Tips Aman Pertama Untuk Mengendarai Mobil Matic Agar Terhindar Dari Bahaya

Author - March 1, 2015

Apakah anda telah mengetahui Tips aman pertama untuk mengendarai mobil matic agar terhindar dari bahaya? Bagi anda yang berniat untuk pindah ke saudaranya manual yaitu mobil matic, saya sangat menyarankan anda untuk mengenali terlebih dahulu tips aman pertama ini, sebelum memulai praktek mengendarai mobil matic anda.

Tips aman dari bahaya mobil

Meskipun mobil matic terlihat memiliki nilai manfaat yang berbeda dengan mobil manual. Sepertinya anda tidak perlu repot-repot untuk memijak pedal kopleng pada mobil manual disaat anda menggeser transmisi. Anda tidak perlu menyeimbangkan kopleng dan gas pada saat anda menggeser tranmisi manual. Dan pada saat perjalanan macet tingkat tinggi seperti di saat-saat jam pulang kantor dan hari libur, mobil matic merupakan mobil yang bersahabat dengan anda. Ia memberikan solusi tepat bagi anda untuk menghadapi masalah macet ini. Saya yakin alasan anda untuk bergeser kepada mobil matic adalah untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan serta terhindar dari bahaya.

Bagaimana, sebelum anda memulai mobil matic apa yang harus anda lakukan?

Tips aman mengendarai mobil matic bagi anda untuk terhindar dari bahaya

– Hapal dan kenali Kode transmisi mobil matic

Untuk yang pertama saya sarankan anda menghapal dan mengenali masing-masing pungsi terlebih dahulu dari kode-kode yang ada pada transmisi mobil matic, Untuk mobil HONDA BRIO MATIC kode transmisi nya P, R, N, D, D3, 2, 1.

Tips aman dari bahaya matic brio

P adalah PARKIR
R adalah MUNDUR
N adalah NETRAL
D adalah MAJU NORMAL
D3 adalah Menanjak atau menurun dari tanjakan biasa atau turunan biasa.
2 adalah Meningkatkan tenaga mesin dan meningkatkan pengereman mesin pada tanjakan lebih tinggi atau pada turunan lebih terjal.
1 adalah Meningkatkan tenaga mesin yang paling tinggi untuk tanjakan yang sangat tinggi dan untuk melakukan pengeraman mesin pada saat penuruan dari turunan yang sangat terjal.

tips aman dari bahaya gas

Tips aman untuk anda ketahui agar terhidar dari bahaya mengendarai mobil matic

– Hapal Dan Kenali tuas transmisi, pedal gas dan pedal rem

TUAS TRANSMISI adalah alat untuk menggeserkan gigi mobil matic anda dari mulai dari kode P hingga kode 1. Ia bisa diguanakan setelah anda menekan tombol lepas pada tuas yang bisa dilakukan oleh jari tengah tangan kiri anda.

PEDAL GAS yaitu pedal yang berada di sebelah KANAN. Pedal gas ini di tekan oleh kaki kanan.
PEDAL REM yaitu pedal yang berada di sebelah KIRI. Pedal rem ini juga di tekan oleh kaki sebelah kanan. Jadi anda bisa bergiliran.

Mengapa tidak dibagi tugas, kaki kanan bekerja untuk pedal gas dan kaki kiri bekerja untuk pedal rem? Nah ini dia yang harus anda ketahui. Apabila kedua kaki tersebut anda gunakan ini akan membuat kaki anda menjadi sibuk dan untuk mengerem ini memerlukan tenaga dan perasaan. Jadi tidak bisa dikerjakan oleh kaki kiri. Dan ternyata meggunakan kaki kanan sebagai pemijak kedua pedal membuat anda lebih nyaman. Yup kita istrirahatkan kaki kiri anda disamping, ya.

tips aman dari bahaya matic

Saya sangat menganjurkan sekali kepada anda untuk menghapal dan memahai masing masing tanda atau kode yang ada di atas. Bagi anda yang menggunakan mobil matic yang lain seperti TOYOTA, NISSAN, SUZUKI dan yang lainnya, untuk kode-kode dari gigi nya tidak jauh berbeda. Hanya dibedakan oleh hurup nya saja.
Jika anda sudah hapal dan paham dengan masing-masing fungsi dari kode di atas, kita bisa lanjutkan dengan artikel berikutnya yaitu Tips aman kedua untuk mengendarai mobil matic agar terhindar dari bahaya. Tetapi apabila anda masih ragu-ragu saya sarankan untuk membaca kembali di Tips Aman Pertama Untuk Mengendarai Mobil Matic Agar Terhindar Dari Bahaya ini sehingga anda benar benar hapal dan paham.
Bersabarlah dalam belajar untuk menghapal karena mungkin anda mengalami bingung sedikit. Yakinlah bahwa bingung itu adalah tanda proses anda menuju ngeh (ngerti). Jangan terburu-buru untuk mencoba sebelum hapal dan paham dengan mobil matic anda. Berhati-hatilah untuk keselamatan anda dan ingatlah orang tersayang. Telah banyak kejadian bahaya yang telah terjadi lainnya, didalam dunia ini dan telah saya kumpulkan yang bisa anda lihat di Bahayapedia.com.

Terimakasih atas kunjungan anda di artikel Tips aman pertama mengendarai mobil matic agar terhindar dari bahaya dan apabila anda telah selesai membacanya, alangkah baiknya kita lanjutkan ke tips aman kedua mengendarai mobil matic agar terhindar dari bahaya.