagaimana dengan jantung anda yang terhipit ? Jantung yang bekerja untuk memompa darah anda, lalu anda himpit dengan berat badan, maka jantung anda tidak bisa bekerja maksimal. Begitu juga paru-paru anda yang anda himpit, sukur-sukur berat badan anda hanya 30 KG, tapi apabila anda obesitas mencapai 100 KG! Bagimana nasib jantung dan peru-paru anda?

Sangat disayangkan bukan. Perlu anda ketahui juga bahwa, bahaya dari tidur terlungkup ini bisa menyebabkan anda berkemungkinan mengalami mati mendadak atau sadden infant death syndrome (SIDS). Sebuah penelitian di Inggris yang melakukan penelitian terhadap 72 bayi yang meninggal. 5 diantaranya meninggal karena penyakit tertentu dan 67 lainnya meninggal bukan karena penyakit tertentu dan dikategorikan mengalami kematian secara mendadak.

Setelah di teliti 67 bayi yang mengalami dan dikategorikan sebagai mati mendadak ternyata memiliki kebiasaan tidur terlungkup, menggunakan pakaian ketat. Bagaimana dengan anda? Semoga anda tidak tergolong dalam bahaya ini. Bagaiamana supaya tidur anda bisa aman? Tidur yang aman adalah tidur yang menghadap kekanan. Saya tegaskan kembali tidur yang menghadap kekanan, seperti yang di anjurkan oleh Nabi Muhammad SAW dan para dokter ahli.

Bahaya tidur dari tidur terlungkup

Sepertinya merupakan sebuah kesulitan yang besar apabila anda ingin merubah cara tidur yang alah dan telah menjadi kebiasaan. Tambah lagi kebiasaan dari kecil. Yakinlah, anda bisa merubah hal tersebut meskipun untuk memulainya anda mengalami keanehan dan ketidaknyamanan. Namun setelah beberapa kali dan menuju ke beberapa bulan anda melakukakan cara tidur dengan menghadap ke kanan, hal itu justru lebih menyenangkan dan menyehatkan tubuh anda.

Yup. Hati-hati juga dengan anda. Anda sering tidur terlalu lama? Ada bahaya dibalik tidur terlalu lama bagi kesehatan anda dan untuk oleh-oleh anda dari kunjungan di Bahayapedia.com ini saya menitipkan artikel bermanfaat Bapak yang bersosok sederhana ini ternyata bisa menyembuhkan penyakit-penyakit berbahaya.